Destinasi

Nuansa Riung Gunung, Tempat Wisata Alam Hits di Bandung

nuansa riung gunung

Bosan karena kelamaan di rumah? Wajar kok! Buat kamu yang pengen jalan-jalan tapi nggak mau yang jauh-jauh, silakan coba berbagai tempat wisata hits Bandung, Jawa Barat. Salah satunya, Nuansa Riung Gunung.

Selain salah satu tujuan wisata Pangalengan yang sedang hits, Nuansa Riung Gunung ternyata juga viral, loh, di dunia maya. Banyaknya spot keren di tempat ini, dijamin bisa ‘membunuh’ kebosanan karena kelamaan di rumah.

Lokasi, Jam Operasional, Hingga Harga Tiket

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini terletak di Kampung Riung Gunung, Desa Pulosari, Pangalengan, Bandung Selatan. Untunglah, tempat ini buka 24 jam. Untuk harga tiket masuk Nuansa Riung Gunung, persiapkanlah Rp25 ribu* per orang. Berkunjung kemari memang lebih seru bila bersama keluarga atau teman.

nuansa riung gunung
Sumber: IG @nuansariunggunung_

Rute Menuju Nuansa Riung Gunung

Bila langsung dari pusat Kota Bandung, jarak yang ditempuh sekitar 50 kilometer menuju lokasi. Artinya, waktu yang dibutuhkan untuk tiba di tujuan adalah sekitar 1,5-2 jam. Lewati Jalan Pasteur, sebelum menuju Tol Padalarang-Cileunyi. Sesudah itu, keluarlah lewat gerbang Tol Pasir Koja sebelum berlanjut ke Jalan Tol Soroja.

Berikutnya, beloklah ke kiri menuju Jalan Raya Gading Tutuka. Setelahnya, lanjutkan perjalanan ke Jalan Pahlawan sampai menuju Jalan Raya Pangalengan. Begitu bertemu bundaran, keluarlah menuju Jalan Situ Cileunca. Lima kilometer di depan, sampailah kamu ke tempat ini.

Daya Tarik Nuansa Riung Gunung

Apa yang membuat Nuansa Riung Gunung masuk ke dalam tempat wisata hits Bandung? Hamparan luas dan hijaunya perkebunan teh dengan perbukitan di sekelilingnya sungguh juara. Makanya, tempat ini sampai disebut-sebut sebagai Swiss versi Bandung.

nuansa riung gunung
Sumber: IG @nuansariunggunung_

Jembatan kayu panjang yang estetik nggak hanya untuk dilewati pengunjung yang ingin melihat-lihat perkebunan teh nan indah ini. Banyak yang memanfaatkannya juga untuk tempat foto-foto dan merekam video. Yang ingin mencari me-time, pasti akan sangat menikmati berada di sini.

Beragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Apa saja yang bisa dilakukan di Nuansa Riung Gunung? Banyak sekali. Selain ber-swafoto atau bikin video di jembatan dan sekitarnya, pengunjung bisa berkemah. Mau berleha-leha di pinggir sungai juga bisa, loh.

Bagi yang ingin berkemah, pengunjung bisa membawa tenda dan perlengkapan sendiri atau menyewa langsung di lokasi. Bahkan, pengunjung juga bisa menyewa hammock, yaitu tempat tidur gantung yang biasanya diikat di antara dua batang pohon. Tinggal tidur-tiduran deh, tentunya sambil menikmati pemandangan indah ala Swiss-nya Bandung.

Meskipun lazim untuk tempat berkemah, jangan khawatir. Salah satu tempat wisata Pangalengan ini juga dilengkapi dengan toilet umum. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan selama berada di sini, ya.

Tips Aman & Nyaman ke Nuansa Riung Gunung

nuansa riung gunung
Sumber: IG @nuansariunggunung_

Ingin bersenang-senang tapi tetap aman dan nyaman? Cek tipsnya di bawah ini:

  1. Datang pada saat cuaca cerah

Bagi yang suka swafoto dan merekam video, cuaca cerah berarti lebih banyak gambar bagus yang bisa diambil.

  1. Pastikan datang dengan kendaraan berkondisi baik

Perjalanan dari pusat Kota Bandung cukup jauh. Beberapa medannya juga nggak rata. Jangan sampai niat bersenang-senang batal gara-gara mobil mogok di tengah jalan.

  1. Bawa uang tunai secukupnya

Nggak hanya di Nuansa Riung Gunung, siapa tahu kamu juga tertarik mencoba arung jeram. Selain itu, saat sedang banyak pengunjung, di sini banyak pedagang yang menjajakan berbagai makanan, minuman, dan lain-lain.

  1. Persiapkan pakaian hangat, seperti jaket atau sweater

Siap-siap merasakan udara dingin di sini, terutama saat pagi hari, sore ke malam, hingga musim hujan.

  1. Sebaiknya bawa tenda dan perlengkapan berkemah sendiri

Memang sih, pengunjung bisa menyewa tenda dan perlengkapan berkemah di lokasi. Namun, keuntungan dari membawanya sendiri dari rumah adalah nggak perlu berebut dengan pengunjung lain. Lebih baik waktu dan tenaga dihabiskan untuk mencari spot berkemah paling strategis.

  1. Jagalah kebersihan selama berada di lokasi

Biarkan perkebunan teh ini tetap bersih dipandang dengan nggak membuang sampah sembarangan selama di sini.

  1. Patuhi protokol kesehatan selama pandemi COVID-19

Meskipun beberapa tempat wisata hits Bandung sudah dibuka, jangan lupa terus patuhi protokol kesehatan. Ingat, pandemi COVID-19 belum usai. Selain menghindari kerumunan, jagalah jarak dengan sesama pengunjung. Bawalah hand-sanitizer sendiri dan tetap kenakan masker selama di tempat terbuka.

Bila bepergian bersama banyak orang, bagilah dalam dua kelompok kecil. Hal ini untuk mengantisipasi penjagaan jarak sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Inilah beberapa fakta menarik seputar Nuansa Riung Gunung. Datanglah bersama keluarga dan teman, ya. Jangan lupa untuk terus mengikuti protokol kesehatan.

Bila situasi dan kondisi sudah mendukung, SobatPegi bisa langsung memesan tiket bus/travel, tiket kereta, dan hotel murah di Bandung. Jangan lupa, manfaatkan aplikasi Pegipegi agar makin hemat!

PESAN TIKET BUS PESAN TIKET KERETA PESAN HOTEL MURAH

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: