Tips

Panduan Lengkap Bermain Pokemon GO! (UPDATED – 9/8)

Demam Pokemon GO masih viral selama beberapa pekan sejak dirilis awal Juli 2016 kemarin. Hampir 75 juta orang main game berbasis Augmented Reality ini, lho, khususnya di Indonesia. Kali ini, pegipegi akan memberikan panduan lengkap main Pokemon GO, mulai dari yang basic banget, advanced, sampai tips and trik. Pokoknya bakal bikin kamu cepat naik level. Panduan ini bakal terus di-update kalau ada temuan-temuan baru, jadi jangan lupa bookmark dulu, travelers!

UPDATE TERBARU (8 Agustus 2016)!

Pokemon Go v0.33.0 update

  • Sistem Tracking Baru!

Niantic sedang melakukan uji coba fitur terbaru di Nearby Pokemon! Penjelasan selengkapnya bisa dilihat di artikel ini.

  • Penggantian Nama Karakter (hanya bisa satu kali)

Setiap trainer kini diperbolehkan untuk mengganti nama mereka! Tapi perlu diingat, kalian hanya bisa menggantinya satu kali saja.

  • Update Journal!

Penetasan Pokemon Egg kini akan masuk dalam journal!

  • Peringatan Baru!

Trainer kini akan diberikan peringatan jika bermain di atas kecepatan tertentu, dan harus memastikan bahwa mereka bukan pengendara jika melaju di atas batas kecepatan yang ditentukan.

Panduan dasar

Cara download game Pokemon GO

Cara Download Pokemon GO di Playstore

www.androidcentral.com

Pokemon Go udah resmi keluar di Indonesia! Untuk main Pokemon Go tinggal cari aja apps-nya di Google Playstore dan download.

Udah download? Tinggal dijalani aja game-nya, nanti ada tutorial awal dari Professor Willow. Lalu, kamu wajib bikin avatar, tentukan jenis kelamin, dan nama player sesuai kemauanmu. Setelah itu kamu bakal menerima penjelasan darinya tentang dasar-dasar game Pokemon GO.

Pemilihan starter dan cara menangkap

Squirtle, Bulbasaur, dan Charmander

mods.curse.com

Sekarang kamu sudah masuk permainannya nih, jadi kamu bisa melihat karakter yang baru aja dibuat, kan? Karena apps ini menggunakan GPS, maka peta di dalam game sama dengan lingkungan sekitar kamu, jadi bila kamu maju ke utara, maka karaktermu akan maju ke utara juga.

Selanjutnya, Professor Willow akan meminta kamu untuk memilih tiga Pokemon yang muncul di depan. Ada Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle. Tap aja ke Pokemon yang mau kamu tangkap, tapi ingat kamu cuma bisa memilih satu di antara mereka. Kalau beruntung, kamu juga bisa mendapatkan Pikachu, lho.

Setelah di-tap, kamu akan masuk ke tampilan penangkapan Pokemon. Untuk menangkap Pokemon, tahan Pokeball-nya dulu dengan tap tanpa dilepas untuk mengetahui tingkat kesulitan Pokemon yang akan ditangkap. Tingkat kesulitan ini berupa lingkaran berwarna yang membesar dan mengecil. Semakin hijau warnanya, berarti semakin gampang, tapi kalau semakin merah warnanya berarti semakin sulit. Kemudian, di-swipe aja Pokeball-nya ke arah Pokemon di depan. Di layar penangkapan ini juga ada tombol kamera, item, dan AR.

Selamat, kamu baru aja mendapatkan Pokemon pertamamu!

AR

Tampilan AR Pokemon Go

Tombol AR berguna untuk menyatukan Pokemon dengan dunia nyata. Jadi, jika kamu ingin berfoto atau melihat Pokemon dengan latar belakang dunia nyata, nyalakan saja AR-nya dan voila, mereka sudah ada di sekitar kamu. Perlu diingat nih, tidak semua smartphone punya fitur AR.

Nearby Pokemon

Bagi kamu yang sudah memiliki tampilan Nearby Pokemon seperti di bawah ini, kamu termasuk orang yang beruntung!

Niantic saat ini sedang menguji coba fitur di bawah ini kepada beberapa trainer yang beruntung, jadi belum diterapkan ke semua trainer. Berikut adalah penjelasan fitur-fitur baru tersebut.

Tracker Pokemon Go Terbaru

Tracker Terbaru (Reddit)

Nearby:

– Gambar di belakang Pokemon adalah Pokestop

– Jika kamu tap salah satunya, kamu akan masuk dalam tampilan baru seperti di bawah ini sebelum kembali ke tampilan normal.

Tracker Terbaru Pokemon Go

Tracker Terbaru (Reddit)

Tracker Terbaru Pokemon Go

Lokasi Pokemon setelah di Track (Reddit)

– Pokemon yang tertera di depan gambar Pokestop terletak tidak jauh/atau di sekitar Pokestop tersebut.

