Destinasi

Pantai Anyer, obyek wisata terpopuler andalan Banten

Banana boat Pantai Anyer

Pantai Anyer menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi travelers. Lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta membuat aksesnya mudah dijangkau dan murah pula! Pasir putih serta ombak yang cukup bersahabat membuat wisatawan bisa melakukan banyak hal. Nah kali ini, Pegipegi mau mengajakmu ke Pantai Anyer, pantai yang konon menjadi obyek wisata terpopuler di Provinsi Banten

Pantai Anyer

foto: berwisatabanten.blogspot.com

 

Lokasi Pantai Anyer

Pantai Anyer terletak di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten atau berjarak sekitar 160 km dari Jakarta. Dengan berkendara, kira-kira diperlukan waktu 2,5 jam, dengan catatan kalau kondisi jalan nggak macet ya travelers. Kalau pengin cepat sampai, kamu bisa mengendarai mobil dengan rute Cilegon atau Pandeglang karena jalurnya lebih dekat.

Atau, kamu bisa ambil jalur tol Jakarta – Merak. Saat keluar pintu tol Cilegon Barat, arahkan kendaraan menuju ke arah Anyer, bukannya ke Merak. Dari sana, kamu bisa terus melaju lurus hingga sampai ke Pantai Anyer. Tiket masuk ke Pantai Anyer saat ini adalah Rp5.000* per orang, dengan Rp50.000* untuk parkir mobil dan Rp25.000* untuk motor.

Fasilitas yang cukup lengkap di Pantai Anyer

Gunung Krakatau, mercusuar tua bersejarah di Cikoneng, pasir putih lembut, semilir angin dari pantai, lautan biru yang luas, serta pepohonan hijau menjadi perhiasan yang bisa dinikmati saat mengunjungi Pantai Anyer. Karena ombaknya cukup tenang, travelers bisa melakukan banyak hal, seperti berenang, diving, snorkeling, naik speedboat, parasailing, membuat patung pasir, jetski, banana boat, atau mengeksplorasi alam di sekitar pantai. Sangat menyenangkan.

Banana boat Pantai Anyer

foto: pasienterstatning.com

Kalau ingin lebih dekat dengan alam, kamu juga bisa membuat kemah di sekitar pantai. Pasti seru karena kamu bisa menyambut sunrise dan sunset di sekitar pantai tersebut. Tak perlu merisaukan fasilitas, karena Pantai Anyer adalah salah satu obyek wisata dengan fasilitas yang cukup sudah lengkap. Saung-saung berjejer, tempat parkir luas untuk menampung kendaraan wisatawan, playing ground alias tempat bermain untuk anak-anak, kolam renang, camping spot/tempat khusus untuk berkemah siap digunakan.

Berbagai informasi yang mempermudah para wisatawan Pantai Anyer juga ada, seperti; pusat informasi pariwisata, guide, penjaga pantai yang membawa rasa aman pada wisatawan di sana. Kalo kamu dari luar kota dan masih belum begitu mengenal Pantai Anyer, jasa seorang guide akan sangat membantumu, membuat liburan jadi lebih seru. Untuk kamu yang akan gemar olahraga laut, tak perlu membawa semua peralatan dari rumah karena di Pantai Anyer terdapat tempat penyewaan yang cukup lengkap. Alat diving dan snorkeling, perahu, sepeda, speedboat, banana boat, dan sejumlah fasilitas lain yang dapat kamu sewa dengan harga bervariasi.

Seperti tempat wisata lainnya, di Pantai Anyer pun terdapat kios souvenir tempat dijualnya berbagai macam olahan khas laut baik berupa makanan, kerajinan ataupun kaos kaos bertema Pantai Anyer.  Yang tidak ketinggalan tentu saja warung-warung yang menyajikan kuliner seafood dan makanan lokal. Tipsnya tanyakan dulu harga masing-masing menu ya agar tidak shock saat membayar karena bisa jadi harganya naik berkali lipat.

 

Pantai-pantai cantik di Anyer

Pantai Anyer

Foto : http://sharontravelogue.com/

Travelers, ternyata Pantai Anyer punya beberapa pantai cantik lho. Kebanyakan orang tahunya hanya satu tempat tetapi disana ada banyak pilihan pantai dengan keunikan masing-masing. Pemberian nama ini didasarkan pada tempat dan kekhasan yang dimiliki. Namun semuanya masih dalam satu garis pantai yaitu Pantai Anyer, sehingga mudah diakses.

Pertama adalah Pantai Sambolo. Pantai ini cocok banget buat keluarga karena kalian dapat berenang dan berselancar tanpa rasa takut. Disebelahnya terdapat Pantai Marbella. Dinamai demikian karena disana terdapat Hotel Marbella yang lokasinya tepat di tepi pantai. Kondisinya cukup bersih dan banyak terlihat saung-saung yang bisa dipakai untuk berteduh saat cuaca sedang terik.

Pantai Cibeureum juga menjadi satu dari sekian banyak pantai di Anyer. Tegaknya pohon kelapa yang tumbuh disekitar pantai menjadi ciri khas pantai ini. Tak mengherankan kalau pantai ini terlihat klasik dan cocok untuk bersantai. Ada juga Pantai Marina yang fasilitasnya lebih lengkap dibanding Pantai Sambolo. Di sini terdapat vila dan resorts yang bisa dipilih untuk menginap bila ingin tinggal lebih lama.

Kalau pantai-pantai di atas belum cukup, kamu bisa pergi ke Pantai Pasir Putih Florida. Untuk masuk ke pantai ini, travelers dikenai biaya Rp10.000* per orang. Pasir putih yang lembut menjadi ciri khas Pantai Jambu. Kondisinya masih alami seperti belum terjamah manusia, sedikit berbeda dengan Pantai Anyer lainnya. Angin yang berhembus lembut serta panorama pantai yang menyejukan mata, membuat banyak orang tertarik datang ke Pantai Jambu.

Ada juga Pantai Karang Bolong dengan keberadaan karang berukuran cukup besar yang mempunyai lubang yang terbentuk secara alami serta Pantai Karang Suraga yang banyak ditumbuhi pohon rindang disekitarnya sehingga terasa begitu sejuk. Bagaimana travelers? Tertarik liburan ke Pantai Anyer? Ajak serta keluargamu agar liburanmu makin seru, travelers!

 

Keterangan * : Harga berlaku pada saat artikel ini ditulis.

(Visited 9,223 times, 6 visits today)

Comments

To Top