Destinasi

Muntilan, Kota Penghasil Cobek Awet di Jawa Tengah

Jika kamu sedang traveling dari Semarang ke Yogyakarta atau sebaliknya, jangan lupa mampir ke Muntilan. Kota kecil dekat Magelang ini dikenal sebagai penghasil cobek terbaik di Jawa Tengah, lho.

Buat yang nggak tahu, cobek adalah perkakas masak yang sering digunakan untuk menumbuk maupun menghaluskan berbagai bumbu masakan. Terbuat dari batu kali yang kuat, cobek sangat dibutuhkan bagi para ibu-ibu untuk menyuguhkan sambal maupun pelengkap masakan lainnya.

Cobek dari Muntilan terbilang spesial. Cocok sebagai buah tangan orang rumah, cobek Mutilan sangat awet karena terbuat dari batu andesit Gunung Merapi yang masih aktif hingga sekarang.

Pengerjaannya pun terbilang rumit. Setelah dipilih bantuan yang cocok, cobek Muntilan harus melewati proses pembubutan sebelum dipahat sesuai dengan pemasanan.

Foto: Munthu

Bentuknya pun terbilang lucu-lucu. Mulai dari yang standar dengan tutup, hingga ada cobek berlambang hati yang jarang kamu temukan di pasar tradisional biasa. Bahkan, seiring dengan pesatnya zaman, cobek Muntilan menawarkan motif kekikian seperti Mickey Mouse hingga Keropy.

Selain soal daya tahannya, cobek Muntilan juga sangat terjangkau harganya. Kamu bisa memboyong satu set cobek dengan bujet mulai dari Rp 20 ribu saja.

Harganya sendiri menyesuaikan ukuran diameter. Jika untuk kebutuhan rumah tangga, cobek Muntilan tersedia dengan ukuran 8-32 sentimeter. Namun, jika kebutuhannya untuk memasak dalam jumlah besar, kamu disarankan untuk mengambil ukuran 39-50 sentimeter.

Cobek Muntilan bisa didapatkan di beberapa daerah seperti Dusun Sewan mapun daerah Sedayu. Kira-kira tertarik buat berburu cobek Muntilan?

Pengin cepat-cepat berburu cobek Muntilan? Mampir sekalian ke Yogyakarta. Ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top