– Jika Pokemon tersebut hilang, maka kamu akan diberikan notifikasi bahwa Pokemon tersebut telah pergi dan akan menghilang dari daftar Nearby Pokemon.

Sightings:

Saatnya berburu Pokemon! Untuk mendapatkan Pokemon lainnya, cek fitur Nearby Pokemon di sebelah kanan layar  smartphone yang berfungsi sebagai informasi mengenai Pokemon yang ada di sekitar kamu.

Belum diketahui banyak informasi mengenai ini, namun dipastikan Pokemon yang masuk dalam Sightings letaknya tidak terlalu jauh dari trainer.

Pokemon memiliki lokasi yang beragam, namun sebagian besar terkonsentrasi di pusat kota atau daerah padat penduduk.

Daun-daun berterbangan yang ada di peta kamu juga bisa menjadi indikator keberadaan Pokemon di Sightings. Cobalah berjalan ke arah daun-daun berterbangan di sekitarmu untuk menemukan Pokemon.

Pengenalan Pokestop

Pokestop dari jauh dan dekat

Bentuk Pokestop saat jauh dan dekat (gamerant)

Selanjutnya, Professor Willow akan meminta kamu pergi ke Pokestop terdekat. Pokestop fungsinya untuk mendapatkan item dan exp (experience) untuk menaikan level. Pokestop biasanya berupa landmark, seperti rumah ibadah, restoran, mini market, dan semacamnya. Bentuk Pokestop mudah dikenali karena berwarna biru di peta dan bila didekati akan menyerupai Pokeball.

Tap Pokestop terdekat dan swipe secara horizontal untuk mendapatkan item dan exp, namun bila kamu terlalu jauh dengan Pokestop, item dan exp tidak bisa didapatkan. Item dan exp bisa didapatkan kurang lebih lima menit sekali di Pokestop.

Pemilihan tim dan Gym

Gym Pokemon Go

Pemilihan Tim Pokemon Go

Contoh Gym dan Pemilihan Tim (usgamer)

Setelah mencapai level 5, kamu bisa mengakses Gym terdekat. Sebelum masuk ke menu Gym, kamu harus memilih tim dulu. Ada tiga tim di Pokemon GO yaitu Mystic (biru), Valor (merah), dan Instinct (kuning). Pilih salah satunya dan masuk dalam gym. Bila penguasa Gym bukan tim kamu, kamu bisa merebutnya dengan bertarung. Namun, jika penguasa Gym adalah tim yang sama denganmu, kamu bisa berlatih untuk mendapatkan exp dan meningkatkan prestige Gym. Untuk informasi lebih lanjut seputar bertarung di Gym, nanti akan pegipegi bahas di bagian advanced.

Item

Berikut adalah berbagai item yang tersedia di Pokemon GO.

Tabel item dan kegunaannya

Item dan kegunaannya (diolah pegipegi.com dari serebii)

Leveling

Level juga punya peran penting dalam game Pokemon GO. Semakin tinggi level kita, Pokemon yang kita temui akan semakin kuat dan item yang didapat juga semakin bagus. Beberapa cara untuk mendapatkan exp dan meningkatkan level adalah sebagai berikut:

  • Menangkap Pokemon
  • Evolve Pokemon
  • Menetaskan Pokemon egg
  • Mengunjungi Pokestop
  • Bertarung di Gym

Untuk mempercepat naik level, kamu bisa menggunakan item lucky egg dengan efek exp dua kali lipat selama 30 menit.

Exp yang dibutuhkan untuk naik level juga akan terus meningkat. Link ini bisa membantu kamu mengetahui jumlah exp dari berbagai kegiatan di Pokemon GO (Earning Exp).

Eggs

Berikut adalah pokemon yang bisa didapatkan dari Pokemon egg 2 km, 5 km, dan 10 km.

Pokemon yang bisa didapatkan berdasarkan jenis egg

Pokemon yang bisa didapatkan dari egg (Reddit)

Panduan Lanjutan

Bertarung di Gym

Pertarungan Gym Pokemon Go

http://www.imore.com/

Ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui sebelum bertarung di Gym. Simak hal-hal di bawah ini, ya!

  • Perhatikan CP Pokemonmu.

CP (combat points) merupakan ukuran kekuatan Pokemon. Semakin besar angka CP Pokemon yang kamu miliki, semakin kuat Pokemon tersebut. pegipegi menganjurkan untuk selalu gunakan Pokemon dengan CP yang seimbang atau lebih besar dari Pokemon lawan yang menjaga Gym.

  • Perhatikan moveset (serangan) Pokemonmu dan tipe Pokemon lawan.

