Destinasi

Ocean Ecopark Ancol, wisata edukasi asyik di utara Jakarta

Siapa bilang aktivitas kepecinta alaman harus dilakukan dengan naik gunung? Di Ocean Ecopark Ancol kamu bisa memperdalam rasa cintamu terhadap alam sambil melepaskan kepenatanmu akibat bekerja keras sepanjang hari. Mau sendirian, sama pasangan boleh aja. Tapi yang paling asyik sih kayaknya sama keluarga, travelers. Di mana lagi kamu bisa ajak adik atau ponakanmu jalan-jalan ke tempat wisata keren dengan nuansa alam dan ngga jauh dari pusat Kota Jakarta kalo bukan di Ocean Ecopark Ancol?

Ocean Ecopark ANCOL

foto: liburananak.com

Ocean Ecopark Ancol, pusat konservasi sekaligus tempat jalan-jalan

Ocean Ecopark Ancol ini sejatinya adalah sebuah lapangan golf seluas 34 hektar yang dimanfaatkan sebagai lahan terbuka hijau oleh pengelola Ancol. Sejak dua tahun lalu pengelola mulai menanam aneka tumbuhan yang telah langka, aneka satwa, wahana permainan, ladang-ladang, pemukiman ala pedesaan mini dan panggung terbuka. Lapangan golf yang dulunya hanya bisa dipake oleh kalangan tertentu sekarang boleh didatangi siapa aja, khususnya mereka yang pengen belajar tentang cara berocok tanam, memancing atau berolahraga ringan sambil menikmati udara yang segar.

Ocean Ecopark Ancol terbagi jadi empat wahana, travelers. Ada Eco-Care buat kamu yang pengen belajar cara menanam sayur atau tumbuhan lain yang baik dan benar. Di area ini kamu sekeluarga akan diajak berladang dan menyiangi tanaman di ladang. Adik kamu pasti suka karena di sini anak-anak boleh bermain tanah sepuasnya.

Di wahana Eco-Nature kamu bisa berkenalan sama aneka sawa yang biasanya cuma kamu lihat di TV, seperti burung kasuari, burung pelican, rusa dan kera. Wahana ini jadi satu sama Eco-Island yang berwujud sebuah danau buatan yang dihuni ribuan ikan koi, lele dan gurami. Di sini kamu bisa menyewa sebuah perahu trus coba deh kamu lemparkan makanan ikan yang udah disediakan dan lihatlah gimana lucunya tingkah ikan di dalam danau yang berebut makanan. Sesuatu banget deh pokoknya.

Suka bersepeda tapi ngga ada waktu? Di Ocean Ecopark Ancol kamu bisa punya waktu buat membakar lemak di tubuhmu dengan bersepeda berkeliling kawasan wisata yang asri dan hijau dimana-mana. Nggak usah repot bawa sepedamu dari rumah karena kamu bisa menyewanya di sini, travelers.

Eco-Art adalah bagian yang menurut Pegipegi paling seru di Ocean Ecopark Ancol, travelers. Selama satu jam kamu akan dihibur oleh pertunjukan teater panggung terbuka Fantastique Magic Fountain Show yang mementaskan cerita rakyat terkenal Timun Mas dan Buto Ijo. Tata lampu yang menawan dan latar belakang panggung berupa benteng yang dikelilingi air akan membawamu menjelajah ke dimensi lain dan kamu pun akan bisa memahami nilai moral dalam cerita jaman nenek moyang yang dikemas secara spektakuler. Wah jadi penasaran nih!

 

Harga tiket masuk Ocean Ecopark Ancol    

Ocean Ecopark Ancol memang sungguh keren, tapi harga tiket masuknya mahal nggak? Ini sepertinya kabar gembira buat kamu, soalnya harga tiket masuk Ocean Ecopark Ancol adalah Rp 0 per orang, alias gratis. Kamu cuma perlu bayar tiket masuk ke Ancol Rp 15 ribu per orang dan kamu bebas keluar masuk Ocean Ecopark Ancol. Dan itu berlaku untuk semua hari dalam seminggu termasuk hari libur dan akhir pekan. Memang sih kalo mau sewa sepeda, buggy car (mobil golf), naik perahu keliling danau dan nonton teater Timun Mas kamu harus bayar lagi. Tapi ngga mahal-mahal amat kok.

Tarif sewa eco-bike hanya Rp 25 ribu sampai Rp 60 ribu aja per jam, tergantung dari ukuran dan kapasitas sepeda yang kamu sewa. Kalo buggy car agak lebih mahal karena bisa dipake buat rame-rame dan kamu bisa ajak teman-teman atau keluargamu urunan buat menyewanya. Tarifnya ngga mahal kok, hanya Rp 120 ribu aja per jam. Trus kalo mau naik perahu keliling danau kamu musti bayar Rp 25 ribu per orang, travelers.

Ocean Ecopark Ancol buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore setiap hari. Khusus buat Fantastique Magic Fountain Show dimulai di malam hari setelah jam 7 malam dan tiketnya agak sedikit mahal, yaitu Rp 50 ribu per orang di hari biasa dan Rp 60 ribu per orang di hari libur atau akhir pekan.

Catat ya, travelers. Lokasi Ocean Ecopark Ancol adalah di Jalan Lodan Timur no. 7, Pademangan, Jakarta Utara, nggak jauh dari Pantai Ancol Jakarta yang ternama itu. Angkutan umum yang melintasi Ocean Ecopark Ancol adalah bus kota P 22 dari Terminal Grogol yang menuju ke Tanjung Priok. Kalo ngga tau jalan kamu bilang sama abang kenek bus buat menurunkan kamu di halte Jalan Lodan Raya. Dari sini kamu tinggal jalan kaki aja beberapa meter sampai ketemu sama pintu gerbang Ocean Ecopark Ancol.

Yuk sesekali berwisata ke Jakarta, travelers. Kamu hubungi Pegipegi sekarang deh buat pesan tiket pesawat ke Jakarta dan membooking kamar hotel yang nyaman dan terjangkau di Jakarta dan sekitarnya.

(Visited 5,772 times, 13 visits today)

Comments

To Top