Tips

Panduan Batasan Bagasi Penumpang Kereta Api  

bagasi1024-1024x682

Sebelum memesan tiket kereta api di pegipegi.com, ada baiknya kamu mengetahui aturan mengenai pembatasan bagasi bagi para penumpang kereta api yang ditetapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Seperti halnya maskapai penerbangan, kereta api juga memiliki batasan terkait beban bagasi yang dibawa penumpang. Jika penumpang membawa bagasi lebih dari ketentuan yang berlaku, penumpang diwajibkan membayar bea kelebihan berat bagasi.

 Beban Maksimal Bagasi Penumpang

Berdasarkan peraturan baru yang berlaku sejak 11 November 2015, setiap penumpang berhak membawa barang dengan berat maksimal 20 kilogram dan volume maksimal 100 liter, dengan dimensi 70 cm x 48 cm x 30 cm. Bukan hanya itu, setiap penumpang juga dibatasi membawa maksimal 4 koli (satuan barang bagasi).

Penumpang yang membawa barang sesuai ketentuan ini tidak akan dikenakan biaya tambahan alias gratis. Penumpang juga bisa langsung melakukan validasi tiket dan dipersilahkan naik ke gerbong kereta api tanpa melalui prosedur tambahan. Bagi penumpang yang membawa barang melebihi 20 kilogram namun kurang dari 40 kilogram; atau melebihi 100 liter tapi kurang dari 200 liter, wajib membayar bea kelebihan bagasi sebelum diperbolehkan naik ke gerbong kereta api.

Sementara itu, bagasi yang melebihi berat 40 kilogram atau volume 200 liter tidak diperbolehkan dibawa sebagai bagasi kereta api. Dan barang-barang pribadi seperti tas tangan,  tas laptop, dan tas ransel dengan dimensi maksimal 50 cm x 35 cm x 25 cm dapat dibawa masuk ke dalam gerbong kereta api tanpa dikenakan biaya tambahan. Begitu pula halnya dengan kereta bayi, kursi roda manual atau sepeda lipat.

kereta api3

www.antaranews.com

Bea Kelebihan Bagasi

Ketentuan bea kelebihan bagasi yang ditetapkan PT KAI disesuaikan dengan kelas kereta api. Berikut adalah detil panduan bea kelebihan bagasi berdasarkan kelas kereta api:

  1. Kereta api eksekutif. Tarif kelebihan bagasi di kereta api eksekutif ditetapkan Rp 10.000 per kilogram. Akan tetapi, jika petugas menemukan kelebihan berat atau dimensi ketika melakukan pemeriksaan di dalam kereta api, tarif kelebihan bagasi yang berlaku adalah Rp 50.000 per 5 kilogram.
  2. Kereta api bisnis/ ekonomi komersial (non-PSO). Tarif kelebihan bagasi bagi penumpang kereta api bisnis atau ekonomi komersial adalah Rp 6.000 per kilogram. Akan tetapi, jika petugas menemukan terdapat kelebihan berat atau dimensi saat pemeriksaan di dalam kereta api, tarif kelebihan bagasi yang berlaku adalah Rp 30.000 per 5 kilogram.
  3. Ekonomi Non-Komersial (PSO). Tarif kelebihan bagasi bagi penumpang kereta api ekonomi non-komersial adalah Rp 2.000 per kilogram. Sementara, jika ditemukan kelebihan berat atau dimensi pada saat pemeriksaan petugas di dalam kereta api, tarif kelebihan bagasi yang berlaku adalah Rp 15.000 per 5 kilogram.
kereta api2

http://beritatrans.com/

 

Demikianlah panduan mengenai aturan pembatasan bagasi bagi penumpang kereta api sesuai ketentuan PT KAI. Semoga informasi tersebut berguna untuk perjalanan kamu yang akan datang.

(Visited 1,576 times, 2 visits today)

Comments

To Top