Destinasi

Pantai Batu Karas, spot surfing favorit di Pangandaran

Pantai Batu Karas Pangandaran

Siapa bilang surfing cuma bisa di Bali atau Banyuwangi? Di Pantai Batu Karas, traveler juga bisa menyaksikan aksi-aksi para peselancar domestik maupun mancanegara. Mau menjajal bagaimana serunya menantang ombak? Kamu juga bisa ikut belajar surfing di sini!

Karena keindahannya, tak sedikit yang menyebut Pantai Batu Karas sebagai Bali Kecil. Hamparan pasir hitam dengan deru ombak yang memecah batu karang menjadi pemandangan khas setiap kamu berkunjung ke Pantai Batu Karas. Kondisi Pantai Batu Karas yang masih lebih sepi ketimbang tetangganya, Pantai Pangandaran, dan ini tentu menjadi nilai plus. Buat traveler yang kurang suka keramaian, Pantai Batu Karas bisa menjadi referensi dengan suasananya yang santai dan tenang.

 

Pantai Batu Karas

foto: trendwisata.com

Rute ke Pantai Batu Karas

Untuk menuju Pantai Batu Karas, traveler hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah Pangandaran, karena lokasi keduanya memang cukup berdekatan. Setelah tiba di Pangandaran, kamu bisa menuju arah Cijulang dan dari sana traveler akan menemukan banyak petunjuk jalan ke arah Pantai Batu Karas. Jarak dari Pangandaran ke Pantai Batu Karas sendiri kurang lebih 40 km dan memakan waktu sekitar satu jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika transportasi umum menjadi pilihan, maka kamu harus mengambil jurusan ke Pangandaran. Dari terminal Pangandaran, traveler bisa mengambil minibus tujuan Cijulang dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek sampai ke Pantai Batu Karas dengan tarif kurang lebih Rp30.0000 sesuai negosiasi.

 

Spot Surfing di Pantai Batu Karas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Pantai Batu Karas memang sudah akrab di telinga para surfer. Nggak cuma bentuk pantai yang datar dibandingkan pantai lainnya, Pantai Batu Karas juga memiliki teluk kecil jadi para surfer nggak perlu repot mendayung jauh untuk menuju titik awal gelombang.

Pantai Batu Karas Pangandaran

foto: tribunnews.com

Di Pantai Batu Karas sendiri terdapat beberapa spot yang bisa dijadikan tempat berselancar, sesuai dengan levelnya. Untuk para pemula, ada titik yang disebut Legok Pari yang paling populer. Di bagian ini ombaknya tidak terlalu tinggi, traveler, sehingga sangat aman untuk kamu yang baru ingin belajar surfing. Untuk yang nggak membawa perlengkapan, kamu bisa mendapatkannya di tempat penyewaan yang banyak tersedia di Pantai Batu Karas. Bahkan di sini juga tersedia instruktur yang akan mengajarkan kamu cara-cara berselancar.

 

Bagi surfer yang sudah ahli atau profesional maka bagian Bulak Pendak menjadi favorit di Pantai Batu Karas. Arus gelombang di sini bisa menghasilkan dinding yang panjang dan ombak tinggi, dan untuk mencapau Bulak Pendak kamu mesti menyewa perahu dulu, traveler. Biaya sewa perahu kurang lebih Rp200.000.

 

 

Pilihan terakhir disebut Karang, yang secara harfiah berarti batu. Itu karena di bagian ini terdapat banyak batu di sekitarnya. Pada bagian ini, hanya saat air laut sedang pasang saja kamu bisa berselancar di Pantai Batu Karas.

 

Lalu, apakah Pantai Batu Karas hanya menjadi surga para peselancar? Tentu nggak, traveler. Bagi yang sama sekali tidak tertarik menantang ombak, masih banyak kegiatan lain yang nggak kalah seru di Pantai Batu Karas.

 

Kamu masih bisa seseruan bersama teman traveling dengan menikmati jet ski atau banana boat di Pantai Karas, traveler. Kalau mau santai, bisa juga naik kereta kuda untuk mengelilingi tepi pantai.

 

Tapi kalau jiwa petualang kamu tinggi, Pantai Batu Karas menawarkan tempat untuk hiking atau berkemah. Kamu juga bisa loh, meminta bantuan penduduk setempat untuk mengantar ke Karang Nunggal, sebuah pantai yang terpencil tapi memiliki pemandangan yang menawan dengan bebatuan tingi dan kokoh.

 

Traveler, Pantai Batu Karas memang tempat liburan yang seru buat siapa pun. So, jangan ragu untuk bertualang ke pantai ini, ya!

 

(Visited 796 times, 1 visits today)

Comments

To Top