Destinasi

Olahraga Ekstrem Canyoning Pacu Kencang Adrenalin Kamu

Bosan dengan olahraga air yang begitu-begitu saja? Kayaknya, kamu harus coba main canyoning, deh, pas liburan nanti.

Indonesia memiliki koleksi sungai dan air terjun yang beragam. Ternyata, kondisi ini nggak cuma bisa dinikmati secara pandangan mata, tetapi juga lewat aktivitas fisik, salah satunya canyoning.

Canyoning sendiri merupakan aktivitas penelusuran sungai dengan melewati celah sungai yang sempit, meluncur di bebatuan sungai yang licin, maupun terjun dari tebing tepian sungai. Makin menantang karena kamu juga dituntut untuk menuruni air terjun menggunakan tali dan berenang di air yang jernih dan sejuk.

Lantaran menyatukan disiplin ilmu panjat tebing dan penelusuran gua, peralatan yang digunakan dalam canyoning pun hampir sama. Antara lain tali kernamantel, harness, helm, pengaman seperti discneder dan carabiner, serta peralatan lainnya.

Para canyoneer, sebutan bagi penggiat canyoning juga seringkali menggunakan baju selam atau wetsuit untuk mengantisipasi dinginnya sungai yang ditelusuri. Sehingga, pergerakan tubuh mereka makin bebas.

Ekstrem Bikin Puas

Jika dipandang, canyoning adalah wisata air yang cukup berbahaya. Kamu harus menghadapi licinnya medan bebatuan dan derasnya aliran sungai untuk menuju ke titik penelusuran yang sudah ditentukan.

Tapi, kepuasan yang hadir nggak bisa ditawar lagi, lho. Hal ini dikarenakan kepuasan menelusuri sudut-sudut yang umumnya nggak dapat dilalui bisa kamu capai. Nggak jarang tempat-tempat tersebut menyimpan keindahan dan pesona tersendiri, apalagi kalau sungainya menyimpan vegetasi alam yang indah.

Nggak cuma itu, canyoning membuat kamu lebih dekat dengan flora serta fauna alam. Sesekali, kamu bakal bertemu dengan pacet atau semacam lintah penyedot darah seukuran batang korek api hingga pohon semacam jelatang yang efeknya akan memberikan efek gatal jika menyentuhnya.

Jika kamu bisa menghadapi semua rintangan, baik dari medan maupun gangguan flora dan fauna tersebut, sudah pasti senyuman cerah bisa dibawa pulang.

Ada di Purwokerto

Lokasi canyoning sangat beragam dan tidak hanya terbatas pada air terjun saja. Canyoning dapat dilakukan mulai dari air terjun, tebing curam, jurang yang tegak lurus, hingga sungai yang dalam, atau kolam-kolam berair jernih

Rata-rata sungai dan air terjun di Indonesia bisa dijadikan spot canyoning. Namun, hanya beberapa yang sering dan sudah teruji aman untuk menggelar aktivitas ekstrem ini.

Salah satunya ada di Baturraden, Purwokerto. Di sana, kamu bakal menemukan air terjun dengan aliran sungai yang cukup deras dan menantang buat canyoning.

Di sini juga, komunitas Canyoning Indonesia berada. Jadi, buat kamu yang masih pemula, bisa ikutan kursus canyoning dari para ahli dalam waktu yang cukup singkat.

Selain di Purwokerto, kota-kota seperti , Pasuruan, Probolinggo, Jogjakarta, dan Bogor hingga Bali juga memiliki banyak spot canoying yang cukup keren. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kehabisan lokasi canyoning, deh!

Foto: Dok. Canyoning Indonesia.

Sudah siap main canyoning di Purwokerto? Sekalian liburan! Agar liburanmu lebih maksimal di sana, jangan lupa cari hotel murah di Purwokerto lewat Pegipegi! Selamat liburan!

cari hotel murah di Purwokerto

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 141 times, 1 visits today)

Comments

To Top