Kuliner

Nikmatnya Sajian Nasi Goreng Dari 6 Negara Ini

Travelers, kalau ditanya soal makanan khas Indonesia yang populer sampai mancanegara, pasti yang pertama kali muncul di benak kita adalah nasi goreng. Bener gak? Bahkan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga mengaku sangat suka dengan nasi goreng lho.

Tapi, tau gak travelers, sebenarnya nasi goreng bukan hanya punya Indonesia. Konon, hidangan nasi goreng tersebar ke berbagai penjuru Asia Tenggara karena dibawa oleh para perantau asal Tiongkok, yang kemudian menciptakan menu nasi goreng dengan racikan berbeda sesuai bumbu khas negara domisili masing-masing.

Kabarnya, nasi goreng diciptakan oleh perantau Tiongkok untuk mengolah nasi yang sudah berumur beberapa hari supaya gak terbuang. Hmm, siapa sangka ya ternyata nasi goreng bisa menjadi hidangan lezat khas yang populer hampir di seluruh dunia?

Walaupun dasarnya sama, tapi nasi goreng di setiap negara punya beberapa perbedaan. Supaya kamu bisa mencicipi berbagai nasi goreng saat liburan, cari tahu dulu yuk seperti apa sih tampilan nasi goreng di 6 negara berikut!

Indonesia

nasgorindonesia

Indonesia punya banyak banget variasi nasi goreng yang bisa disantap. Kamu bisa menemukan nasi goreng ayam, kambing, sapi, seafood, dan sebagainya. Tapi, secara umum, lauk yang jamak kamu temukan dalam hidangan nasi goreng khas Indonesia adalah telur dadar atau ceplok, tomat dan mentimun (acar), serta, yang gak boleh ketinggalan, kerupuk!

Malaysia

nasgormalay

Sebenarnya, tampilan dan isi nasi goreng khas Malaysia hampir gak ada bedanya dengan yang ada di Indonesia. Tapi, biasanya masyarakat Malaysia hampir selalu menyisipkan berbagai sayuran dalam hidangan nasi goreng mereka, seperti kacang panjang atau buncis.

Singapura

nasgorSG

Seperti negara-negara tetangganya, Indonesia dan Malaysia, nasi goreng di Singapura punya tampilan serupa. Hanya saja, nasi goreng ala Singapura lebih simpel dan gak pakai macam-macam garnish atau hiasan makanan, travelers. Selain itu, umumnya nasi goreng asal Singapura selalu memasukkan kacang polong untuk menambah rasa.

Thailand

nasgorthai

Nasi goreng juga termasuk kuliner populer di Thailand. Secara umum, gak terlalu banyak perbedaan dari nasi goreng Thailand dengan nasi goreng Indonesia dan Malaysia. Yang membuat beda terutama adalah beras yang digunakan masyarakat lokal sana. Di Thailand, beras yang biasa digunakan untuk memasak nasi goreng adalah jenis Jasmine yang terkenal sangat baik kualitasnya.

Tiongkok (Cina)

nasgorchina

Nasi goreng ala masyarakat Tiongkok pun tidak jauh berbeda dari yang dibuat masyarakat Thailand. Hanya saja, karena warga Cina lebih sering memasak nasi goreng untuk menghabiskan persediaan beras dan sayuran yang sudah agak lama, kualitas berasnya berbeda dari nasi goreng Thailand.

Turki

nasgorturki

Sebagai negara yang banyak dipengaruhi budaya Timur Tengah, tidak heran kalau nasi goreng khas Turki mengandung banyak rempah dalam bumbunya. Selain itu, daging yang lazim digunakan dalam masakan nasi goreng Turki adalah daging kambing atau sapi. Kamu juga akan menemukan irisan wortel, anggur kering hingga keju yang diharapkan bisa menambah citarasa nasi goreng.

Wah, pasti travelers jadi lapar setelah baca artikel ini kan? Kamu juga bisa bikin nasi goreng versi sendiri lho, karena proses pembuatannya terbilang cukup mudah. Males masak? Tunggu aja si abang penjual nasi goreng lewat depan rumah. Sedaaaapp!

(Visited 2,258 times, 2 visits today)

Comments

To Top