Destinasi

Mitos Mengerikan Hantu Banyu di Jembatan Ampera, Palembang

Jembatan Ampera adalah ikon utama kota Palembang di Sumatera Selatan. Dibangun pada awal 60-an, Jembatan ini menghubungkan Sebrang Ulu dan Sebrang Ilir yang dipisahkan Sungai Musi.

Di samping keindahan dan kemegahan arsitekturnya, Jembatan Ampera ternyata menyimpan banyak misteri, lho. Kisah-kisah mistis banyak muncul di masyarakat kota Palembang.

Salah satu yang paling heboh hingga sekarang adalah sosok Hantu Banyu. Dari namanya, sosok mahluk halus ini muncul dari permukaan air atau dalam bahasa lokal, banyu.

Menurut beberapa penuturan warga sekitar, Hantu Banyu digambarkan sebagai sosok manusia setengah siamang. Ia mencari calon korban yang tengah memancing dan berenang dengan cara menerkamnya di dalam air.

Seperti yang dilansir oleh Liputan 6, banyak kasus kematian yang terjadi di bawah Jembatan Ampera adalah karena ulah Hantu Banyu. Korban yang disandera Hantu Banyu muncul ke permukaan 1-2 hari kemudian dalam keadaan meninggal dunia.

Yang makin mengerikan adalah kondisinya. Di mana, sang korban memiliki lubang di bagian belakang kepala akibat dihisapnya otak oleh Hantu Banyu. Seram….

Tanda-Tanda Kehadiran

Hadirnya mitos mengenai Hantu Banyu di Jembatan Ampera memang bikin bulu kuduk berdiri. Banyak masyarakat yang datang ke sana, memilih berhati-hati bermain di pinggir Sungai Musi.

Jika Adzan Magrib sudah berkumandang, ikan-ikan akan bermunculan di tengah Sungai Musi. Para pemancing yang tengah melakukan aktivitasnya disarankan berhenti saat sudah merasa kail pancingnya menyangkut.

“Kalau tersangkut, dibiarkan saja. Pancingannya ditinggal saja atau tali pancingan diputus dan segera beranjak pergi dari situ. Jangan coba-coba untuk mengangkat kail yang tersangkut, konon katanya itu cara Hantu Banyu untuk menjebak korbannya,” Ali Hanafiah, sejarawan Palembang dari Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Tapi nggak perlu takut! Lantaran, sosok Hantu Banyu hanya sebatas kisah misteri yang belum dapat dibuktikan secara fakta ilmiahnya.

Terlepas dari kisah menakutkan tentang Hantu Banyu, Jembatan Ampera tetap menawarkan pemandangan cantik, khususnya di malam hari. Dari kejauha, tampak pantulan cahaya kelap-kelip yang menyajikan kita kesempatan buat berburu foto keren.

Siapa yang di sini belum pernah ke Jembatan Ampera?Liburan di Palembang yuk! Jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Palembang lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke Palembang  cari hotel murah di Palembang

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Foto utama: Youtube Kodaline.

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top