Moveset terdiri dari dua bagian yaitu basic move dan special move. Basic move bisa digunakan jika kamu tap di Pokemon musuh berulang kali. Sementara, special move dapat digunakan jika bar biru di bawah HP sudah penuh. Dalam pertarungan Gym, gunakan Pokemon dengan moveset yang merupakan kelemahan dari tipe Pokemon lawan.

Contoh:

Jika Pokemon musuh adalah Bulbasaur (tipe daun), maka gunakan Pokemon yang memiliki moveset api seperti Charmander untuk melawannya. Link ini akan membantu untuk mengetahui tipe pokemon dan kelemahannya.

  • Lakukan dodge untuk menghindari serangan lawan

Kamu harus bisa melakukan dodge dengan swipe layar smartphone secara horizontal saat bertarung. Saat lawan akan menyerang, ada cahaya kuning sebelum animasi serangan Pokemon bergerak. Gunakan momen tersebut untuk melakukan dodge, kemudian serang lawan. Lakukan hal seperti ini berulang-ulang untuk memenangkan pertarungan.

  • Menang sekali bukan berarti berhasil merebut Gym lawan.

Gym juga memiliki “hp” yang disebut dengan prestige. Kamu harus bertarung beberapa kali atau bersama teman-teman di tim yang sama untuk menghabisi prestige gym lawan. Jumlah prestige dapat dilihat di bawah nama Gym.

  • Sigap setelah memenangkan pertarungan gym.
Gym Kosong Pokemon Go

Gym Kosong (stevivor)

Ini penting nih, karena pegipegi melihat banyak Gym yang keburu diambil orang lain, padahal kita yang keluar sebagai pemenang. Gym yang sudah dikalahkan akan menjadi warna putih/abu-abu selama beberapa saat, segera tap dan masukkan Pokemonmu untuk menjaganya agar Gym tersebut tidak direbut orang lain.

Gym Prestige

Sudah menguasai gym? Kini waktunya kamu untuk mengetahui lebih dalam seputar prestige. Kamu bisa menaikkan level Gym kamu dengan mengumpulkan prestige. Ada beberapa cara untuk menaikkan prestige, salah satunya adalah dengan menambahkan Pokemon ke Gym. Setiap pemain hanya bisa menambahkan satu Pokemon ke Gym yang sesuai dengan tim mereka. Cara lainnya adalah dengan training, bila kamu memutuskan untuk bertarung dengan penguasa gym dari tim yang sama. Maka, itu akan dihitung sebagai training. Link berikut memuat keterangan lengkap seputar gym prestige.

Teknik melempar Pokeball

Menangkap Pokemon di Pokemon Go

www.thebitbag.com

Ada beberapa teknik untuk mendapat exp tambahan dari melempar Pokeball, yaitu:

  1. Teknik curve ball

Teknik ini dilakukan dengan cara memutar Pokeball dengan jarimu dan melepaskannya untuk membuat Pokeball bergerak secara melengkung. Kamu juga bisa swipe secara melengkung dari pinggir lalu ke tengah layar untuk membuat curve ball. Teknik ini akan memberikan kamu 10 exp tambahan jika Pokemon yang terkena curve ball berhasil ditangkap.

  1. Indikator nice, great, dan excellent

Indikator ini akan memberikan bonus exp saat Pokemon berhasil ditangkap. Saat menahan Pokeball sebelum dilempar, kamu akan melihat lingkaran berwarna yang terus membesar dan mengecil seperti gambar di atas. Bila kamu mengenai dalam lingkaran berwarna saat masih besar, kamu akan mendapatkan bonus 10 exp untuk nice. Sementara bila kamu mengenai dalam lingkaran saat berbentuk sedang, kamu bisa mendapatkan bonus 50 exp untuk great. Terakhir, apabila kamu berhasil mengenai dalam lingkaran berwarna saat mengecil, kamu bisa mendapatkan bonus 100 exp untuk excellent.

Berikut adalah contoh videonya:

 

Evolve, candy, dan power up

Evolution Pokemon Go

www.imore.com

Evolve berguna untuk melengkapi Pokedex dan mengubah Pokemon menjadi lebih kuat. Beberapa Pokemon bisa di-evolve bahkan sampai dua kali dengan menggunakan candy yang bisa kamu dapatkan dengan mentransfer Pokemon kamu ke Professor Willow dan menetaskan telur. Jumlah candy yang diperlukan untuk evolve berbeda-beda. Misalnya, Caterpie dan Pidgey hanya butuh 12 candy untuk evolve pertama, sementara Magikarp butuh 400 candy untuk evolve ke Gyarados.

