Event & Festival

Pacu Jalur, Ajang Adu Cepat Penuh Magis di Kepulauan Riau

Ada rencana main ke Provinsi Kepulauan Riau dalam waktu dekat? Jangan lupa buat mampir ke ajang Festival Pacu Jalur 2018.

Digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Pacu Jalur merupakan ajang adu cepat dayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu kayu pohon. Denga panjang sekitar 25-40 meter, Pacu Jalur melibatkan beberapa tim yang berasal dari masyarakat setempat.

Sungai Batang Kuantan yang dikenal deras jadi venue perlombaan ini. Sungai ini sudah lama dipilih karena merupakan jalu pelayaran yang cukup padat sejak abad ke-17.

Dengan jarak sekitar satu kilometer, para tim yang bertarung diharuskan melintasi enam tiang pancang sebelum masuk ke garis finish. Pemenangnya pun akan ditentukan dengan sistem gugur, hingga menemukan da finalis yang bakal head-to-head di garis finish.

Ajang Pacu Jalur 2018 dibuat makin menarik lantaran ada sentuhan magis. Banyak peserta percaya kemenangan ditentukan oleh jenis kayu yang dipergunakan untuk membuat perahu yang bakal dilombakan, lho.

Sehingga, mau sebanyak apapun orangnya, nggak masalah! Namun tetap, ajang ini bakal dinilai oleh para perangkat pertandingannya, wasit, yang bertugas membunyikan meriam sebagai tanda balapa dimulai.

Mulai 29 Agustus hingga 1 September mendatang, Pacu Jalur 2018 bisa jadi tontonan asyik saat liburan di Riau yang menarik untuk diikuti. Tertarik buat mampir ke sana?

Mau travelling ke sini? Mampir sekalian ke Pekanbaru. Yuk, rencanakan liburanmu selanjutnya dengan pesan tiket pesawat dan hotel murah di Pekanbaru lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke Pekanbaru  cari hotel murah di Pekanbaru

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

Foto: Ilustrasi Shutterstock

Comments

To Top