Kuliner

Nikmatnya Udang Selingkuh, Kuliner Khas Papua yang Bikin Nagih

Ada rencana main ke Papua? Well, jangan lupa berburu kuliner khasnya, udang selingkuh!

Well, sesuai dengan namanya, sajian yang satu ini dianggap hasil perselingkuhan antara udang dengan kepiting. Capit yang ada di tiap udangnya adalah ciri khas utama udang air tawar menjadi alasan penamannya.

Namun, jika ditilik lagi, udang yang satu ini berjenis crayfish atau udang karang. Dengan warna yang agak kebiruan, udang berbeda dengan udang air laut yang nggak memiliki capit seperti kepiting.

Meski warna aslinya biru, udang selingkuh bakal berubah warna menjadi jingga usai dicuci dan direbus. Mirip banget dengan kepiting atau jenis lobster yang hidup di lautan lepas.

Beken di kawasan Wamena, rasa dari udang selingkuh hampir sama dengan udang pada umumnya. Namun teksturnya lebih lembut dan punya sedikit rasa manis.

Penyajiannya bisa dengan direbus atau digoreng. Namun masyarakat Papua lebih gemar mengolahkan dengan cara dibakar, sehingga nggak memerlukan bumbu-bumbu lain, kecuali garam jika perlu.

Enak disajikan dengan nasi panas, udang selingkuh biasanya hadir di berbagai resto seafood di kota Wamena. Namun, kamu juga bisa dengan mudah memasaknya di rumah dengan membeli udang di pasar-pasar tradisional.

Lantaran ukuran udangnya luar biasa besar, harganya pun bersaing, lho. Satu porsi udang selingkuh dibanderol Rp 100-300 ribuan. Nikmat disajikan dengan sayur bunga pepaya atau kangkung, kamu bisa ajak keluarga mencicipi hidangan khas Papua yang satu ini.

Pengin berburu udang selingkuh di Papua? Sekalian liburan ke Jayapura! Yuk, pesan tiket pesawat dan hotel murah ke Jayapura lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah cari hotel murah

Foto Ilustrasi: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top