Kuliner

Nasi Kebuli, Kuliner Sarat Sejarah Bagi Masyarakat Betawi

Bagi masyarakat Betawi, nasi kebuli adalah kuliner tradisional yang melegenda. Apapun acaranya, baik pernikahan maupun perayaan keagamaan, nasi kebuli selalu menjadi menu yang wajib.

Disajikan hangat, nasi kebuli menciptakan cita rasa sensasional di lidah. Gurih dan pedas bercampur pas di lidah lengkap dengan kenyalnya daging kambing sebagai topping utamanya.

Dimasak dengan minyak samin, nasi kebuli hadir dengan aroma rempah yang luar biasa harumnya. Maklum, kuliner ini ditanak dengan belasan rempah utama seperti kayu manis, biji cengkih, biji pala, bunga pekak, kapulaga, serai, daun jeruk, daun salam, santan, bawang putih, hingga bawang merah serta nggak ketinggalan susu dan kaldu kambing.

Jadi nggak heran, dengan tekstur berminyak, nasi kebuli sangat dicintai para penggemar kuliner khas Betawi dengan cita rasa timur tengah. Berbagai kedai nasi kebuli pun menjamur di Jakarta, salah satunya Nasi Kebuli Kebon Nanas yang sangat terkenal.

Sarana Penyebaran Agama

Nasi kebuli sangat memiliki kemiripan dengan nasi mandhi khas Timur Tengah. Ini dapat dilihat dari tampilan serta rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kedua jenis kuliner tersebut.

Adalah para pemuka agama Islam dari Hadramaut, Yaman yang punya andil besar terhadap terciptanya nasi kebuli. Saat menyebarkan agama Islam di India, mereka coba menyambungkan cita rasa kedua negara dengan panganan nasi rempah yang gurih.

Sukses di India, para ulama langsung melebarkan sayap ke Asia Tenggara di mana Indonesia disinggahi pertama kali. Kebetulan, Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi tanah yang mereka tapak, sehingga masyarakat Betawi sangat menyambut kedatangan mereka.

Sambil menyiarkan agama, mereka mengajak warga Betawi untuk berkumpul dan makan bareng sajian nasi Timur Tengah tersebut. Sama seperti di India, mereka pun coba menyamakan lidah dengan mengombinasikan remah Timur Tengah dengan Indonesia.

Sejak itulah, nasi kebuli selalu menjadi hal utama kalau berbicara makanan khas untuk acara seperti Maulid Nabi hingga Isra Mira’j di komunitas Betawi. Tertarik untuk mencoba?

Mau berburu nasi kebuli sambil liburan? Bisa banget! Agar liburan kamu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah! Yuk, dipesan untuk liburan kamu!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top