Destinasi

Nostalgia kuliner tempo doloe di Jalan Braga

Seperti halnya Jalan Riau dan kawasan Dago, Jalan Braga merupakan salah satu ‘destinasi wajib’ saat liburan ke Bandung. Popularitas Jalan Braga memang semakin melambung di kalangan travelers. Selain tidak pernah sepi selama 24 jam, kawasan ini menjadi favorit pecinta fotografi karena dihiasi arsitektur indah khas bangunan tempo dulu.

Yap, di sini kamu masih bisa melihat bangunan-bangunan indah peninggalan masa penjajahan Belanda dengan arsitektur aslinya. Menyusuri Jalan Braga tak ubahnya seperti menyusuri Kota Tua di Jakarta dan Semarang.

Selain arsitektur masa kolonial, Braga juga dikenal sebagai destinasi wisata kuliner lezat di Bandung. Apalagi kamu bisa mencicipi hidangan tempo dulu yang sulit ditemukan di restoran lain.

Ada dua restoran yang sudah dikenal travelers yang ingin wisata kuliner di Jalan Braga. Apa aja ya? Simak yuk ulasan yang Pegipegi rangkum dari berbagai sumber!

 

Braga Permai

foto: kompas.com

foto: kompas.com

Terletak di Jl. Braga No. 85, restoran Braga Permai sudah berdiri sejak 1921 dan masih terlihat kokoh hingga saat ini. Meskipun bangunannya memang sudah direnovasi beberapa kali, tapi suasana nostalgia masih bisa kamu rasakan saat mengunjungi Braga Permai.

Dulunya, restoran ini bernama Maison Bogerijen yang menjadi tempat nongkrong pejabat Belanda beserta keluarga mereka. Konon, Braga Permai adalah satu-satunya restoran di Asia yang menerima penghargaan langsung dari Ratu Belanda. Bukan hanya itu, Braga Permai juga satu-satunya restoran di luar Belanda yang diizinkan menyuguhkan kue khas kerajaan, koningin Emma taart dan Wilhelmina taart.

Di Braga Permai kamu bisa menjajal masakan khas Eropa maupun Indonesia, serta kue dan es krim buatan sendiri yang tidak bisa kamu temui di tempat lain. Salah satu favoritnya adalah kue bolu yang resepnya masih sama seperti masa kolonial Belanda dulu.

Menambah kental nuansa tempo dulu, menu Braga Permai juga masih menggunakan bahasa Belanda. Sebut saja Steik (bistik), Onbitjkoek (kue khas Belanda dengan bahan kayu manis, pala dan cengkeh), Gevulde Speculaas dan masih banyak lagi.

 

Sumber Hidangan

foto: narendrakurnia.blogspot.com

foto: narendrakurnia.blogspot.com

Tidak jauh dari Braga Permai, ada satu bakery yang tak kalah legendaris. Rumah Makan Sumber Hidangan adalah bakery pertama di Bandung dan hingga saat ini masih menjual kue dengan resep yang sama. Wow!

Berada di Jl. Braga 20-22, bakery dan restoran ini sudah beroperasi sejak 1929 lalu. Suasana vintage khas tempo dulu juga masih bisa kamu temui di bakery yang dulunya bernama Het Snophuis ini. Di masa penjajahan Belanda dulu, Sumber Hidangan adalah tempat favorit para pejabat Belanda maupun warga Tionghoa dan pribumi kaya raya.

Roti memang menjadi hidangan andalan Sumber Hidangan. Kamu bisa memilih berbagai jenis roti lezat buatan sendiri yang berjejer rapi di etalase. Seperti Braga Permai, di sini pun menu berbahasa Belanda tetap dipertahankan. Contohnya suikerboll (roti gulung kayu manis dengan taburan tepung gula), kasstook (roti keju), krentenbol (roti kismis) dan melkbrood (roti susu).

 

Mau mencicipi langsung menu-menu lezat di Braga Permai dan Sumber Hidangan? Yuk cari hotel murah di Bandung!

 

(Visited 3,260 times, 1 visits today)

Comments

To Top