Destinasi

Wisata sambil belajar yuk di Museum Kalimantan Barat

museum-kalimantan-barat

Traveler, pernahkah terpikir berlibur ke Museum Kalimantan Barat? Selain arsitektur bangunannya yang begitu cantik, koleksi di sini juga lengkap. Jadi, nggak ada salahnya kan jalan-jalan sekaligus menambah wawasan.

Jangan buru-buru mengerutkan dahi saat mendengar ide wisata ke museum, traveler. Nggak selamanya berkunjung ke museum itu membosankan. Lagi pula, banyak keuntungan yang didapat dengan berwisata ke museum. Selain menghilangkan penat, kamu juga bisa bikin otak lebih berisi, termasuk jika mengunjungi Museum Kalimantan Barat, traveler.

museum-kalimantan-barat

foto : mademoisellejoanne.blogspot.com

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia tidak cuma kaya dengan keindahan alam, tapi juga banyak sejarah masa lampau yang selalu dikenang oleh warganya. Makanya, di Tanah Air banyak sekali museum-museum yang bisa menjadi tempat menyimpan kenangan masa lampau.

Begitu pula dengan Museum Kalimantan Barat, traveler. Tempat yang juga dikenal dengan sebutan Museum Negeri Pontianak ini menyimpan ribuan benda historis yang bisa menambah wawasan kamu.

Lokasi Museum Kalimantan Barat

Menemukan Museum Kalimantan Barat lumayan mudah, traveler. Berlokasi di tempat yang strategis, tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak. Untuk mencapai ke sini, kamu bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Kalau traveler berangkat ke Museum Kalimantan Barat dari pusat kota Pontianak dengan menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus pergi ke arah barat menuju Jalan Merdeka. Setelah itu kamu melanjutkan perjalanan melewati Jalan KH Wahid Hasyim dan dilanjutkan hingga ke Jalan Ahmad Dahlan dan Jendral Ahmad Yani. Dari sini kamu sudah bisa menemukan Museum Kalimantan Barat.

Tanpa kendaraan pribadi pun traveler masih bisa ke Museum Kalimantan Barat dengan menggunakan angkuta kota. Dari Pontianak, pilihlah angkot berwarna merah mudah jurusan Ahmad Yani. Cukup dengan uang sekitar Rp3.000 kamu sudah bisa sampai ke Museum Kalimantan Barat.

Wisata Museum Kalimantan Barat

Berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 3905 meter, Museum Kalimantan Barat termasuk salah satu museum terbaik di Indonesia. Koleksinya sangat lengkap serta ditata dengan apik yang membuat traveler nyaman memperhatikan tiap-tiap detil koleksinya.

Museum ini sudah lama didirikan, tepatnya pada 1975, namun baru benar-benar difungsikan sebagai Museum Kalimantan Barat pada 4 Oktober 1983. Setelah pemerintah melakukan penyempurnaan bangunan bergaya modern dan tradisional, Museum Kalimantan Barat diresmikan pada 2 April 1988.

Traveler nggak perlu takut bosan berwisata sejarah, pasalnya tak kurang dari 5027 buah koleksi dipamerkan di Museum Kalimantan Barat. Barang-barang koleksi berupa etnografika, historika, fiologika, keramilogika ada di sini. Nggak ketinggalan, ada juga miniatur yang tentunya berkaitan dengan sejarah dan budaya Kalimantan Barat, traveler.

Museum Kalimantan Barat membagi ruangannya jadi tiga kategori, traveler. Koleksi berbau geologi dan beberapa artefak bisa kamu lihat di ruangan pertama. Di ruangan ini juga kamu akan merasakan nuansa historis yang kental, karena di sini traveler bisa melihat pakaian para raja dan bangsawan di masa lampau.

Nah, buat yang penasaran banget ingin melihat koleksi berbau budaya tradisional, kamu bisa memasuki ruangan pameran kedua ini traveler. Pada ruangan ini, banyak sekali benda etnogradi suku dayak dan kesenian tradisional lainnya. Bahkan peralatan rumah tangga tradisional juga bisa kamu temukan di Museum Kalimantan Barat, traveler.

Karena Kalbar terkenal sebagai penghasil keramik kualitas wahid, Museum Kalimantan Barat juga ikut memarkan barang-barang yang terbuat dari keramik traveler.

Selain ruangan pameran, Museum Kalimantan Barat juga punya auditorium serta perpustakan. Jadi kamu nggak cuma bisa melihat benda-benda historis, tapi ikut mempelajarinya.

Sebuah taman kecil mempercantik Museum Kalimantan Barat. Di taman ini juga dihiasi berbagai miniatur yang erat dengan budaya dan sejarah, seperti Rumah Lanting atau rumah tradisional masyarakat Kalbar dan miniatur lainnya yang tidak kalah cantik.

Jam buka dan tiket masuk Museum Kalimantan Barat

Jika kamu berniat mengunjungi Museum Kalimantan Barat, traveler bisa datang setiap Selasa sampai Kamis mulai pukul 08:00-16:00 sementara pada Jumat hingga Minggu, tutup lebih cepat satu jam. Museum ini libur setiap Senin dan pada saat libur nasional traveler.

Harga tiketnya pun sangat murah, cuma Rp1.000 per orang kamu sudah bisa berwisata sejarah di museum yang apik ini. Seru kan?

(Visited 910 times, 2 visits today)

Comments

To Top