Destinasi

Monumen Pattimura, Ikon Perjuangan Rakyat Maluku di Ambon

Liburan di kota Ambon terasa nggak lengkap kalau belum main ke berbagai monumen bersejarah, peninggalan masa kemerdekaan. Salah satu yang sudah pasti menarik perhatian adalah Monumen Pattimura.

Sudah berdiri sejak 2008 lalu, Monumen Pattimura merupakan ikon ibukota Provinsi Maluku ini. Terletak di persimpangan antara jalan Slamet Riyadi, Imam Bonjol dan Pattimura, monumen ini didirikan untuk mengenang jasa-jasa sang pahlawan nasional yang memiliki nama lengkap Thomas Matulessy.

Seperti yang ditulis berbagai buku sejarah, Pattimura adalah sosok yang memimpin perjuangan rakyat Maluku menggempur Benteng Pertahanan Belanda, Durstede pada 1871. Dikenal memiliki strategi perang yang brilian, ia mampu menumpas habis para penjajah dan berhasil menduduki benteng yang berada di Pulau Saparua tersebut.

Nggak cuma itu, pertempuran di Pantai Waisisil hingga Jazirah Hitu di Pulau Ambon dan Seram Selatan juga berhasil dimenangkan berkat keberanian Pattimura. Ia hanya dapat ditaklukkan usai Belanda melepaskan politik adu domba lantaran kehabisan akal menghadapi Pattimura dan pasukannya.

Terbuat dari perunggu, Monumen Pattimura memiliki tinggi tujuh meter dengan berat yang nyaris mencapai empat ton. Dengan dana sebesar Rp2 miliar, Monumen Pattimura berdiri tegak hanya 10 meter dari lokasi patung aslinya, yang kebetulan juga menjadi lokasi tiang gantung yang merenggut nyawa sang pahlawan.

Dengan lima kolam penyangga yang berada di sekelilingnya, Monumen Pattimura menjadi daya tarik wisata yang cukup diminati masyarakat lokal maupun turis. Letaknya yang berada di jalan utama membuat Monumen Pattimura mudah sekali untuk ditemui.

Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di sekitar Monumen Pattimura. Mulai dari berfoto-foto dengan latar belakang monumen hingga berburu sunset di sore hari dengan latar belakang serupa.

Terdapat pula empat lapangan voli dan basket serta air mancur yang siap memanjakan liburan kamu di sekitar kawasan Pattimura Park. Tertarik main ke sini?

Jangan lupa  sekalian liburan ke Ambon. Yuk, pesan tiket pesawat ke Ambon, dan cari hotel murah di Ambon  lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top