Pantai

Tempat snorkeling asyik di Pantai Bangsring Banyuwangi

pantai-bangsring

Banyuwangi punya tempat eksotis dan spektakuler dengan panorama bawah air yang benar-benar mengagumkan, bernama Pantai Bangsring. Dan, tahu nggak? Pantai Bangsring Banyuwangi itu jadi duplikatnya Raja Ampat lho. Nggak percaya ‘kan? Tapi, itulah yang dikatakan oleh travelers yang pernah menjelajah pantai nan cantik ini. Penasaran gimana manisnya Pantai Bangsring, yuk ikuti ulasan lengkap dari Pegipegi di bawah ini.

 

pantai-bangsring

foto : banyuwangibagus.com

Cara menuju Pantai Bangsring Banyuwangi

Pantai Bangsring terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur atau berjarak sekitar 20 km dari kota Banyuwangi. Kamu bisa menuju ke sana dari berbagai arah. Tapi kalau start dari kota Banyuwangi dan pengin naik angkutan umum, rutenya adalah Stasiun Banyuwangi Baru – naik angkutan menuju ke Terminal Sri Tanjung – naik bus ke Bangsring – dari tempat pemberhentian bis jalan kaki sampai bibir pantai.

Kalau dengan kendaraan pribadi, baik motor atau mobil, Pantai Bangsring lebih mudah dijangkau dan letaknya pun cukup strategis karena hanya berjarak 2 km di sebelah utara Tempat Wisata Watudodol. Akses jalannya juga mudah dijangkau karena papan penunjuk jalan banyak ditemukan di sepanjang rute menuju Bunder (Bangsring Under Water) atau Pantai Bangsring Banyuwangi. Kalau masih bingung, nggak usah malu tanya sama penduduk setempat ya. Mereka pasti dengan suka rela mau menunjukan jalan hingga sampai ke Pantai Bangsring.

Waktunya menyelam di Pantai Bangsring

Nama keren dari aktivitas bawah laut panti ini adalah Bangsring Under Water atau Bunder. Dan travelers yang pernah menjajal snorkeling di Pantai Bangsring pasti setuju kalau kehidupan bawah laut pantai ini nggak kalah dengan Raja Ampat. Wah wah, bisa dibayangkan ya kalau panorama yang nampak saat berada di bawah air begitu spektakuler, eksotis dan penuh warna. Nggak berlebihan kok karena begitulah kenyataannya.

Oh ya, kalau mau snorkeling di sini, kamu nggak perlu bawa seabreg peralatan aktivitas bawah laut karena kamu bisa menyewanya dengan tarif antara Rp25.000* – Rp30.000* per orang. Nggak mahal ‘kan? Peralatan tersebut terdiri dari sewa pelampung, kacamata untuk menyelam, dan alat bantu pernapasan untuk mengintip kecantikan view bawah laut Pantai Bangsring.

Untuk sampai ke lokasi snorkeling, kamu masih harus naik perahu milik nelayan yang banyak ditemukan di sana dengan tarif Rp5.000* per orang. Kalau pengin cara yang beda, kamu bisa berenang menuju ke TKP. Yang penting fisik prima dan napas kuat, jadi saat snorkeling nanti kamu nggak kehabisan tenaga.

Kalau sudah sampai, kamu bisa puas-puasin snorkeling dan menyambut biota laut yang ada di kolam raksasa Pantai Bangsring dengan luas hingga 15 hektar. Di sana, terdapat rumah terapung, di mana bagian bawah air lautnya dipenuhi terumbu karang dengan kedalaman sekitar 3 – 5 meter, baik yang baru ditanam maupun yang tumbuh secara alami. Nggak dalam ‘kan?

Penghuni bawah laut berupa terumbu karang di Pantai Bangsring terlihat tumbuh dengan subur. Pendaran warna-warni biota laut yang begitu terang saat terkena cahaya matahari terlihat begitu menawan. Siapapun pasti langsung terpukau saat pertama kali melongok dari permukaan air. Nggak heran kalau popularitasnya kini disandingkan dengan Raja Ampat.

Biarpun ikannya masih sedikit, tapi jangan khawatir karena terumbu karang yang menyebar di dasar laut seolah menyihirmu untuk lebih lama menikmati pesonanya. Ikan paling umum yang dijumpai saat snorkeling dan diving di Pantai Bangsring adalah ikan hiu berukuran sedang dan bintang laut berwarna biru. Warnanya yang kontras dengan dasar laut membuatnya mudah ditemukan.

Karena pesona yang dimiliki, tempat ini pun direncanakan menjadi proyek konservasi alam. Predikat ini pun kelak diharapkan dapat membantu kelestarian bioata laut Pantai Bangsring. Oh ya, biar acara snorkeling di Pantai Bangsring makin asyik, kamu bisa bawa baju ganti, hand and body lotion dan tas kresek. So, pulang-pulang baju masih tetap kering dan kamu terhindar dari masuk angin. Happy snorkeling!

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 4,546 times, 1 visits today)

Comments

To Top