Kuliner

Oleh-oleh khas kota-Kota di Indonesia

Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi teman atau keluarga di luar negeri, jangan lupa bawa oleh-oleh khas Indonesia ya! Pasti mereka kangen dengan makanan bercitarasa nusantara yang memang lezat dan nikmat di lidah. Berikut beberapa panduan oleh-oleh khas beberapa kota di Indonesia. Kamu juga bisa lho mencari oleh-oleh yang ada jika berkunjung ke beberapa daerah di bawah ini:

Yang Spesial dari Lampung

keripik_pisang

Lampung memiliki banyak pilihan oleh-oleh lho. Yang paling terkenal adalah keripik pisangnya yang gurih dan renyah. Selain pilihan rasa klasik asin dan manis, kamu juga bisa mencicipi beberapa rasa lain, seperti keju dan cokelat. Dijamin ketagihan deh, karena katanya rasa keripik pisang asli Lampung berbeda lho dengan daerah lain.

Selain keripik pisang, ada juga sambal goreng udang yang terkenal karena kelezatannya. Sambal goreng kering yang tahan disimpan beberapa lama ini memang paling dicari, karena nikmat dimakan bersama banyak sajian, seperti nasi, mie dan bubur. Citarasanya manis, gurih, dengan rasa ebi yang nikmat.

sambal goreng udang

Pempek dan kemplang, yang merupakan kuliner khas Palembang, juga banyak ditemukan di Lampung. Jangan lupa juga membeli sambal lampung yang pedasnya begitu nikmat dipadukan dengan nasi panas. Rasa cabai rawit dan bawangnya kuat. Tambahkan sedikit saja di makananmu, karena rasanya memang sangat pedas.

Jakarta Punya Citarasa

Kembang_goyang

Ibukota punya segudang pilihan kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh. Walaupun banyak dari kuliner khas Jakarta yang berupa kue atau makanan basah, beberapa cukup tahan untuk dijadikan buah tangan. Salah satu camilan khas Betawi tempoe doeole adalah kembang goyang. Nama kembang goyang diambil karena bentuknya yang menyerupai kembang dan proses membuatnya digoyang-goyang supaya adonan terlepas dari cetakan. Rasanya gurih, manis, dan renyah. Beberapa orang memodifikasinya dengan menambahkan berbagai rasa. Namun kelezatan khas kembang goyang akan terasa dalam rasa aslinya.

lekker

Camilan renyah lainnya adalah kue lekker. Kue lekker ini juga terbuat dari tepung terigu dan bentuknya mirip dengan crepes, tetapi lebih tipis, renyah, dan isinya berupa cokelat butiran dan keju. Kadang ada juga yang berisi pisang atau gula pasir. Kue ini disebut lekker, karena dalam Bahasa Belanda artinya lezat.

Selain kedua camilan diatas, Betawi dikenal juga dengan sajian roti buaya yang melambangkan kesetiaan. Roti ini harus disajikan sepasang dan wajib ada pada pesta pernikahan adat Betawi. Ada juga kue lepet, kue yang ini terbuat dari ketan yang dicampur dengan kacang tolo dan dibungkus daun kelapa.Selain itu, Jakarta masih punya banyak camilan khas yang bisa menjadi oleh-oleh, seperti biji ketapang, kue akar kelapa, kerupuk gendar, rengginang dan kue satu.

Yang Manis dari Garut

dodol garut

Siapa sih yang nggak kenal dodol garut? Camilan manis dan lengket ini memang menjadi camilan dan oleh-oleh khas Garut. Berbagai jenis dodol bisa kamu dapatkan di Garut, mulai dari dodol wijen, dodol nanas, dodol tomat, dodol durian, dodol coklat, dan masih banyak lagi. Oh ya, kini Garut juga mulai terkenal dengan oleh-oleh berupa cokelat, walaupun tidak lepas dari dodol juga. Kamu bisa menemukan cokelat berisi dodol yaitu Chocodot, dengan berbagai rasa. Ada juga cokelat rasa cabai yang unik.

chocodot

Selain dodol, kamu bisa mencicipi dorokdok, yaitu kerupuk kulit sapi yang gurih dan renyah. Ada juga emplod atau endong lewo yang menjadi panganan khas kota intan ini.

Manis dan Asin dari Manado

klappertaart1

Halua Kenari adalah camilan yang jadi favorit masyarakat Manado dan kerap dijadikan oleh-oleh. Halua Kenari terbuat dari gula khas Manado, yaitu gula merah yang dicampur dengan buah Kenari. Rasanya manis dan enak. Camilan manis lainnya adalah kacang goyang. Bentuknya menyerupai kacang telur namun memiliki tekstur kasar dan berwarna-warni karena gula yang meliputinya. Satu lagi yang manis, adalah pala manis. Camilan ini terbuat dari daging buah pala. Namun yang paling spesial dari oleh-oleh manis khas Manado adalah klappertart. Bahan dasarnya adalah kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Klappertaart juga ada yang ditambahkan roti, agar bentuknya lebih padat dan bisa dipotong layaknya kue tart. Rasanya manis, nikmat dan lembut di lidah.

cakalang fufu

Bagaimana dengan yang asin? Manado punya cakalang fufu, makanan dari ikan cakalang yang dibumbui, diasap, dan dijepit dengan bambu. Makanan ini sebenarnya asli dari Minahasa Utara, tapi juga bisa kamu temukan dengan mudah di Kota Manado. Nikmatnya citarasa ikan asap ini membuat kamu wajib membelinya. Cakalang fufu bisa bertahan hingga satu minggu. Ada lagi lalampa ikan, camilan lezat yang mirip lemper namun berisi ikan yang disuwir-suwir. Ikan suwir bumbu pedas yang digunakan biasanya adalah cakalang pampis. Bisa juga menggunakan tongkol atau tuna pampis, lalu dibungkus pisang, dikukus dan dibakar. Nikmat!

Jajanan Favorit dari Bali

pie susu

Selain menjadi destinasi wisata terpopuler di Indonesia, Bali juga memiliki banyak camilan khas yang bisa menjadi oleh-oleh lho. Salah satu yang paling populer adalah kacang bali, yang tampil dalam berbagai rasa. Ada kacang polos yang bercitarasa asin atau manis, ada juga kacang berbalut tepung renyah dengan rasa pedas, asin, rasa kari, rendang, dan sebagainya. Oleh-oleh lain yang tak kalah lezatnya adalah pie susu Bali yang hadir dalam rasa original dan cokelat dengan bentuk yang tipis. Ada juga pia kacang yang renyah, dan yang paling populer adalah Pia Legong. Pia Legong, berbeda dengan pie susu atau kacang, adalah berkulit tebal berlapis dengan isi kacang hijau, keju dan cokelat. Pia ini laris manis di kalangan traveler dan untuk memperolehnya bukan tidak mungkin kamu harus memesannya dari jauh-jauh hari.

 

 

 

(Visited 4,931 times, 7 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top