Destinasi

Nikmati Wisata Hiking di Indonesia

Setelah sebelumnya kita membahas tempat-tempat surfing yang seru di Indonesia, kali ini, biar tambah seru, Pegipegi mau bahas soal lokasi hiking keren Nusantara.

Indonesia dianugerahi dengan alam yang indah dan lokasi hiking yang beragam. Mulai dari gunung, bukit, gua bahkan air terjun, tersedia di alam Indonesia. Beberapa dari tempat ini, sangat memukau pemandangannya dan selalu menarik perhatian wisatawan asing dan lokal.

Nah, ini dia beberapa tempat yang diklaim sebagai destinasi favorit hiking di Indonesia. Jaraknya pun beragam dan tak jarang ada yang sulit untuk ditempuh.

CURUG SAWER

curug-sawer

Air terjun masih menjadi lokasi wisata favorit di Indonesia, Curug Sawer adalah salah satunya. Terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Dulunya lokasi wisata ini hanya sebuah air terjun berukuran kecil yang memiliki ketinggian 20 meter. Bahkan lokasinya saat itu tidak menarik karena ditutupi oleh tumbuhan dan dikabarkan angker. Tetapi dengan segala perubahan yang dilakukan, kesan angker ini pun hilang dan disulap menjadi lokasi indah dan dipenuhi para wisatawan.  Memasuki wilayah ini, kamu bisa melalui Jalan Gadog Sisi yang mengarah ke Desa Sukajadi di Kecamatan Tamansari.

GUA SELOMANGLENG

selomangleng

 

Kota Kediri menyumbang destinasi hiking yang tidak kalah menarik. Berada di utara kota, Gua Selomangleng menjadi tujuan pariwisata populer. Aksesnya pun tidak terlalu sulit karena jalan raya yang mulus menuju lokasi wisata itu. Yang menarik dari gua ini adalah batu andesit hitam dengan ukuran besar. Besarnya batu itu membuatnya tampak mencolok dari kejauhan. Untuk mencapai gua ini, bisa menggunakan angkutan kota dan dekat dengan universitas serta SMA di Kota Kediri.

GUNUNG GEDE-PANGRANGO

Gunung Gede

Gunung Gede dan Gunung Pangrango adalah bagian dari Taman Nasional Gede Pangrango.  Ini adalah salah satu dari lima taman nasional pertama yang diumumkan oleh Indonesia pada 1980. Bagi para pendaki pemula, Gunung Gede-Pangrango adalah pilihan tepat untuk memulai hobi mendaki gunung. Kelebihan lainnya adalah kekayaan flora dari gunung ini. Hutan pegunungan dari gunung ini merupakan salah satu yang terkaya di Indonesia. Gerbang utama menuju gunung ini bisa melalui Cibodas dan Cipanas.

GUNUNG SEMERU

Semeru

Semua yang doyan hiking tentunya hapal dengan Gunung Semeru, Jawa Timur. Gunung api tertinggi di Pulau Jawa ini terkenal dengan puncaknya, Mahameru. 3.676 meter dari permukaan laut, kawah Gunung Semeru dikenal dengan Jonggring Saloko. Tidak hanya alam, mitos dan sejarah dari pendakinya turut menyertai kebesaran nama Gunung Semeru.  Satu yang perlu diingat, gas beracun atau yang biasa disebut wedhus gembel sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

RANU KUMBOLO

Ranu_Kumbolo

Terletak di Jawa Timur, Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang berada di pegunungan Tengger-Semeru. Ranu Kumbolo berada di 2.500 meter di atas permukaan laut. Keindahan dari Ranu Kumbolo selalu menjadi pembicaraan banyak orang, di samping kemistisannya. Satu yang menarik dari destinasi ini adalah keberadaan sebuah prasasti yang diperkirakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Ranu Kumbolo menjadi tempat istirahat bagi para pendaki untuk mencapai puncak Semeru.

GUNUNG BROMO

Mtbromo

Siapa yang tidak kenal Gunung Bromo? Para pecinta alam sangat memuja keindahan dari gunung ini. Berada di kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, banyak keindahan yang dalam dinikmati dari alam Bromo. Traveler bisa menikmati matahari terbit di lokasi bernama Pananjakan. Dibumbui dengan keramahan warga Suku Tengger, makin menambah pesona dari Gunung Bromo. Selain gunung yang megah, kawasan ini juga terdapat Gunung Batok dan lautan pasir disertai wisata menunggang kuda. Jangan lupakan serangkaian upacara Kasodo yang kerap dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

(Visited 1,125 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top