Tips

Panduan Traveling Sambil Puasa

ramadan-canada

Travelers, hari ini sebagian umat Muslim sudah memulai ibadah puasa di bulan Ramadan. Terlepas dari perbedaan awal puasa, Ramadan kali ini dilaksanakan saat musim liburan. Wah, bisa mengganggu jadwal liburan dong?

Eits, siapa bilang? Saat bulan puasa tiba, bukan berarti kamu harus berdiam diri di rumah dan enggan melakukan perjalanan karena takut lapar dan haus kan? Kali ini, PegiPegi akan membagi tips liburan di bulan Ramadan untuk kamu yang menjalankan ibadah puasa maupun yang tidak. Yuk disimak!

Liburan Sambil Ibadah

ramadan pray2

Bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa, kegiatan wisata di bulan Ramadan memang sedikit berbeda dibandingkan wisata pada hari-hari biasa. Tentu saja, di bulan Ramadan kamu membutuhkan daya tubuh ekstra karena asupan energi yang kamu dapatkan sedikit berkurang. Selain itu, kamu juga harus menjaga kegiatan supaya kegiatan liburan tidak mengusik pahala ibadah di bulan suci.

1. Sesuaikan destinasi

Supaya tetap bisa menikmati liburan dengan maksimal, hindari memilih destinasi liburan yang memiliki cuaca panas dan terik yang bisa membuat kamu cepat haus. Ada baiknya kamu menjauhi daerah pantai sejenak dan melirik daerah-daerah wisata dengan cuaca sejuk.

2. Perhatikan makanan

Saat sahut, pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi supaya tidak cepat lemas di siang hari. Kalau perlu, kamu bisa menambah asupan multivitamin untuk menambah energi.

3. Siapkan segala kebutuhan pribadi dan ibadah

Jangan sampai lupa untuk mengepak keperluan ibadah kamu seperti perlengkapan salat atau Al-Quran. Jadi, saat perjalanan kamu masih tetap bisa beribadah dan tidak perlu repot mencari pinjaman perlengkapan salat.

4. Perkaya ilmu agama

Kamu juga bisa memanfaatkan liburan untuk memperkaya wawasan kamu soal agama. Misalnya dengan melakukan safari Ramadan ke tempat-tempat yang memiliki nilai religi, atau menyempatkan diri mendengarkan ceramah di masjid-masjid.

Pentingnya Toleransi

ramadan-australia

Nah, untuk kamu yang tidak menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadan sedikit banyak tetap akan mempengaruhi kegiatan wisata kamu. Terutama kalau kamu akan mengunjungi daerah atau negara yang didominasi penduduk Muslim. Jadi, pastikan kamu menyimak beberapa tips berikut:

1. Toleransi terhadap mereka yang berpuasa

Sebisa mungkin, hindari makan, minum dan merokok di tempat publik. Memang, kamu tidak harus pura-pura berpuasa, tapi kalau memungkinkan, lakukan aktivitas di atas di tempat-tempat yang tertutup dan tersembunyi dari pandangan banyak orang untuk menjaga perasaan mereka yang beribadah.

2. Cek norma dan peraturan setempat

Di beberapa daerah atau negara yang menerapkan syariat Islam, kegiatan makan/minum/merokok di depan publik memang dilarang dan hukuman denda akan dijatuhkan kalau kamu nekat melanggar. Jadi, pastikan kamu tahu peraturan di daerah tujuan liburan kamu ya.

3. Rencanakan waktu aktivitas

Jelang buka puasa, biasanya jalanan akan lebih padat karena dipenuhi warga Muslim yang berbondong-bondong mencari tempat untuk membatalkan puasa. Tapi, sebaliknya, saat berbuka puasa, hampir semua umat Muslim akan berhenti sejenak dari aktivitas mereka untuk menikmati makanan sehingga bukan tidak mungkin kamu akan kesulitan mencari transportasi umum. Sebaiknya kamu mengatur jam kegiatan kamu supaya jadwal liburan tidak terganggu.

4. Kenakan pakaian yang tertutup

Saat Ramadan, biasanya aturan berpakaian akan sedikit lebih ketat, terutama bagi kaum perempuan. Hindari berpakaian terbuka di bagian bahu ataupun pakaian yang terlalu pendek dan memperlihatkan paha. Ada baiknya kamu menyediakan syal atau pashmina sebagai penutup kalau kamu memang tidak membawa pakaian panjang. Bagi yang laki-laki, usahakan memakai celana dengan panjang di bawah lutut, apalagi kalau kamu berniat mengunjungi tempat-tempat religius.

Gimana, travelers? Nggak ragu lagi kan untuk liburan di bulan Ramadan? Kalau kamu belum menyiapkan akomodasi, mulai cari dan pilih hotel impian kamu di sini yuk!

(Visited 99 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top