Destinasi

Mitos Demi Mitos Hiasi Keindahan Pantai Papuma, Jember

Kota Jember di Jawa Timur dikenal dengan pesona alam pegunungan yang menawan. Namun, di sisi lain, kota yang berhadapan langsung dengan Dataran Tinggi Ijen ini juga punya koleksi pantai yang sangat indah, salah satunya Pantai Papuma.

Dilihat dari lanskapnya, Pantai Papuma jelas jadi ikon kebanggaan warga Jember. Selain menawarkan birunya air laut, Pantai Papuma memiliki pasir putih lembu serta bukit karang yang menyerupai sebuah bangunan tua menghadap ke Selatan.

Pesonanya makin lengkap dengan deburan ombak yang menghantam dinding karang. Buih-buih ombak terlihat sangat artistik dan mungkin sulit ditemukan pada pantai-pantai lainnya di Jawa Timur.

Tapi, percaya nggak percaya, banyak mitos misterius yang hadir di pantai yang berjarak 45 kilometer dari kota Jember. Beberapa di antaranya berhubungan langsung dengan sosok legenda masyarakat, Nyi Roro Kidul.

Foto: tabloidwisata

Layaknya pantai pesisir selatan, Pantai Papuma memiliki ombak yang cukup mengerikan. Jika sedang pasang, gulungan ombak setinggi enam meter sering menelan wisatawan yang tengah berlibur.

Nah, kabar yang beredar di masyarakat, peristiwa hilangnya wisatawan sering dikaitkan dengan kedatangan Nyi Roro Kidul. Ia kerap menculik para wisatawan guna ditawan di kerajaannya.

Semenjak warna hijau menjadi warna favorit sang legenda, wisatawan dihimbau untuk nggak datang dengan pakaian dengan warna tersebut.

Fenomena Gua Lawa

Jika kamu mendekati salah satu batu karang di Pantai Papuma, Gua Lawa hadir untuk kamu kunjungi Dalam bahasa Jawa, Lawa memiliki arti kelelawar.  Nah, kamu hanya bisa melihat penampakan gua ini saat air surut saja.

Kisah yang beredar, di sinilah bersemayam Dewi Sri Wulan, salah satu putri penguasa Pantai Selatan. Ialah yang katanya menjadi penunggu Pantai Papuma.

anekatempatwisata

Lanjut ke bagian luar pantai, Papuma memiliki batu datar mirip kerang raksasa yang berjajar menghadap Barat. Sepintas nggak ada yang aneh, sih!

Terletak bersebelahan dengan Pantai Watu Ulo, batu karang tersebut konon adalah tempat Raden Mursada dan Marsudo memancing ikan ajaib yang ternyata wujud dari Raja Mina. Bayangan keduanya konon sering terlihat jelang petang hari tengah memancing.

Ada Pulau Berbisa

Salah satu keunikan dari Pantai Papuma adalah gugusan batu karang yang berjajar. Menariknya, tiap batu memiliki nama mulai dari Genteng, Dhampar Kencana hingga Narada.

paketbromotour

Dari total tujuh, ada satu batu karang yang nggak memiliki nama. Menurut kisah yang berkembang, batu tersebut merupakan pulau kecil yang dihuni ribuan ular berbisa. Hingga saat ini, nggak ada warga yang berani datang ke sana.

Terlepas dari mitos-mitos tersebut, Pantai Papuma harus jadi salah satu destinasi akhir tahun kamu kali ini. Lantaran, deretan karang-karang yang berdiri gagah tersebut bisa jadi latar belakang foto selfie terbaru kamu di media sosial.

Penasaran sama Pantai Papuma? Yuk sekalian liburan di Jember. Ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Semarang lewat Pegipegi! Selamat muter-muter di Jember!

pesan tiket pesawat murah ke Jember  pesan tiket kereta api murah ke Jember  cari hotel murah di Jember

Foto utama: anekatempatwisata

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top