Kuliner

Nasi Brongkos, Santapan asal Demak yang Jadi Favorit Sultan di Yogyakarta

Kalau berkunjung ke Yogyakarta, belum lengkap rasanya kalau belum menikmati kuliner sedap yang harganya ramah kantung. Selain gudeg, mangut lele dan bakmi jowo, ada nasi brongkos, nih. Sst, meski populer di Yogyakarta, konon nasi brongkos berasal dari Demak, lho!

Bayangkan lezatnya potongan daging sapi empuk disiram kuah berwarna gelap kehitaman yang kaya rempah. Makin nikmat dinikmati dengan sepiring nasi hangat, bisa disajikan terpisah di mangkuk atau disiram langsung di atas nasi. Buat variasi, kamu pun bisa menyantap nasi brongkos dengan tempe dan tahu bacem serta kerupuk sebagai pendampingnya.

Menurut kabar yang beredar, pada zaman dahulu nasi brongkos hanya dapat dinikmati oleh kaum ningrat karena menggunakan sapi sebagai bahan bakunya. Nggak heran, nasi brongkos menjadi salah satu menu andalan yang disukai oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Kalau dilihat sekilas, penampakannya mirip dengan rawon. Namun, keduanya nggak sama, lho! Baik brongkos dan rawon sama-sama menggunakan kluwek sebagai bumbu masaknya. Namun, terdapat perbedaan dari varian isinya dan kuahnya.

Rawon pada umumnya disajikan bersama tauge dan potongan daging sapi, sedangkan brongkos berisikan kacang tolo, kulit melinjo, tahu, telur serta potongan daging dan lemak.

Selain itu kuah brongkos juga memiliki tekstur yang lebih kental dan warna yang lebih hitam pucat karena dimasak dengan menggunakan santan. Rasanya cenderung manis dan gurih, serta memiliki sedikit rasa pedas.

Buat kamu yang penasaran dengan cita rasa brongkos, satu rekomendasi kedai legendarisnya adalah Warung Brongkos Handayani di dekat Alun-Alun Kidul, tepatnya di Jalan Gading No.2, Patehan, Kraton, Yogyakarta.

Warung makan yang telah berdiri sejak tahun 1975 ini, menawarkan menu spesialisasi nasi brongkos yang siap menggoyang lidahmu dengan harga Rp25 ribuan* saja.

Jangan lupa untuk memesan segelas es jadulnya yang berisi tape, kelapa muda, lalu disiram dengan kuah santan dan sirup, sebagai penyegar setelah menikmati seporsi nasi brongkos.

Pengin main ke Yogyakarta? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top