Untuk melakukan evolve, pilih Pokemon dan masuk ke dalam tampilan Pokemon tersebut. Tombol evolve bisa ditekan bila jumlah candy mencukupi, lokasi tombol ini ada di bawah tombol power up. pegipegi menyarankan untuk hanya meng-evolve Pokemon dengan CP terbaik (yang bisa di-evolve), agar tidak menyia-nyiakan candy Pokemon tersebut dan mendapatkan Pokemon dengan CP yang lebih baik.

Setiap Pokemon memiliki kelipatan CP multiplier yang berbeda, misalnya bila kamu meng-evolve 400 CP Bulbasaur dan 400 CP Charmander, CP hasil evolve-nya tidak sama. 400 CP Bulbasaur akan menghasilkan sekitar 612-632 CP Ivysaur, sementara 400 CP Charmander akan menghasilkan 656-680 CP Charmeleon. Gunakan situs ini untuk menghitung potensi CP hasil evolve Pokemonmu.

Sementara itu, power up berfungsi untuk meningkatkan CP Pokemon. Untuk melakukan power up, kamu harus memiliki stardust dan candy yang cukup. Semakin besar level kamu, jumlah stardust yang dibutuhkan per sekali power up semakin besar. Stardust bisa didapatkan dari menangkap Pokemon dan menetaskan telur. Jumlah kenaikan CP melalui power up beragam, tergantung dengan Pokemon apa yang di-power up. Lihat situs berikut untuk mengetahui biaya power up berdasarkan level dan jumlah kenaikan CP per sekali power up pada Pokemon tertentu.

Tips dan trik tambahan dari pegipegi

Tips and Trick Pokemon Go

stevivor.com

  • Kamu bisa mendapatkan Pikachu saat memilih starter Pokemon! Caranya adalah ketika kamu ditawarkan tiga Pokemon pertama oleh Professor Willow, hindari ketiga Pokemon tersebut sampai mereka hilang dengan berjalan ke arah yang berbeda. Jika kamu melakukan ini sebanyak empat kali, ketiga Pokemon itu akan muncul bersama dengan Pikachu.
  • Tingkatkan level trainer kamu setinggi-tingginya dengan trik lucky egg! Pertama, kamu harus mengumpulkan Pokemon yang membutuhkan 12 candy (Pidgey, Weedle, dan Caterpie) atau Pokemon yang paling sering kamu temui di daerah kamu sebanyak-banyaknya. Setelah punya banyak candy dan Pokemon, gunakan lucky egg dan lakukan evolve massal sampai efek lucky egg habis. Per sekali evolve setidaknya kamu akan dapat 1000 exp.
  • Hanya gunakan egg incubator tak terhingga untuk Pokemon egg 2 km. Potensi untuk mendapatkan Pokemon langka dari egg 2 km cukup kecil, jadi jangan sia-siakan egg incubator tiga kali pakai untuk menetaskan egg 2 km.
  • Sering bepergian jauh dan melewati daerah macet? Saatnya untuk menetaskan telur! Pokemon GO cenderung untuk menghitung jarak tempuh setiap beberapa menit, jadi bila kamu melaju terlalu cepat, jarak yang ditempuh akan sulit terhitung dalam telur yang sedang ditetaskan. Dengan berada di kemacetan kamu akan berjalan perlahan-lahan dan sebagian besar jarak yang kamu tempuh bisa terhitung dengan benar untuk menetaskan telur.
  • Mau punya Pokemon terkuat? Setiap Pokemon punya Individual Values (IV) yang berbeda untuk menentukan potensi maksimal mereka. Pokemon dengan IV terbaiklah yang harus kamu evolve dan power up. IV bisa dihitung dengan menggunakan CP, HP, dan biaya power up dari Pokemon tersebut. Semakin tinggi persentase IV, semakin kuat pokemonnya. Berikut adalah situs yang berguna untuk membantu menghitung IV.
  • Gunakan Lure Module di beberapa Pokestop yang bersebelahan. Peluang munculnya Pokemon akan menjadi semakin besar karena banyaknya Lure Module yang digunakan dan tidak menutup kemungkinan Pokemon langka juga akan muncul.
  • Gunakan Lure Module dan Incense secara bersamaan untuk meningkatkan kemunculan Pokemon di sekitar kamu.
  • Ada trik untuk meng-evolve Eevee sesuai dengan pilihanmu. Ubah nama Eevee menjadi Pyro untuk Flareon, Rainer untuk evolve menjadi Vaporeon, dan Sparky untuk evolve menjadi Jolteon. Trik ini hanya bisa digunakan satu kali per masing-masing evolve Eevee.
Evolve Eeevee Pokemon Go

Trik “Eeevolution” (thebitbag)

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Lengkap banget kan tips main Pokemon GO di atas? Supaya kegiatan main Pokemon GO makin seru, kamu bisa main Pokemon GO sambil keliling Indonesia. Yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi.com! Selamat menaikan level di Pokemon GO!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

 

 

(Visited 1,319 times, 1 visits today)

Comments

To Top