Destinasi

Museum Santet Surabaya, apakah seseram namanya?

museum santet surabaya

Museum Santet? Hiiii.. Mendengarnya saja sudah bikin merinding ya, traveler. Kalau kamu nggak punya nyali besar, jangan coba-coba datang ke sini, apalagi sendiri! Berlibur ke tempat-tempat dengan pemandangan alam yang indah atau bangunan-bangunan megah memang mengasyikan, tapi pernah nggak terpikirkan untuk mengunjungi tempat yang agak menyeramkan. Buat kamu yang ingin coba-coba mungkin bisa mengunjungi Museum Santet Surabaya.

 

Koleksi Museum Santet Surabaya

Museum Santet Surabaya sebenarnya adalah bernama Museum Kesehatan, traveler. Makanya, di sini kamu akan menemukan alat-alat kesehatan sejak zaman Hindia Belanda sampai sekarang. Nggak heran, banyak sekali peralatan yang sudah tua, bahkan berbau klenik! Dilihat dari luar, bangunanini memang terlihat sudah tua. Kesan angker pun sangat terasa saat kamu memasuki Musem Santen Surabaya ini.

 

museum santet

foto: ayorek.org

 

Museum Santet Surabaya sendiri terdiri dari dua gedung, pertama adalah gedung yang menyimpan alat-alat kesehatan modern yang biasa kita temukan sekarang ini. Baru di gedung kedua ini, yang berisi peralatan dan sarana pengobatan tradisional, termasuk alat-alat santet. Nggak heran, di dalam Museum Santet Surabaya dipamerkan benda yang kerap digunakan untuk urusan mistik. Seperti tanah kuburan atau tali pocong misalnya, yang dipercaya bisa membawa sial bagi siapa saja yang berusaha membawanya pulang.

 

Benda-benda ‘ajaib’ yang biasanya ditemukan dalam tubuh orang yang diyakini menjadi korban santet pun bisa kamu temukan di Museum Santet Surabaya. Umumnya, mereka yang merasa ‘diguna-diguna’ oleh orang lain terdapat paku, jarum atau rambut yang ikut dipamerkan di museum yang didirikan pada 1990 lalu. Dari sederet koleksi horor di Museum Santet Surabaya, ada dua macam benda yang paling menyita perhatian – sekaligus bikin merinding buat siapa saja yang melihatnya. Museum Santet Surabaya ini memiliki patung jelangkung dan ninik towok, traveler.

 

museum santet surabaya

foto: revolutiongeneration-aero.blogspot.com

 

Selama ini, jelangkung dikenal sebagai permainan mistik yang diyakini masyarakat tempo dulu bisa mendiagnosa penyakit, sementara nini towok dipercaya bisa menjaga keselamatan.

 

Tak hanya jelangkung dan nini towok, Museum Santet Surabaya juga punya sederet buku petunjuk pengobatat tradisional dan cara-cara melakukan santet yang tersimpan rapi di sebuah rak.

 

Pada bagian lain di Museum Santet Surabaya juga terpampang deretan album foto memperlihatkan dengan jelas bagaimana ritual penyantetan berlangsung. Nggak cuma benda-benda supranatural, Museum Santet Surabaya juga mengoleksi benda unik seperti sex toys untuk pria dan wanita.

 

Sejumlah foto-foto dokter yang bertugas di zaman Hindia Belanda juga ikut meramaikan koleksi Museum Santet Surabaya. Jangan membayangkan dokter berwajah tampan atau cantik, karena foto-foto ini justru menunjukkan wajah yang dingin dan agak menyeramkan.

 

Selain menyimpan aneka peralatan pengobatan tradisional dan modern, di Museum Santet Surabaya juga terdapat sebuah ruangan yang terkunci rapat dan nggak sembarang orang bisa masuk. Konon, ada banyak ‘makhluk lain’ tempat tersebut, traveler.

 

Harga tiket masuk Museum Santet Surabaya

Penasaran dengan Museum Santet Surabaya? Kamu bisa datang ke Jalan Indrapura No.17, Kemayoran, Krembangan, Surabaya atau kurang lebih satu kilometer arah utara Tugu Pahlawan.

 

Hanya dengan kocek Rp 1.500, kamu bisa uji nyali di Museum Santet Surabaya, traveler. Museum ini buka setiap Senin sampai Jumat pada pukul 08:00 sampai 15:00, sementara pada hari Minggu buka pukul 09:00 hingga pukul 15:00.

 

Kalau kamu nggak punya nyali, jangan coba-coba jangan sendiri ya, traveler. Karena tidak ada pemandu yang akan menemani kamu melihat koleksi di Museum Santet Surabaya.

(Visited 353 times, 1 visits today)

Comments

To Top