Kuliner

Nikmatnya Sate Maranggi, Kuliner Kaya Rempah Dari Jawa Barat

Kamu penggemar kuliner sate? Kalau iya, pasti sangat akrab dengan kuliner tradisional asal Indonesia, sate maranggi.

Yap, sajian nikmat yang satu ini memang jadi andalan kota-kota di Jawa Barat. Sebut saja Cianjur, Purwakarta hingga ke kawasan Subang yang berada di dataran tinggi.

Sate maranggi dikenal dengan cita rasa bumbu yang menggugah selera. Terdiri dari perpaduan rasa manis dan gurih, proses memasak sate maranggi pun berbeda dari sate pada umumnya.

Jika biasanya sate langsung dibakar setelah ditusuk dengan lidi, sate maranggi harus melewati sejumlah proses pengungkepan atau perendaman. Berbagai macam rempah, mulai dari jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, dengan sedikit cuka digunakan untuk menghasilkan aroma dan rasa yang kuat di setiap tusuk sate maranggi.

Menggunakan daging sapi atau kambing sebagai bahan utamanya, tekstur permukaannya pun terasa kenyal, seperti dendeng. Sate maranggi nikmat disajikan dengan potongan cabai rawit, ketan bakar dan bawang merah selagi hangat

Dari Cina ke Purwakarta

Sate maranggi memang berasal dari Provinsi Jawa Barat. Namun, ada berbagai versi cerita yang mengklaim bahwa seorang penjaja kuliner bernama Mak Ranggi sebagai penemu Sate Maranggi.

Dahulu kala, Mak Ranggi sering berjualan sate di kawasan Cianting, Purwakarta. Kelezatan sate Mak Ranggi pun dikenal luas, sehingga sebutan sate maranggi menyebar ke mana-mana.

Akan tetapi, beberapa menyebut sate maranggi adalah kuliner yang dibawa oleh pendatang dari negeri Cina. Bumbu rempah yang sama dengan dendeng sapi dan ayam dari Hongkong dan Cina menjadi alasannya.

Menariknya, sate maranggi nggak menggunakan daging sapi maupun kambing. Namun, para penjual, awalnya, menaruh daging babi sebagai bahan dasarnya. Seiring terjadinya asimilasi kebudayaan, di mana ada agama Islam masuk ke Indonesia, sate maranggi pun menyesuaikan diri.

Nah, jika kamu tertarik buat mencicipi sate maranggi, kedai Sate Maranggi Sari Asih di Cianjur bisa jadi destinasi terbaik kamu.

Mau berburu sate maranggi sambil liburan? Bisa banget! Agar liburan kamu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah! Yuk, dipesan untuk liburan kamu!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top