Destinasi

Nggak Perlu ke Jepang! Indonesia Punya 6 Tempat Buat Lihat Bunga Sakura

Saat musim semi tiba, Jepang menarik para wisatawan untuk berkunjung karena bunga sakura sedang mekar. Musim ini juga dikenal dengan tradisi hanami atau cherry blossom festival. Kalau kamu belum sempat ke sana, jangan khawatir. Di Indonesia juga ada 6 tempat buat lihat bunga sakura. Check these out!

1. KEBUN RAYA CIBODAS, BOGOR

A post shared by Robby Oktobaren (@roktobaren) on

Kebun Raya Cibodas memiliki tujuh jenis bunga sakura yang ditempatkan di Taman Sakura, dekat Air Terjun Cibogo. Taman Sakura yang memiliki luas 7.500 meter persegi ini mekar dua kali dalam setahun. Tinggal pilih, bisa datang antara bulan Januari-Februari atau Juli-Agustus.

Tapi perlu kamu tahu kalau bunga sakura di Kebun Raya Cibodas tidak bisa mekar sepenuhnya seperti di Jepang. Ini dikarenakan udara dan iklim yang tidak sama. Namun keindahan warna pink-nya tetap bisa kamu nikmati, sambil menghirup udara yang sejuk dan bersih.

2. WAINGAPU, SUMBA TIMUR

Foto: Marischka Prudence

Siapa sangka kalau di tanah Sumba yang dikenal dengan padang sabana yang luas juga punya bunga sakura. Bahkan, kamu bisa melihatnya di pinggir jalan hingga ke pedesaan yang ada di Waingapu. Bisa dibilang, bunga sakura menjadi tanaman liar yang tumbuh di sini. Kalau kamu mau melihat bunga sakura di Sumba, datang saja ke Waingapu sekitar bulan Oktober hingga November.

3. KARANGASEM, BALI

Ratusan bibit bunga sakura sudah ditanam sejak tahun 2012 di Karangasem, Bali dengan jenis Sakura Yoko. Jenis ini adalah bibit bunga sakura yang bisa tumbuh dan bertahan di beragam suhu. Selain itu, kamu juga bisa lihat bunga sakura yang tumbuh di Kebun Raya Eka Karya yang tumbuh sekitar bulan April dan September.

4. BATAM, KEPULAUAN RIAU

Di Batam, kamu bisa menikmati indahnya bunga sakura yang tumbuh sebagai ‘pemanis’ kawasan industri. Yap, bunga sakura di Batam memang berada di kawasan industri Batam Indo, tepatnya di halaman Masjid Nurul Islam. Masyarakat setempat menyebut pohon bunga sakura ini dengan nama tabebuya. Uniknya, di kompleks ini bunga sakura mekar cukup lama yakni selama tiga bulan. Kamu bisa melihatnya mulai bulan Maret hingga bulan Mei.

5. PUSPIPTEK, TANGERANG

Bunga sakura juga bisa kamu lihat di Tangerang, tepatnya di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek). Sama seperti di Kebun Raya Cibodas, bunga sakura di sini dapat mekar dua kali dalam setahun. Kamu bisa langsung melihat cantiknya bunga sakura di sebelah wisma tamu Puspiptek. Karena kecantikannya, nggak heran banyak masyarakat yang khusus datang ke Puspiptek untuk berfoto di depan bunga sakura ini. Kamu pengin juga?

6. KARANGANYAR, JAWA TENGAH

Foto: Pemprov Jawa Tengah

Baru-baru ini, Taman Wisata Sakura Gunung Lawu diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada bulan Januari 2018. Sekitar 60 pohon sakura ditanam di atas lahan seluas 1,2 hektar yang ada di Desa Gondosuli Cemoro Kandang, Karanganyar. Karena masih sangat baru, tentu bunga sakura masih belum dapat kamu lihat. Bersabar dulu ya, beberapa tahun lagi kamu bisa lihat indahnya bunga sakura di Taman Wisata Sakura Gunung Lawu.

Nah, jadi kamu nggak perlu jauh-jauh lagi ke Jepang kalau mau lihat bunga sakura. Yuk, liburan sambil lihat bunga sakura di tempat-tempat ini. Jangan lupa buat pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Pixabay

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top