Rekomendasi

Manjakan lidah dengan hidangan laut di Pantai Baron

pantai-baron-jogja

Ke Pantai Baron, kamu tidak hanya disuguhkan pemandangan yang luar biasa cantik tapi juga sekaligus bisa memanjakan lidah dengan hidangan laut yang lezat di pantai ini.

Seperti yang diketahui, Yogyakarta memang terkenal dengan deretan pantai yang indah, ditambah aneka kuliner lezat. Bagaimana jika kamu berkesempatan mendapatkan keduanya di satu tempat? Adalah Pantai Baron yang bisa mewujudkan impian traveler, mengenyangkan perut sambil mengagumi keindahan pantainya.

pantai-baron-jogja

foto : http://wisatanesia.co/

Pantai Baron sebenarnya adalah teluk yang diapit bukit pasir pada sisi kanan dan kirinya. Pada sisi kanan pantai, terdapat sebuah sungai yang bertemu langsung dengan air laut. Pertemuan air laut dan air tawar ini selalu sukses menyedot perhatian wisatawan.

Tak hanya elok dengan pemandangannya, di sepanjang Pantai Baron juga banyak perahu nelayan yang digunakan untuk mencari ikan parkir di sini. Boleh dibilang, Pantai Baron adalah dermaganya para nelayan, maka tak heran terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebagai sarana transaksi menjual hasil tangkapan ikan.

Kalau pengunjung ingin belanja ikan di Pantai Baron untuk dibawa pulang, sudah pasti bakal mendapat ikan segar. Tapi jika ingin mencicipi masakan aneka hewan laut di sini juga tak perlu khawatir. Di sepanjang Pantai Baron banyak tersedia warung yang bisa memuaskan rasa lapar wisatawan.

Mulai dari aneka ikan, udang, dan lobster tersedia di warung atau restoran yang ada di Pantai Baron. Tapi, satu kuliner khas di Pantai Baron adalah sop ikan kakap.

Menyantap hidangan sop kakap selagi hangat dengan ditemani semilir angin pantai dan lembutnya suara ombak adalah pengalaman tak terlupakan plesiran ke Pantai Baron. Ditambah es kelapa muda yang menyegarkan dahaga. Dan yang terpenting, harga aneka makanan di Pantai Baron ramah di kantong pengunjung.

Tak cuma unggul dalam hidangan kulinernya, Pantai Baron juga diklaim sebagai pantai yang paling eksotis dan asri diantara pantai lainnya di kawasan Gunungkidul. Di kawasan Pantai Baron pengunjung bisa bebas berenang selama tidak melewati batas aman yang telah ditentukan.

Pantai Baron adalah termasuk bagian kawasan pantai selatan yang kesohor dengan ombaknya yang besar, sehingga cukup berbahaya bagi pengunjung terutama yang tidak mahir berenang.

Menyusul maraknya kunjungan wisatawan ke Pantai Baron, pihak pengelola bergerak cepat melengkapi berbagai permainan di sini. Terdapat wahana bermain anak serta perahu mesin yang bisa disewa traveler untuk mengelilingi keindahan Pantai Baron.

 

Menuju Pantai Baron

Lokasi Pantai Baron berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 20 kilometer dari ibukota Kabupaten Gunungkidul, Wonosari.

Untuk menuju Pantai Baron, rute perjalanan yang ditempuh tak terlalu rumit. Apalagi saat ini jalan menuju Pantai Baron sudah mulus dan lengkap penunjuk arah sehingga kecil kemungkinan pengunjung tersesat di tengah perjalanan.

Namun satu yang perlu diwaspadai dalam perjalanan ke Pantai Baron adalah kontur tanahnya yang tidak begitu rata, berkelok serta agak sempit. Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke Pantai Baron, harus ekstra hati-hati karena jalanannya berisiko menimbulkan kecelakaan.

Bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi tapi tetap ingin menikmati eksotisme Pantai Baron, tak perlu khawatir. Pantai ini dilalui angkutan umum yang mudah dijangkau wisatawan.

Dari Stasiun Tugu, wisatawan bisa menuju ke Terminal Giwangan dengan menggunakan bus TransJoga jurusan 1A. Ketika tiba di shelter Bandara Adisucipto, perjalanan dilanjutkan dengan lebih dulu pindah ke jalur bus 2B yang menuju terminal Giwangan.

Sesampainya di Giwangan, traveler masih harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus jurusan Yogyakarta ke Wonosari dan memakan waktu kurang lebih satu atau dua jam. Setibanya di Wonosari, dilanjutkan dengan menaiki minibus menuju ke Pantai Baron.

(Visited 1,019 times, 1 visits today)

Comments

To Top