Tips

Mulut Bau Jengkol? Yuk, Basmi Dengan 8 Makanan Ini

Bayangin deh, siang-siang, sepiring nasi dengan semur jengkol plus es teh manis! Buat yang doyan, kolaborasi ketiganya seperti surga yang mewah dan nggak bakal tergantikan sensasinya.

Saking nikmatnya, kita suka nggak sadar kalau jengkol itu bau. Sekali menyantap dua hingga tiga buah jengkol, bau mulut kamu berubah, dari tadinya harum segar menjadi harum naga!

Terus bagaimana menghilangkan baunya? Well, air putih saja nggak cukup dan kamu juga pasti sering lupa bawa obat kumur. Nah, lima makanan ini adalah satu-satunya jalan buat mengembalikan muluk kami ke sedia kala, lho.

Penasaran? Simak yuk penjelasan dari Pegipegi soal makanan penangkal bau jengkol yang wajib kamu ketahui.

1. Beras

Foto: reference

Jangan pernah meremehkan beras. Selain karya karbohidrat, beras mentah dapat menyelamatkan kamu dari rasa malu gara-gara bau jengkol. Cukup dengan mengunyah beras mentah, aroma busuk dari jengkol bakal hilang. Ingat, kamu harus telan juga berasnya ya jadi kunyah sampai hancur.

2. Apel

Foto: healtheatingfood

Fungsinya sebagai pencuci mulut di akhir santap memang berfungsi buat kasus ini. Asam segar yang terkandung dalam apel sangat ampuh membasmi bau jengkol yang bersarang di mulut. Oh ya, cara makannya jangan langsung dikunyah. Kamu bisa gosok-gosok dulu bagian dalam buahnya di rongga-rongga mulut.

3. Garam

Foto: pixabay

Selain beras, satu bumbu dapur yang cocok buat menghilangkan bau jengkol adalah garam. Nggak perlu banyak, kamu cukup mengunyah satu sendok teh garam dan kunyah. Asinnya garam memiliki kemampuan untuk mendukung produksi air liur bar sehingga yang lama ternetralisir. Bau jengkol pun akan hilang.

4. Jeruk Lemon

Foto: lifemartini

Asam memang ampuh buat mengusir bau! Selain apel, jeruk lemon juga memiliki kemampuan yang cukup ampuh mengusir bau jengkol. Tapi hanya bagian kulit yang kamu bisa gunakan ya. Cukup kunyah kulit lemon selama lima menit untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Yogurt

Foto: eatthis

Kalau kamu suka yogurt, maka pilihan kamu tepat. Selain memiliki asam yang kencang, kandungan gula yang minim bisa membunuh bakteri jahat yang menyebabkan kamu bau mulut. Intinya, semakin minim gula, semakin besar pula kesempatan kamu selamat dari bau jengkol.

6. Asam Jawa

Foto: sehatpost

Rasa asam yang khas nggak cuma bisa menghilangkan pusing di kepala, tetapi juga bau jengkol di mulu. Bahan alami yang terkandung di dalam buah asam bisa mengatasi bau jengkol lebih akurat daripada obat kumur! Tapi ingat, jangan berlebih juga mengemut asam karena bisa merusak gigi.

7. Cengkih

Foto: perkebunannews

Rempah yang satu ini biasa kamu temu pas lebaran, di atas kue nastar. Nah, fungsi cengkih lainnya adalah buat mengusir bau mulut. Antiseptik yang terkandung dalam cengkeh sangat efektif mengusir bakteri di dalam mulut. Kamu hanya perlu mengunyah satu buah cengkih demi terselamat dari bau jengkol.

8. Teh Hijau

Foto: nutritionsecrets

Buat yang sering mengeluh nafas nggak segar usai santap jengkol, teh hijau adalah jawaban yang tepat. Mengandung polyphenols yang berfungsi sebagai antioksidan, teh hijau sangat baik untuk mengusir bau mulut. Kamu bisa seduh dan minum teh hijau tanpa gula untuk menghilangkan bau jengkol.

Foto utama: resepbunda

Frustrasi sama bau jengkol? Daripada pusing mending travelling yuk! Supaya bujet liburan kamu terjangkau, ayo pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi buat travelling!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 261 times, 1 visits today)

Comments

To Top