Ramadhan

Olahraga Sambil Puasa, Boleh Nggak Sih?

olahraga sambil puasa

Ramadan tiba…
Ramadan tiba…
Masih bisa olahraga?

Nggak begitu sih lirik lagunya. Tapi lumayan menggambarkan kegalauan travelers, kan?

Pada saat bulan Ramadan, umat muslim di Indonesia diwajibkan untuk nggak makan dan minum selama kurun waktu 13 jam. Buat kamu yang selama ini rutin berolahraga, pasti muncul dilema, “nggak makan gimana kuat olah badan?”.

Meskipun selama Ramadan asupan energi sangat dibatasi, segala bentuk aktivitas kita, terutama olahraga, nggak harus ikut berhenti. Saat berkegiatan berat maupun ringan, tubuh kita memakai energi dari makanan di dalam tubuh sebagai bahan bakar utama. Waktu kita berpuasa, asupan bahan bakar utama tersebut berkurang dan tubuh akan mencari sumber energi lain untuk digunakan, seperti cadangan gula dan lemak. Jadi meski pada awalnya kita akan merasa sedikit lemas, jangan terlalu khawatir atau justru malah mager, ya! Tubuh kita masih kuat, kok!

So… Buat kamu yang tetap ingin berolahraga sambil berpuasa, Pegipegi sarankan agar memperhatikan beberapa hal di bawah ini, ya!

Sesuaikan Jenis dan Waktu Olahraga

olahraga sambil puasa

Intensitas olahraga ringan sampai sedang seperti jogging, jalan cepat, yoga atau bersepeda ternyata cocok dilakukan pada saat setelah sahur dan sebelum berbuka, lho! Setelah sahur tubuh kita baru saja menerima asupan energi dari makanan, dan sebelum berbuka tubuh kita masih memiliki sisa cadangan energi yang cukup untuk berolahraga ringan. Hal ini dikarenakan olahraga ringan sampai sedang hanya membutuhkan energi yang relatif lebih sedikit, sehingga kita nggak akan kelelahan. 

Intensitas olahraga sedang sampai tinggi seperti berlari atau angkat beban, baiknya dilakukan hanya setelah berbuka puasa, ya, travelers! 1-2 jam setelah berbuka adalah waktu yang pas untuk beraktivitas relatif berat, karena tubuh kita sudah kembali mendapatkan asupan energi baru yang cukup. Tapi perlu diingat, kalau di tengah olahraga kamu merasa pusing hingga ingin pingsan, segera hentikan kegiatan dan beristirahat, ya!

Asupan Makanan dan Minuman yang Baik

olahraga sambil puasa

Selama berpuasa, porsi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita juga pasti berubah seiring jam makan yang dibatasi. Oleh karena itu, selalu pastikan kualitas makanan dan minuman tersebut memenuhi kebutuhan utama tubuh kita, ya! Terutama bagi kamu yang tetap ingin berolahraga, konsumsi makanan tinggi protein seperti ikan, daging, atau telur sangat baik untuk otot.

Istirahat yang Cukup

olahraga sambil puasa

Harus bangun Subuh buat sahur bukan jadi alasan kurangnya waktu tidur. Upayakan pola istirahat yang cukup dengan tidur selama kurang lebih 7 jam setiap hari. Kalau tidurmu cukup dan nyenyak, aktivitas apa pun yang kamu lakukan sepanjang hari itu pasti ikutan maksimal, kan?

Yuk, olahraga sambil berpuasa selama #dirumahaja! Selain menambah kegiatan biar nggak bosan, manfaatnya juga sangat baik buat kesehatan. Jangan lupa kalau #NantiKitaPegipegiLagi, pesan tiket bus, tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

 

google-play

apps-store

 

Comments

To Top