Kuliner

Mitos Jahatnya Sate Kambing: Benar atau Salah?

Mau makan enak habis gajian bulan ini? Yuk, berburu sate kambing lezat!

Sebagai kuliner khas Indonesia, sate kambing memiliki cita rasa yang khas. Daging kambing yang juicy bercampur dengan sambal kecap yang manis pedas, siap menggoyang lidah kamu.

Makin nikmat tersaji dengan lontong maupun nasi putih. Mau kaki lima, hingga kelas restoran, tinggal pilih sesuai selera dan bujet kamu.

Sayang, sate kambing di kalangan masyarakat dianggap jahat bagi kesehatan. Kuliner ini dianggap menjadi pemicu beberapa penyakit dalam serius mulai dari kolesterol tinggi, kanker hingga jantung.

Mitos Kolesterol

Banyak yang bilang, sate kambing bikin kolesterol naik. Lemak jenuh dalam daging kambing dianggap sebagai biang keladinya.

Jika kamu mengira banyak makan sate kambing bikin kolesterol naik, weits, salah besar. Dari 100 gram sate kambing, hanya ada 1 gram kolesterol yang terkandung di dalamnya.

Kandungan lemak daging kambing pun jauh lebih sedikit daripada daging sapi. Jika daging sapi memiliki 14 gram dari 100 gram bahan, maka daging kambing hanya mengandung 9,2 gram saja.

Adalah cara orang menyantap sate kambing yang menyebabkan kolesterol dan hipertensi naik. Kadar lemak 200-300 gram dalam 10 tusuk sate kambing berbanding jauh dari kandungan lemak dalam satu porsi empal atau rendang sapi, 40-50 gram.

Jadi, nggak mengherankan, jika orang yang sadar akan kesehatan, hanya akan menyantap lima tusuk sate kambing sekali makan. Resepnya hanya satu, jangan berlebih karena apapun yang berlebih memang nggak baik, kok.

Nggak Bikin Gemuk

Mitos lain yang salah dari sate kambing adalah bikin cepat gemuk. Sate kambing sering dianggap sebagai perusak program diet banyak orang, lho.

Padahal, jika diukur, lemak dalam daging kambing itu sangat rendah. Dengan protein yang tinggi, daging kambing justru dapat membantuk kamu mengontrol berat badan.

Tekstur yang agak keras dibanding daging sapi maupun ayam seharusnya menahan kita untuk mengonsumsi lebih banyak daging kambing. Sehingga, kamu akan sadar

Vitamin B yang berlimpah pada daging kambing juga disinyalir dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Asalkan nggak dibakar hingga gosong, sate kambing sangat berguna bagi kesehatan, deh.

Penasaran dengan tarian ini? Sekalian liburan! Yuk, rencanakan liburan dengan pesan tiket pesawathotel murah dan tiket kereta api di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Foto: Shutterstock

Comments

To Top