Tips

Packing Ringkas dan Nyaman untuk Mudik

Setiap tahun, menjelang Lebaran, umat muslim di Indonesia disibukkan dengan satu tradisi turun-temurun: mudik! Ya, mengingat Lebaran atau Idul Fitri adalah hari besar umat muslim, tentunya berkumpul dengan keluarga besar adalah kegiatan yang sangat mereka idamkan.

Bagi travelers yang berencana mudik tahun ini, gak ada salahnya melakukan persiapan lebih awal, terutama untuk pakaian dan barang-barang pribadi yang harus dibawa. Pasalnya, selain pakaian, tentu kamu juga ingin membawa beberapa buah tangan untuk keluarga di kampung halaman. Supaya tidak menghabiskan banyak tempat dan menambah beban, kamu bisa meminimalisir beban bawaan pribadi.

Light packing atau packing praktis, apalagi untuk jangka waktu yang cukup lama seperti libur Lebaran, memang cukup sulit untuk dilakukan. Terutama bagi wanita yang punya lebih banyak kebutuhan harian. Tapi, setelah membaca tips yang Pegipegi rangkum ini, kamu pasti punya gambaran lebih jelas tentang apa yang harus kamu lakukan.

Yuk simak bareng-bareng!

Bayangkan kegiatan yang akan kamu lakukan

Writing Out A Packing List Ready For A Vacation

Sebelum mengepak pakaian, kamu perlu membayangkan kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan selama di kampung halaman. Kegiatan utama tentu adalah silaturahmi ke sanak saudara. Karena kamu jauh dari rumah, lupakan dulu gamis-gamis ataupun gaun kaftan yang berat dan memakan banyak tempat di koper. Alternatifnya, kamu bisa membawa 2-3 blouse etnik serta legging hitam sebagai bawahannya.

Untuk kegiatan lainnya, kemeja denim bisa menjadi andalan kamu. Kemeja denim bisa dikenakan sebagai atasan rok maupun celana, atau sebagai outer saat udara terasa sedikit dingin. Praktis kan, travelers?

Makeup & perlengkapan mandi

toiletries

Tidak perlu membawa seluruh isi laci makeup kamu, travelers. Meskipun sewajarnya menyambut Lebaran dengan gembira, tentu kamu tidak perlu berlebihan berdandan kan? Cukup bawa makeup dasar seperti foundation, bedak, blush on dan lipstik.

Kamu bisa meletakkan alat-alat makeup secara terpisah ataupun digabung dengan perlengkapan mandi. Untuk perlengkapan mandi sendiri kamu bisa membeli botol-botol kecil untuk meletakkan berbagai keperluan mandi kamu, terutama sabun pembersih muka. Sementara, perlengkapan mandi lain seperti sabun dan shampoo, lebih baik kamu beli di tempat tujuan demi menghemat tempat.

Bawa tas ukuran besar

shoulder bag

Selain koper, tentunya kamu harus membawa tas untuk kegiatan-kegiatan kamu di sana. Lupakan dulu clutch cantik yang serasi dipakai dengan blouse etnik kamu. Tas ukuran besar adalah pilihan terbaik yang bisa kamu bawa, terutama dengan bahan yang cukup lentur seperti kain atau kulit sintetis. Selain menjadi aksesoris, tas ini juga berguna untuk menyimpan sejumlah kebutuhan pribadi seperti MP3 player, minyak wangi dan sebagainya.

Trik mengepak ke dalam koper

packing-tips

Bagaimana mengepak semua barang tersebut ke dalam koper? Ini dia beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar barang-barang kamu tertata rapi dan tidak memakan terlalu banyak tempat.

  1. Letakkan benda yang berat, misalnya sepatu, di bagian bawah koper.
  2. Kumpulkan pakaian dalam di satu tempat khusus (misalnya tas kain kecil) .
  3. Setelah bawaan berat diletakkan di bagian bawah, tutup dengan karton sebelum meletakkan baju di bagian atas.
  4. Gulung baju bawaan kamu untuk menciptakan lebih banyak tempat dalam koper.
  5. Letakkan pakaian tidur atau pakaian sehari-hari di bagian paling atas agar lebih mudah diambil.

 

Nah, packing tidak sesulit yang kamu bayangkan kan, travelers?

 

 

(Visited 1,904 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top