Destinasi

Panorama Indah Danau Laut Tawar di Bumi Serambi Mekah

Soal keindahan alam, Aceh juga menawarkan banyak tempat wisata alam yang nggak boleh kamu lewatkan. Kalau liburan ke sini, kamu wajib ke Danau Laut Tawar. Danau yang terletak di kawasan Takengon, Aceh Tengah ini menawarkan keindahan panorama yang terdiri dari dataran, perbukitan, sekaligus perairan.

Danau Laut Tawar menjadi danau terbesar di Aceh dengan luas sekitar 5.400 hektar. Saking luasnya, danau ini terlihat seperti laut padahal memiliki air yang tawar. Karena itulah, menurut warga sekitar danau ini dinamakan Danau Laut Tawar.

Masyarakat suku Gayo menyebut Danau Laut Tawar dengan sebutan Danau Lut Tawar. Kamu juga bisa melihat kegiatan sehari-hari yang dilakukan masyarakat di sini. Seperti bercocok tanam, memancing, dan berkebun. Di salah satu bagian danau ini juga terdapat sawah dan kebun milik masyarakat sekitar.

WISATA DI DANAU LAUT TAWAR

Nggak cuma bisa menikmati keindahan alamnya saja, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan wisata di Danau Laut Tawar, lho. Kamu bisa berkeliling danau dengan perahu nelayan. Harga sewa perahu pun relatif murah, namun sebaiknya kamu melakukan tawar-menawar dengan nelayan pemilik kapal terlebih dahulu sebelum langsung naik, ya. Angin sepoi-sepoi dan udara yang masih bersih tentu menyenangkan buat dinikmati bersama keluarga ataupun kerabat.

Selain itu, kegiatan kemah dan memancing juga bisa kamu lakukan. Mendirikan tenda dan  menghabiskan malam di sisi danau menciptakan pengalaman yang nggak bakal bisa dilupakan. Bahkan di malam hari, kamu masih bisa melihat langit yang bertabur bintang, lho. Masyarakat sekitar juga menjadikan Danau Laut Tawar sebagai tempat favorit untuk memancing. Buat kamu yang hobi fotografi jangan sampai kelewatan mengabadikan indahnya panorama di danau buat jadi objek foto.

FASILITAS YANG MEMADAI

Walaupun sebagai tempat wisata alam, Danau Laut Tawar sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, lho. Fasilitas umum seperti toilet, musholla, hingga area parkir yang memadai ada di sini. Berbagai warung yang menyajikan makanan dan minuman lokal juga bisa jadi tempat untuk wisata kuliner. Kopi Gayo yang sudah populer dengan rasanya juga nggak boleh kamu lewatkan, nih. Bayangkan menikmati secangkir kopi Gayo sambil memandangi panorama danau yang indah. Hmm… pasti langsung kepengin ke sana, kan?

Saat berkunjung ke sini jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku, ya. Bila ingin berenang, jangan lupa untuk bawa baju ganti dan berenang di area yang aman. Mengingat kedalaman danau yang bisa mencapai 50 meter, hindari untuk berenang menuju area tengah danau.

Setelah berlibur ke sini, sempatkan juga untuk mampir ke Kota Lhokseumawe. Karena di tanggal 12-15 Juli 2018 ada Aceh International Rapa’i Festival. Acara ini merupakan acara bertaraf internasional di mana kamu bisa melihat alat musik tradisional khas aceh bernama rapa’i. Banyak kemeriahan seputar seni perkusi yang ada di acara bertaraf internasional ini. Kamu bisa belajar lebih tentang budaya Kota Serambi Mekah, deh.

Jadi nggak sabar pengin ke Aceh, kan? Langsung saja pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Aceh lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah cari hotel murah  di Aceh

Foto:  Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top