Kuliner

Nikmatnya Raclette, Lelehan Keju Panas yang Instagramable!

Baru-baru ini, raclette kembali booming di media sosial. Melihat penyajiannya aja, mampu bikin kita menelan ludah. Selain ukurannya besar, raclette juga terlihat begitu menggoda ketika disajikan dan sangat instagramable untuk difoto atau divideokan.

Keju mewah di musim dingin

raclette

http://www.ard.ch/

Buat yang belum tahu apa itu raclette, pegipegi pengin share soal makanan musim dingin yang satu ini. Raclette adalah keju yang berasal dari Swiss dan Perancis. Raclette terbuat dari susu sapi yang dipasteurisasi (proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh bakteri yang ada di dalam makanan.

raclette3

imgur.com

Bentuknya besar dan beratnya sekitar 6 kg. Sebelum disajikan, raclette biasanya dibelah menjadi dua terlebih dahulu, dipanaskan dengan api hingga agak meleleh, lalu dikeruk dan disajikan dengan bahan makanan lain, seperti kentang rebus, roti bakar, atau daging panggang. Raclette juga bisa dimakan dengan sayuran atau buah-buahan.

Untuk mengeruk keju, diperlukan pisau khusus, sehingga irisan keju menjadi sedikit lebih tebal daripada keju untuk sandwich. Kentang yang dipakai juga dari varietas tertentu, yaitu Charlotte, Bintje, atau kentang untuk raclette lainnya.

Penyajian raclette yang direkam, bisa kamu lihat di video berikut ini.

Cocok disantap dengan wine 

wine

www.raileurope.com

Di Swiss, kentang yang disajikan bersama raclette, direbus bersama kulitnya hingga lembut. Setelah kentang ditambahkan lelehan raclette, tidak lupa ditambahkan lada hitam atau paprika bubuk, kemudian dimakan dalam keadaan panas. Sebagai pendamping raclette, kamu bisa minum teh hangat, atau minuman hangat lainnya, salah satunya wine dengan jenis Savoy wine, Fendant, Riesling, atau Pinot Gris. Menurut tradisi sebagian orang Swiss, raclette tidak disarankan disantap dengan air putih karena akan membuat keju mengeras di dalam perut, sehingga menimbulkan gangguan pencernaan.

Viral di Jakarta lewat resto Willie Brothers

willie brothers

anakjajan.com

Kehadiran raclette makin viral di Jakarta, berkat resto Willie Brothers (jalan Pesanggrahan Raya No. 9, Meruya Utara, Jakarta Barat) yang menyajikan menu Raclette Steak yang menggoda selera. Sudah banyak food blogger ternama yang me-review menu yang satu ini, sehingga banyak yang penasaran dengan kelezatan Raclette Steak.

Saking ramainya resto Willie Brothers dan Raclette Steak-nya cepat habis, akhirnya mereka pun memutuskan untuk menjual Raclette Steak hanya di hari Sabtu dan Minggu. Dalam sehari, hanya dijual 100 porsi Raclette Steak! Wah, makin penasaran kan, seperti apa sih enaknya Raclette Steak di Willie Brothers?

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Buat kamu berada di luar Jakarta dan ada rencana ingin main ke Jakarta, sekalian aja cobain Raclette Steak di Willie Brothers. Tentu aja kamu wajib pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Jakarta lewat pegipegi.com. Jangan lupa sekalian pesan hotel murah di Jakarta juga, ya!

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

 

 

(Visited 1,317 times, 1 visits today)

Comments

To Top