User Review

Nggak cukup sehari di Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Jawa Barat menyimpan aneka potensi wisata menarik yang belum banyak diketahui masyarakat luas. Salah satunya adalah Pantai Ujung Genteng yang masih menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Sukabumi. Pantai ini mungkin masih kalah tenar dari Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu atau pantai-pantai lainnya di Jawa Barat. Padahal pemandangan di sini nggak kalah fantastis dan memanjakan mata lho, travelers.

Pantai Ujung Genteng

foto: www.kliknans.com

Rute menuju Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng Sukabumi cukup mudah didatangi, jalan menuju ke sana mulus-mulus dan kamu juga bisa mendatanginya dengan naik angkutan umum. Ada beberapa rute menuju Pantai Ujung Genteng yang bisa kamu pilih, travelers. Rute pertama adalah Jakarta-Ciawi-Cicurug-Cibadak-Pelabuhan Ratu- Cikembar-Jampang Kulon-Surade-Ujung Genteng dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam, itu kalo nggak terjadi kemacetan parah di sekitar Sukabumi.

Sementara rute kedua bisa kamu ambil kalo berangkat dari Bandung, yaitu Bandung-Cianjur-Sukabumi-Jampang Tengah-Jampang Kulon-Surade-Ujung Genteng. Jarak antara Bandung-Pantai Ujung Genteng adalah sekitar 230 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 – 4 jam perjalanan.

Aktivitas menarik di Pantai Ujung Genteng

Letih dan pegal selama perjalanan yang kamu rasakan dijamin bakal ilang setelah kamu menjejakkan kaki di pantai yang udah dikenal sejak masa kolonial. Angin sepoi-sepoi lembut dan pasirnya yang putih bersih bakal membuat kamu betah berlama-lama di pantai ini.

Pantai Ujung Genteng 2

foto: www.kaskus.co.id

Meski Pantai Ujung Genteng termasuk salah satu pantai selatannya Jawa Barat, tapi ombaknya nggak terlalu ganas berkat hamparan batu karang yang berdiri kokoh nggak jauh dari pantai. Jadi kamu bisa berenang atau bermain air sepuasnya, tapi kamu wajib waspada terhadap satwa laut semacam ubur-ubur atau bulu babi. Sengatan ubur-ubur dapat membuat kulitmu melepuh, sementara menginjak bulu babi dapat mengakibatkan berbagai macam trauma, dari yang ringan sampai yang berat, yaitu keracunan ataupun henti nafas.

Ada banyak nelayan yang berlayar menangkap lobster di sekitar pantai, dan kamu boleh lho ikut berlayar sama bapak-bapak nelayan kalo pengen tau gimana cara mereka menangkap lobster. Atau kalo kamu malas basah-basahan, bikin istana pasir sambil minum es kelapa muda di pantai juga asik kok, travelers.

Pilihan lainnya adalah menonton atraksi alami penyu bertelur di Pantai Pangumbahan yang letaknya nggak jauh dari Pantai Ujung Genteng dan sedikit tersembunyi dari keramaian. Penyu termasuk binatang pemalu dan ia akan menjauh kalo kamu berisik waktu hendak melihatnya bertelur.

Nggak cukup sehari di Pantai Ujung Genteng

Benar, travelers. Pelesirmu ke pantai ini akan terasa kurang kalo kamu langsung pulang di hari yang sama. Apalagi kalo rumahmu di Jakarta atau Bandung, bukannya terasa enteng yang ada malah capek di jalan. Jadi, mending kamu menginap semalam dulu sebelum pulang biar puas. Ada banyak penginapan di Pantai Ujung Genteng, tinggal pilih aja yang sesuai dengan bujetmu. Kalo mau murah kamu bisa juga menginap di rumah penduduk yang disewakan dengan harga sedikit lebih di bawah tarif hotel, bisa ditawar pula.

Trus ada satu lagi lho keuntungan menginap di rumah penduduk. Kamu bisa meminta pemilik rumah untuk memasak ikan laut segar yang kamu beli dari nelayan. Abis itu ajakin mereka makan bersama. Selain menambah pertemanan, kamu akan mendapatkan bonus dari kunjunganmu ke Pantai Ujung Genteng Sukabumi, yaitu merasakan suasana kebersamaan dan hangatnya sambutan warga setempat, sesuatu yang udah langka di kehidupan masyarakat perkotaan.

Keren juga ya Pantai Ujung Genteng ini, travelers. Berminat mengunjunginya akhir pekan ini? Cepetan siapin backpackmu sekarang dan hubungi Pegipegi buat informasi tentang tiket pesawat dan akomodasi yang kamu butuhkan!

(Visited 15,023 times, 16 visits today)

Comments

To Top