Tips

Olahraga di Malam Hari, Sehat atau Tidak?

Kebanyakan orang tidak suka olahraga di pagi hari karena berbagai alasan. Seperti malas bangun pagi atau tidak sempat karena jadwal yang padat. Apakah kamu salah satunya? Nah, Sebagai alternatif, kamu bisa berolahraga di malam hari. Tapi ada juga yang bilang kalau olahraga di pagi hari lebih sehat. Bener nggak ya? Yuk, baca penjelasannya di bawah ini!

TERGANTUNG APA TUJUAN KAMU

Olahraga di pagi maupun malam hari sama-sama memiliki manfaat. Mengutip dari Women’sHealth, Profesor Ilmu Olahraga Terapan University of New England, Lara Carlson, Ph.D, mengatakan olahraga pagi bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan. Tekanan darah kamu juga bisa lebih stabil yang berpengaruh pada tidur malam yang lebih nyenyak.

Sedangkan olahraga di malam hari punya manfaat untuk meningkatkan aktivitas pada enzim dan fungsi otot. Selain itu, kamu juga bisa membantu tubuh menjadi relaks setelah seharian beraktivitas. Jadi, tinggal pilih waktu olahraga sesuai dengan tujuan kamu.

PUNYA LEBIH BANYAK TENAGA

Di sore atau malam hari, manusia cenderung dinilai memiliki lebih banyak energi. Itu karena makanan yang telah dikonsumsi seharian memberikan asupan energi untuk tubuh, termasuk kalori. Jadi, kalau kamu ingin membakar kalori yang telah masuk, olahraga di malam hari bisa menjadi pilihan.

BANYAK WAKTU SANTAI

Beda dengan pagi hari, kamu nggak perlu buru-buru untuk menyiapkan diri buat olahraga. Dengan olahraga di malam hari, kamu bisa lebih santai karena waktunya lebih banyak sekaligus menjadi penghabisan hari. So, kamu bisa bebas memilih waktu di malam hari buat olahraga.

MENGURANGI RASA STRES DAN FRUSTASI

Ketika kamu olahraga di malam hari, tubuh melepaskan hormon endorfin yang bermanfaat buat mengurangi stres dan frustasi. Setelah berolahraga, otak bisa beristirahat sejenak sehingga pikiran kamu menjadi lebih jernih. Olahraga di malam hari pas banget, tuh, untuk kamu yang yang butuh ‘pelarian’ lagi banyak pikiran!

RISIKO CEDERA LEBIH KECIL

Di malam hari, otot-otot yang ada di tubuh sudah lebih siap karena ada aktivitas sebelumnya. Bila dibandingkan dengan pagi hari, otot tubuh terutama persendian masih belum siap untuk melakukan aktivitas berat. Karena itu berolahraga di malam hari memiliki risiko cedera yang lebih kecil.

Jadi, mau olahraga di pagi maupun malam hari, semuanya sama-sama menyehatkan, kok! Yuk, mulai hidup sehat dengan rajin olahraga supaya kamu tetap bisa traveling. Kalau mau liburan langsung deh pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Hipandhealthy

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top