Kuliner

Nasi Jamblang, kuliner lezat penuh kesederhanaan

nasi jamblang

Nasi Jamblang, dinamakan Nasi Jamblang karena kuliner khas Cirebon ini pertama kali ‘ditemukan’ oleh warga Desa Jamblang, sebuah desa di sebelah barat Cirebon, Jawa Barat. Memangnya apa sih yang istimewa dari Nasi Jamblang ini?

nasi jamblang cirebon

wificorner.id

Sejarah mengharukan Nasi Jamblang

Siapa sangka kalau ternyata kuliner sederhana yang nikmat ini juga disukai oleh presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Kuliner ini juga ternyata menyimpan cerita yang mengharukan, travelers. Cerita itu dimulai di masa pendudukan Belanda, di saat ribuan warga pribumi dikerahkan untuk membangun jalan raya Anyer – Panarukan yang melintasi wilayah Cirebon.

Saat itu, Nasi Jamblang disediakan sebagai konsumsi para pekerja, nyaris tanpa lauk seperti Nasi Jamblang yang dijual di warung-warung saat ini. Nasi yang sudah matang dibungkus dengan daun jati agar lebih awet, lebih pulen dan mengandung cita rasa khas sehingga tetap nikmat meski nggak ada lauk di dalamnya. Daun jati dipilih karena ada pori-pori kecil pada daun jati yang dapat mencegah nasi menjadi cepat basi.

Lantaran bekerja terus menerus, kurang istirahat dan makanannya yang kurang bergizi, banyak pekerja asal Cirebon yang tewas. Oleh karena itu, Nasi Jamblang dilestarikan agar orang selalu mengingat kisah tragis dan pengorbanan para pekerja saat membangun jalan Anyer – Panarukan, yang saat ini cukup berjasa sebagai penghubung antara Cirebon dengan kota-kota di sekitarnya.

nasi jamblang

culturenesia.com

Rupa-rupa lauk Nasi Jamblang

Berbeda dengan kuliner lainnya, Nasi Jamblang disuguhkan dalam kondisi dingin. Lauknya bisa pilih mau tempe, perkedel, sate, kentang, ikan asin goreng, sayur tahu atau sambal. Sambal Nasi Jamblang ini unik karena rasanya nggak pedas. Beberapa kedai menambahkan lauk tambahan seperti pepes ikan tongkol, cumi saus hitam dan otak sapi goreng. Semuanya akan terasa nikmat saat disantap di tengah hari yang panas terik, dengan ditemani segelas es teh.

Kedai Nasi Jamblang di Cirebon yang paling laris saat ini adalah Nasi Jamblang Ibu Nur yang berlokasi di Jalan Cangkring III no. 34 Cirebon, nggak jauh dari Grage Mall. Menurut seorang rekan Pegipegi, Nasi Jamblang Ibu Nur cukup populer dan disukai karena rasanya yang enak, dibuktikan dengan jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya. Lain lagi dengan Nasi Jamblang Mang Dul yang ada di Jalan Cipto Mangunkusumo no. 4 Cirebon. Konon, inilah kedai Nasi Jamblang favorit Bapak SBY dan beliau sering memesan Nasi Jamblang dari warung ini untuk dikirim ke Cikeas (rumah Pak SBY).

Nasi Jamblang juga cocok sebagai pengganjal perut kalau kamu lagi travelling ke Cirebon atau sekitarnya. Harga Nasi Jamblang sangat murah yaitu Rp 2.000 ( tanpa lauk). Karena harganya yang sangat terjangkau inilah yang membuat Nasi Jamblang menjadi santapan para pekerja di Pelabuhan dan Jalan Pekalipan, dua wilayah tersibuk di Kota Cirebon saat ini. Makan Nasi Jamblang di warung-warung kecil bersama mereka adalah suatu pengalaman tersendiri yang akan membantumu membaur bersama masyarakat sekitar.

Mau tahu nikmatnya rasa Nasi Jamblang sekaligus travelling ke Cirebon? Yuk pesan tiket pesawat atau memesan kamar hotel murah tapi nyaman di Cirebon dan sekitarnya hanya di Pegipegi.com.

 

(Visited 756 times, 2 visits today)

Comments

To Top