Kuliner

Nasi Ayam Semarang, Enak dan Mirip Nasi Liwet Solo!

Kalau liburan ke Semarang, jangan sampai kamu melewatkan kuliner nasi ayam semarang yang lezat. Sekilas, penampilannya mirip dengan nasi liwet solo, namun keduanya nggak sama persis, lho. Kalau soal nasi, memang sama-sama dimasak gurih menggunakan santan, daun salam, dan sereh.

Baik nasi ayam semarang dan nasi liwet solo sama-sama menggunakan sayur labu siam. Nasi ayam semarang memiliki sayur labu yang dimasak dengan santan dan cabe. Rasanya lebih mild, warnanya lebih pucat, dan lebih berkuah. Sedangkan nasi liwet solo, labu siamnya juga dimasak dengan santan dan cabe, namun rasanya lebih pedas, sedikit manis, berwarna lebih gelap, dan kuah santannya sedikit.

Ayam opor di nasi ayam semarang putih, kering, dan nggak berkuah. Sementara di nasi liwet solo, ayam opornya dibuat kuning, kuah tidak pekat, dan kuahnya banyak. Disiram pada nasi setelah sayur labu siam ditaruh.

Untuk areh pada nasi ayam semarang dibuat dari santan kental putih yang menggumpal, bentuknya seperti awan-awan kecil. Kalau di nasi liwet solo, arehnya berwarna kuning, diambil dari kuah opor bagian atas yang kental.

Telur pada nasi ayam semarang dimasak bersama ayam opor dan warnanya putih, soalnya opornya juga putih. Sedangkan telur pada nasi liwet solo juga dimasak bersama ayam opor dan hasilnya kuning, soalnya opornya juga kuning.

Keduanya juga memiliki makanan pendamping yang akan melengkapi cita rasa. Untuk nasi ayam semarang, makanan pendamping yang disediakan adalah telur dadar kukus, ampela ati dimasak opor, sate usus opor, dan uritan opor. Kalau di nasi liwet solo, ada tahu bacem kuning, sate usus opor kuning, dan sate ampela ati kuning.

Gimana travelers? Jadi pengin cobain nasi ayam semarang langsung di kotanya? Yuk, rencanakan liburan kamu ke Semarang dengan pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang Pegipegi, ya! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Semarang, ya!

pesan tiket pesawat murah ke semarang  pesan tiket kereta api murah ke semarang  cari hotel murah lain di semarang

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top