Destinasi

Misteri dan pesona Danau Kakaban ini mengundangmu datang!

Danau Kakaban

Dalam bahasa setempat kata kakaban artinya memeluk. Sehingga nama Danau Kakaban yang ada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur ini bisa diartikan sebagai ‘danau yang memeluk’. Memeluk siapa ya? Jelas bukan sang kekasih, melainkan aneka jenis makhluk hidup yang bersemayam di dalamnya.

Jutaan tahun yang lalu air laut yang masuk ke daratan terperangkap di sebuah cekungan, seolah sedang dipeluk paksa oleh daratan di sekeliling cekungannya biar ngga bisa kembali ke laut. Air laut yang masuk ke cekungan itu terperangkap bersama banyak makhluk laut seperti teripang, spons, udang, kepiting, alga, ular laut, ikan-ikan kecil dan ubur-ubur. Air laut dalam cekungan itu lama-lama bercampur dengan air hujan dan menjadi tawar.

Dalam pelukan daratan para makhluk laut mencoba bertahan hidup, sampai akhirnya mereka memiliki bentuk dan kebiasaan yang berbeda dengan teman-teman mereka di laut. Selanjutnya cekungan itu diberi nama Danau Kakaban, sedangkan daratan di sekelilingnya disebut Pulau Kakaban, satu-satunya pulau kecil di Indonesia dengan area danau yang lebih luas daripada daratannya.

Ubur-ubur Danau Kakaban berjalan terbalik

Danau Kakaban dikelilingi hutan bakau yang masih lebat dan airnya tampak tenang mendamaikan hati. Siapa sangka di balik ketenangannya itu Danau Kakaban menyimpan sejuta misteri yang belum terungkap. Di antaranya adalah penyebab mengapa ubur-ubur Cassiopea berjalan dengan kaki ke atas dan kepala di bawah. Asal tau aja ya, ubur-ubur Cassiopea hanya bisa ditemukan di satu tempat di dunia ya Danau Kakaban ini, travelers. Hebatnya lagi, Danau Kakaban punya empat jenis Cassiopea dan mereka ngga bisa menyengat seperti yang kamu lihat di film Spongebob.

Danau Kakaban

foto: grapesdakalimantan1.wordpress.com

Keindahan Danau Kakaban yang sesungguhnya baru akan terungkap saat hari mulai gelap. Saat ketika para makhluk laut memancarkan cahaya berwarna-warni dari tubuh mereka. Para ahli biologi yang pernah meneliti Danau Kakaban yakin para satwa laut berperilaku begitu sebagai cara mereka bertahan hidup di air laut yang lama-lama menjadi tawar. Mereka juga yakin akan ada lebih banyak satwa jenis baru ditemukan di Danau Kakaban di masa mendatang, asal danau ini terjaga kelestariannya.

Kamu yang hobi diving atau snorkeling pasti penasaran kan pengen liat ubur-ubur terbalik dari dekat? Boleh-boleh aja sih. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu ingat, travelers. Pertama, kamu ngga boleh berenang di Danau Kakaban dengan melompat seperti di kolam renang karena itu akan membuat air danau menjadi keruh dan merobek tubuh ubur-ubur. Ubur-ubur Cassiopea Danau Kakaban memang jinak banget, tapi tetap aja ngga boleh kamu tangkap apalagi sampai dikeluarkan dari dalam danau karena dia bisa mati. Kasian kan kalo sampe mati?

 

Tips mengunjungi Danau Kakaban

Salah satu kendala yang sangat mungkin kamu hadapi sebelum mengunjungi Danau Kakaban adalah biaya transportasi dan akomodasi yang sedikit selangit. Ya maklumlah karena Danau dan Pulau Kakaban jauh dari mana-mana. Jadi kalo kamu sangat pengen banget berenang sama ubur-ubur terbalik di Danau Kakaban kamu musti siapkan tabunganmu jauh-jauh hari dan rencanakan perjalananmu dengan matang.

Pertama, Pulau Kakaban adalah pulau tak berpenghuni dan sengaja dibuat demikian karena pulau ini sedang diupayakan untuk masuk dalam situs warisan dunia, travelers. Pulau Derawan adalah tetangga Pulau Kakaban dan kamu harus sampai di sini dulu sebelum menyeberang ke Pulau Kakaban. Kalo pengen menginap kamu harus cari penginapan di Pulau Derawan dan penginapan yang paling murah tarifnya sekitar Rp 200 ribu per malam.

Kedua, ada beberapa jalur yang bisa kamu ambil untuk menyeberang ke Pulau Derawan. Bisa dari Balikpapan-Berau via jalan darat trus nyebrang ke Derawan atau Balikpapan-Tarakan via jalan udara dilanjutkan naik speedboat ke Pulau Derawan. Lebih hemat dan cepat adalah jalur Balikpapan-Tarakan, trus bergabunglah sama rombongan lain yang mau nyebrang untuk menghemat biaya sewa speedboat.

Begitu pula kalo kamu udah sampe di Pulau Derawan, travelers. Gabung aja sama rombongan lain karena biaya speedboat Derawan-Kakaban cukup wow harganya, travelers, sekitar 800 ribu sekali jalan (itu pun informasi beberapa tahun yang lalu). Bawalah sun block, uang tunai trus alat snorkeling sendiri (karena kalo nyewa harganya juga wow banget).

Nah, sambil merinci berapa biaya yang kamu butuhkan buat trip ke Danau Kakaban, yuk pesan tiket pesawat ke Balikpapan dan memesan kamar hotel nyaman tapi terjangkau di Balikpapan dan sekitarnya di Pegipegi.com.

(Visited 471 times, 1 visits today)

Comments

To Top