Destinasi

Museum Lubang Buaya, Tempat Pemberontakan PKI

Lewat pelajaran Sejarah di bangku sekolah, kita pernah diajari mengenai gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 30 September 1965 (G30-SPKI). Untuk mengenang kembali peristiwa tersebut, Museum Lubang Buaya yang juga dikenal sebagai Museum Pancasila Sakti pun didirikan, tepatnya di jalan Raya Pondok Gede, Jakarta Timur.

Cukup banyak berita yang menyatakan bahwa kebenaran di balik Museum Lubang Buaya masih simpang-siur. Namun, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Museum Lubang Buaya untuk mempelajari sejarah Indonesia.

Museum pembantaian para jenderal

Sudah tahu kan kalau di depan Museum Lubang Buaya ada patung tujuh pahlawan revolusi? Nah, pahlawan tersebut adalah para jenderal yang menjadi korban penyiksaan keji PKI. Ketujuh jenderal tersebut adalah Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Siswandono Parman, Jenderal Suprapto, Jenderal Sutoyo Siswomiharjo, Jenderal MT Haryono, Jenderal Donald Ifak Panjaitan, dan Kapten Pierre Andreas Tendean. Saat ini, ketujuh jenazah almarhum sudah dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan di Kalibata, Jakarta Selatan.

Di bawah kaki Monumen Pancasila Sakit dengan tujuh pahlawan revolusi tersebut terdapat diorama yang menggambarkan kejadian pada 30 September 1965 dan ada pesan ‘Waspada…. dan mawas diri agar peristiwa sematjam ini tidak terulang lagi’.

Suasananya mengerikan dan sadis

Bagian yang mencolok di sana adalah Sumur Lubang Buaya yang memiliki cahaya merah menyala. Sumur tersebut dimanfaatkan untuk membuang jenazah yang sudah disiksa dan dibunuh. Selain itu ada juga rumah-rumah yang menjadi tempat para pemberontak menyiapkan gerakannya dan dipamerkan dalam kondisi yang serupa pada tahun 1965.

Kebanyakan yang pernah datang ke sana adalah siswa SD atau SMP pada zaman orde baru (orba). Tentunya suasana museum seperti itu cukup bisa membuat ngeri para siswa yang mengunjungi Museum Lubang Buaya. Ditambah lagi ada musik sendu dan gambar-gambar pembantaian.

foto oleh: Dok. YouTube

Untuk masuk ke Museum Lubang Buaya, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2.500* per orang dan biaya parkir mobil Rp 3.000* untuk yang membawa kendaraan. Murah banget kan? Bagi yang akan datang ke Jakarta dalam waktu dekat, jangan lupa berkunjung ke Museum Lubang Buaya, ya! Supaya bujet liburan ke Jakarta terjangkau, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke jakarta pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

Foto utama: http://www.liputan6.com/

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top