User Review

Pantai Air Manis, tempat Malin Kundang menjadi batu

Pantai-Air-Manis-Padang-Sumatra-Barat

Pantai Air Manis yang ada di Sumatra Barat akan selalu dikenang menjadi lokasi legenda Malin Kundang. Seorang anak yang dikenal durhaka karena tidak sudi mengakui ibu kandungnya sendiri yang miskin dan tua renta di depan istrinya yang cantik setelah kembali dari merantau dan menjadi orang yang kaya raya. Karena marah, Malin Kundang pun dikutuk oleh sang ibu menjadi batu. Dan kini, travelers pun bisa mengintip kisah keberadaan batu yang dipercaya sebagai Malin Kundang di Pantai Air Manis.

 

Pantai-Air-Manis-Padang-Sumatra-Barat

foto : jayanjayan.com

Lokasi Pantai Air Manis

Ditinjau dari lokasi, Pantai Air Manis dapat dijangkau sekitar 30 menit dari kota Padang. Lokasinya memang sangat dekat dengan kota. Jadi nggak mengherankan kalau pantai ini selalu jadi idola dan ramai dikunjungi travelers lokal saat momen liburan dan lebaran.

Memang sih ada alat transportasi umum dan ojek yang bisa mengantarkanmu langsung ke lokasi Pantai Air Manis  dari Kota Padang, tapi kalau mau praktis ya dengan cara menyewa mobil atau motor. Selain asyik bisa berkendara sambil menikmati udara segar, kamu juga makin gesit dan bisa mampir kemana-mana.

 

Risalah Malin Kundang dan Pantai Air Manis

Buat masyarakat Padang dan sekitarnya, Pantai Air Manis akan selalu identik dengan cerita rakyat Malin Kundang yang populer itu. Gaung pantai ini makin meluas sehingga kini banyak orang yang lebih mengenal Pantai Air Manis dengan kisah si anak durhaka, Malin Kundang. Adanya batu dengan posisi sedang bersujud konon merupakan hasil kutukan sang ibu yang marah karena tidak diakui oleh anak kesayangan yang telah lama dirindukan.

Tapi jangan langsung percaya begitu saja ya travelers karena nggak ada yang tahu pasti sebenarnya batu itu benar-benar asli dari dulu atau hanya hasil ukiran. Kenapa ? Karena ada selentingan yang mengatakan bahwa bentuk badan yang lagi bersujud itu sengaja dibuat dari semen agar popularitas Pantai Air Manis makin menanjak.s

Lagipula bentuk si anak durhaka yang dikutuk oleh sang ibu menjadi batu kini sebagian telah terkikis oleh ombak lautan yang datang silih berganti. Jadi yang tampak sekarang sudah tidak utuh lagi. So kalau kamu kebetulan datang ke Pantai Air Manis, bisa jadi wujudnya sudah tidak seperti manusia yang sedang bersujud tapi hanya seonggok bebatuan diantara teman-temannya yang lain.

Biarpun kabar burung mengatakan batu di Pantai Air Manis itu sebenarnya aspal alias asli tapi palsu namun kamu nggak bakalan kecewa mengunjungi Pantai Air Manis Sumatra Barat. Panorama khas pantai dengan air laut jernih sebening kristal, atmosfirnya yang begitu teduh, ombak yang bergulung-gulung, dan pasir putih di Pantai Air Manis akan membuat pikiran menjadi adem.

Kecantikan Pantai Air Manis makin bertambah dengan munculnya pulau mini bernama Pulau Pisang Kecil yang ada di tengah laut. Kalau air sedang surut, kamu bisa jalan-jalan menuju pulau yang tidak begitu luas (hanya sekitar 1 hektar saja). Tapi kalau air sedang pasang, mau tidak mau travelers harus naik perahu agar tidak basah kuyup. Tapi jangan khawatir duluan, ada banyak nelayan yang bersedia mengantarkanmu ke sana.

Oh ya travelers, apa kamu hobi memancing? Wah klop banget nih. Kenapa? Ya, karena di Pantai Air Manis kamu bisa menemukan beberapa titik pemancingan dengan ikan yang begitu melimpah. Asyik ‘kan?

Kalau dapat ikan yang banyak, kamu bisa membawanya pulang untuk oleh-oleh. Atau kalau lapar, kamu bisa minta dimasakan ke restoran yang ada di pinggir pantai. Pasti rasanya makin nikmat bisa menyantap seafood ditemani deburan ombak Pantai Air Manis

(Visited 1,331 times, 1 visits today)

Comments

To Top