Destinasi

Museum Zoologi Bogor menyimpan rahasia teluk Jakarta tempo dulu

Museum Zoologi Bogor

Travelers, pernahkah kamu berkunjung ke museum? Kalau kamu sering berkunjung ke museum, pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan Museum Zoologi yang terletak di Bogor ‘kan? Tapi, sepertinya masih banyak diantara travelers yang belum berkunjung ke museum satu ini. Oleh karena itu, kali ini pegipegi akan menjelaskan sedikit tentang Museum Zoologi.

Museum Zoologi Bogor

nelsonism.wordpress.com

Museum Zoologi yang dibangun pada tahun 1894 ini berlokasi di Jalan Ir H. Juanda dan masih satu area dengan Kebun Raya Bogor, travelers. Luas bangunannya yang mencapai 1000 meter ini menyimpan tiga juta species yang terdiri dari 20 ribu jenis fauna mulai dari mamalia, burung, reptil, amfibi, ikan, serangga dan lain-lain. Yuk, kita intip beberapa koleksi Museum Zoologi ini.

Fosil Paus Biru

Ini dia, yang menjadi ikon di Museum Zoologi Bogor, yaitu fosil paus biru atau yang nama latinnya Balaenoptera Musculus. Ia termasuk mamalia terbesar di dunia, travelers. Memang yang ditampilkan di Museum Zoologi Bogor ini hanya tinggal kerangka, tapi dari situ kamu bisa membayangkan, seberapa besar hewan yang satu ini.

Menurut informasi, paus biru andalan Museum Zoologi Bogor ini ditemukan mati terdampar di Pameungpeuk, Garut, pada tahun 1916. Tak kurang dari 44 hari dibutuhkan untuk membawa tubuh sepanjang 27 meter dan berat 116 ton ke Bogor. Kini, paus biru hanya menyisakan tulang belulang seberat 64 ton dan menjadi daya tarik utama Museum Zoologi Bogor. Maka, nggak heran banyak travelers yang menyempatkan diri berfoto dengan latar belakang mamalia yang satu ini.

Badak Tasik

Badak juga termasuk salah satu hewan kebanggaan Indonesia yang sudah tak banyak tersisa di negeri tercinta. Pemilik nama latin Rhinoceros Sondaicus ini dibawa ke Museum Zoologi Bogor sejak 1934. Awalnya, badak ini hidup di wilayah Priangan, tapi karena kawannya tewas dibunuh tangan tak bertanggung jawab pada 1914, badak ini akhirnya dipindahkan demi terhindar dari para pemburu gelap.

Ikan-ikan berukuran besar dari Teluk Jakarta

Di zaman dahulu, teluk Jakarta ternyata menyimpan kekayaan laut yang melimpah. Nah, dengan berkunjung ke Museum Zoologi Bogor ini, kamu bisa mengenal kekayaan laut Jakarta di masa lampau. Di sini kamu bisa lihat ikan Jangilus (Tetrapturus Brevirostris) yang berukuran seperti orang dewasa, ditambah dengan moncongnya yang panjang. Benar-benar menakjubkan.

ikan jangilus

www.disgeovery.com

Ikan Jangilus ini ditemukan di pasar ikan Jakarta pada 1933 sebelum akhirnya ikut menjadi bagian koleksi Museum Zoologi Bogor. Selain itu, Museum Zoologi Bogor juga memiliki koleksi ikan gergaji yang masih termasuk ke dalam keluarga ikan pari sepanjang lebih dari lima meter yang ditangkap pada 1924.

Selain berbagai hewan raksasa di atas, kamu juga bisa melihat koleksi lainnya di Museum Zoologi Bogor, travelers. Di ruangan burung misalnya, kamu masih bisa melihat burung cendrawasih dengan ekor mengembang yang menjadi ciri khasnya tersimpan dalam etalase kaca yang dihias sesuai dengan habitat aslinya.

Harga tiket dan jam buka Museum Zoologi Bogor

Lokasi Museum Zooligi Bogor yang strategis membuat kamu nggak akan kesulitan menjangkau museum ini dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum, travelers. Jika kamu memilih menggunakan transportasi umum, menaiki kereta api ke stasiun Bogor merupakan akses paling mudah untuk ke Museum Zoologi Bogor. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot 02 dan turun di depan Museum Zoologi Bogor.

Sama dengan museum-museum lain yang tergolong murah, harga tiket masuk di Museum Zoologi ini hanya sebesar Rp 1.500 per orang. Dengan tiket itu kamu sudah bisa menikmati berbagai koleksi unik di Museum Zoologi Bogor. Namun, jika travelers mau mengunjungi Museum Zoologi dan Kebun Raya Bogor secara langsung, maka harga tiket yang diberlakukan adalah sebesar Rp 15.000. Jika travelers ingin berkunjung, jam buka Museum Zoologi ini di weekdays ialah dari pukul 07.30 – 16.00 wib. Dan khusus weekend jam bukanya ialah dari pukul 08.00 – 17.00 wib.

(Visited 444 times, 1 visits today)

Comments

To Top