Kuliner

Sepincuk Nasi Krawu khas Gresik, bikin moodmu jauh lebih baik!

Nasi KRawu Gresik

Yang hobi kulineran, pasti pernah mencicipi Nasi Krawu Gresik. Makan sekali saja bikin ketagihan ya karena rasanya lezat banget. Tapi buat kamu yang masih asing dengan menu yang satu ini juga nggak apa-apa kok. Indonesia emang kaya dengan berbagai macam olahan tradisional yang cocok untuk semua lidah dan dipastikan perlu waktu untuk bisa merasakan semuanya. Nah kalau kamu penasaran dan pengin kenalan dengan Nasi Krawu Gresik, yuk jalan-jalan ke sana untuk mencoba dan merasakan kenikmatannya.

Nasi KRawu Gresik

foto: tips-cara.info

Asal nama Nasi Krawu Gresik

Sebenarnya masih ada perdebatan kenapa makanan ini disebut dengan nasi krawu. Versi pertama mengatakan kalau krawu ini adalah salah satu nama dari serundeng atau olahan dengan bahan dasar parutan kelapa dengan tambahan kluwek. Sedang versi lain mengatakan kalau krawu ini berasal dari kebiasaan si penjual yang mengambil nasi dengan di-krawu atau diambil langsung dengan tangan tanpa menggunakan centong atau sendok. Nggak peduli asal namanya dari mana, tapi buat para penikmat kuliner Nasi Krawu Gresik ini bener-bener enak rasanya.

 

Apa saja sih isian Nasi Krawu Gresik?

Nasi Krawu itu adalah sajian dalam wadah daun pisang, ada nasi yang rasanya pulen banget, serta lauk yang bermacam-macam, mulai dari semur daging, sayatan daging sapi, babat, sambal terasi, mangut, jeroan sapi dan satu lagi wajib ada serundengnya. Sambal terasinya termasuk isian yang wajib ada dan punya aroma khas yang bisa menambah kelezatan. Rasanya tak ada duanya dan banyak orang yang langsung suka dengan nasi krawu. Buktinya, sepincuk nasi krawu langsung tandas habis tak bersisa sama sekali.

 

Di Gresik, Nasi Krawu ada dimana-mana

Kalau lagi bepergian di Gresik, kamu bisa dengan menemukan warung dan kedai-kedai yang menjual nasi krawu. Saking banyaknya, di sana ada warung yang baru jualan, sudah mapan, warung langganan orang Gresik, atau yang sudah punya cabang dimana-mana. Tapi, kamu nggak harus pergi ke Gresik kok kalau lagi kangen pengin makan nasi krawu karena kini banyak restoran Jawa Timur-an di berbagai daerah yang menyediakan menu tradisional ini.

 

Kenapa Nasi Krawu Gresik maknyus banget

Alasan kenapa nasi krawu ini legit banget ya karena daging dan babat dibuat bacem dengan berbagai macam rempah dan santan hingga menghasilkan olahan berwarna coklat dengan tekstur begitu empuk. Bumbu nusantara yang dicampurkan saat mengolah daging ini pun berhasil meresap sempurna sehingga mudah sekali disuwir-suwir. Nggak usah tanya lagi deh rasanya karena dalam satu gigitan kamu bisa menemukan rasa legit, gurih, dan kelezatan yang sempurna. Nggak heran banyak orang yang ketagihan dan pengin nambah lagi setelah menyantap satu pincuk Nasi Krawu Gresik.

 

Nasi Krawu khas Gresik

foto: kuliner.panduanwisata.id

Picture taken from www.kuliner.panduanwisata.id

 

Ada serundeng dalam Nasi Krawu Gresik

Namanya bukan Nasi Krawu Gresik kalau serundengnya nggak ada. Bener banget lho karena inilah salah satu ciri yang wajib ada dalam makanan tradisioal khas Gresik. Serundeng sendiri adalah parutan kelapa yang diberi berbagai bumbu lalu digoreng hingga warnanya berubah warna. Rasanya juga khas banget. Jenis serundeng yang ditambahkan dalam menu ini sendiri ada 2, yaitu yang berwarna oranye dan kecokelatan. Biarpun beda tapi rasanya tetap unik.

Nasi Krawu Gresik disajikan dengan daun pisang

Kalau menu tradisional lain biasa disajikan dalam mangkok atau piring, beda banget dengan Nasi Krawu Gresik karena menu ini menggunakan daun pisang yang dibuat pincuk sehingga terlihat tradisional banget. Kata orang jaman dulu, makanan yang panas-panas jika disajikan dengan daun pisang, rasa dan aromanya makin menggugah selera. Itu sudah terbukti lho. Kalau kamu nggak percaya, coba saja mencicipi satu pincuk dulu, dijamin deh… yang sebelumnya badmood ataupun bete, akan membaik! Terkesan lebay sih, tapi memang kuliner bisa bikin moodmu jauh lebih baik kan? 😉

(Visited 554 times, 1 visits today)

Comments

To Top