Tips

Negara-negara Ini Paling Aman Untuk Jalan-jalan

Hobi traveling tapi belum pernah jalan-jalan ke luar negeri? Belum lengkap rasanya nggak sih? Tapi, sebelum travelers melancong ke luar negeri, harus tahu dulu, nggak semua negara aman buat pelancong, lho, apalagi backpacker. Ada beberapa negara yang lebih aman dibandingkan negara lainnya, sehingga kalian bisa melancong ke sana tanpa rasa waswas akan jadi korban kejahatan. Negara mana aja ya?

Finlandia

Moskenes?y island village view, Lofoten, Norway

Kalau kamu pernah melihat foto sebuah taman kota Finlandia yang menunjukkan gambar danau yang tenang, angsa-angsa yang sedang berenang, sinar matahari yang menembus kabut , jangan mengira bahwa ini semua adalah trik Photoshop, travelers. Karena memang suasana Finlandia seperti ini setiap hari. Negara kelahiran ponsel Nokia dan Angry Birds ini terdiri dari sekitar 180 ribu danau dan 180 ribu pulau, menjadikannya sebuah negara yang asyik untuk dikunjungi. Belum lagi lautan hutan pinus dan fenomena alam yang hanya bisa kamu jumpai di Finlandia, yaitu matahari yang terbit di tengah malam. Hah, kok bisa? Tentu bisa, travelers. Fenomena ini bisa kamu jumpai di Provinsi Lapland yang terletak persis di lingkar kutub. Dan letak geografis ini menyebabkan matahari menyinari tempat ini 24 jam selama dua bulan setiap tahun!
Panorama menakjubkan dan suhu udara yang sejuk rupanya mempengaruhi karakter warga Finlandia, travelers. Mereka dikenal ramah terhadap turis dan kasus kejahatan jarang sekali terjadi, apalagi yang melibatkan warga atau turis asing. Meski biaya hidup sangat tinggi, namun pemerintah Finlandia menjamin kesejahteraan warga dengan menyediakan layanan kesehatan, tranportasi, pendidikan yang terjangkau, bahkan ada juga yang gratis.

Austria

austria

Osterreich adalah sebutan untuk Austria dalam bahasa Jerman, yang artinya Kerajaan Timur. Nama ini diberikan karena negara ini berlokasi di ujung timur kawasan Kekaisaran Romawi kuno, terkurung oleh daratan di Eropa Tengah. Negara ini memiliki 4 musim, dengan suhu terendah mencapai -20 derajat Celcius di musim dingin. Brrrr … Semua kota di Austria ada di dataran rendah, kecuali Inssbruck yang terletak di Pegunungan Alpen dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan air laut. Karena negara ini udah berdiri sejak zaman Romawi, ini membuat bangunan kuno dengan arsitektur yang menunjukkan kejayaan masa lalu banyak ditemukan di Austria. Belum lagi panorama alam pegunungan bersalju dan hutan pinus yang lebat. Nggak usah heran jika mendadak suasana hati kalian menjadi sendu dan romantis saat menjelajahi negara yang hanya memiliki 53 kasus kriminal di tahun 2013.

Masyarakat Austria berpandangan sekuler dan umumnya bisa menerima kehadiran warga asing dengan tangan terbuka. Setiap kota di Austria memiliki kantor barang hilang (Fundant) yang tugasnya adalah bekerja sama dengan kepolisian untuk mencatat dan menemukan barang yang telah dilaporkan hilang oleh pemiliknya. Austria juga menempati peringkat ke-12 dalam daftar negara terkaya di dunia, travelers. Kepastian hukum dan kestabilan ekonomi membuat warga Austria tak punya alasan untuk mudah melakukan tindak kejahatan, apalagi terhadap turis asing.

Selandia Baru

selandia baru

Dilihat dari letak geografisnya, Selandia Baru bisa dibilang terpencil karena berlokasi di 1500 kilometer sebelah tenggara Australia dan 1000 kilometer di selatan Kepulauan Pasifik. Akan tetapi berkat keterpencilannya itulah Selandia Baru akhirnya memiliki keanekaragaman hayati dan topografi alam yang berbeda dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia. Hutan yang lebat mendominasi wilayah daratan Selandia Baru, dan ada juga aneka satwa endemik seperti burung Kiwi dan beberapa spesies burung yang nggak bisa kamu temukan di tempat lain. Selain itu, keterpencilan juga membuat masyarakat penjelajah dari Eropa yang mendiami Kepulauan Selandia Baru bersama suku asli Maori memiliki sikap hidup kreatif, dan sikap ini pun diwariskan hingga ke generasi berikutnya. Pagar listrik, pompa bensin elektronik dan olahraga bungy jump adalah beberapa hasil karya orang Kiwi, sebutan untuk warga Selandia Baru.

Krisis finansial global tahun 2009 memang berdampak besar untuk Selandia Baru dan membuat negara ini mengalami resesi serta bertambahnya jumlah pengangguran. Tapi krisis tak berdampak besar buat karakter asli orang Kiwi yang ramah dan tenang. Sempatkan diri kalian mengunjungi bar atau kafe waktu mengunjungi Selandia Baru, travelers. Lalu cobalah mengobrol dengan warga setempat atau belajar bahasa Kiwi. Orang Kiwi sangat menyukai persahabatan, dan kalian bisa saja menjalin persahabatan seumur hidup dengan mereka.

Swiss

swiss

Swiss dikenal sebagai negara netral dan hal ini membuat negara ini menjadi lokasi sejumlah organisasi dunia seperti PBB, ILO, UNHCR dan Palang Merah Internasional. Swiss merupakan negara yang tak pernah diserang ataupun terlibat peperangan dengan negara manapun. Dan kestabilan politik rupanya ikut mempengaruhi stabilitas ekonomi di negara ini. Swiss merupakan salah satu negara termakmur di dunia menurut indeks pendapatan per kapita tahun 2011, berkat kemampuannya memproduksi aneka barang berkualitas, termasuk jam tangan.

Sebagian besar wilayah Swiss adalah bentangan Pegunungan Alpen, yang sekaligus menjadi daya tarik wisata utama negara ini. Kita yang tinggal di daerah tropis nggak pernah melihat salju atau merasakan asyiknya main ski. Jadi nggak heran kalo Swiss sudah menjadi tempat tujuan wisata buat orang-orang Indonesia, termasuk para backpacker. Angka pembunuhan di Swiss hanya satu per satu juta penduduk. Sedangkan kejahatan paling serius di Swiss paling-paling ‘cuma’ pencopetan di stasiun, taman, atau tempat umum lainnya.

Nah, sudah tahu kan negara-negara mana aja yang aman buat traveling? Yuk, rajin-rajin nabung biar bisa jalan-jalan kesana!

(Visited 1,194 times, 1 visits today)

Comments

To Top