Kuliner

Mirin, Bumbu Penyedap Ajaib untuk Masakan Jepang

Travelers, tahu nggak yang membuat masakan Jepang semakin lezat ternyata adalah mirin, bumbu dapur berupa minuman alkohol warna kuning, rasanya manis. Mirin mengandung 40-50% gula dan alkohol sekitar 14%. Ingin kenalan dengan mirin lebih dalam? Simak artikel berikut, ya!

Bisa menghilangkan amis pada ikan

Mirin diolah dengan cara merebus kecap asin dan dashi, juga dengan campuran beragam saus, seperti saus untuk kabayaki (tare), saus untuk soba (soba tsuyu), saus untuk tempura (tentsuyu), saus teriyaki. Kandungan alkohol pada mirin bisa menghilangkan bau amis pada ikan dan mengurangi risiko hancur bahan makanan yang dimasak. Sedangkan kandungan gula pada mirin bisa menambah rasa manis pada makanan, membuat bahan makanan mengkilat, dan harum.

Untuk pembuatan mirin itu sendiri terbuat dari beras ketan yang dikukus dan dicampur dengan ragi, lalu ditambah semacam arak yang disebut shōchū atau alkohol yang membantu proses peragian. Kemudian didiamkan selama 2 bulan. Sesudah peragian selesai, bahan-bahan diperas dan disaring. Enzim emilasi yang dikandung ragi akan mengubah karbohidrat dalam beras menjadi gula, sedangkan asam suksinat dan asam amino memberi rasa pada mirin. Kadar alkohol ditekan oleh ragi, sehingga kadar gula yang tersisa pada mirin lebih tinggi dibandingkan sake.

Terbilang tidak halal

Karena mengandung alkohol, mirin terbilang tidak halal untuk Muslim. Sehingga, banyak juga orang Muslim yang menghindari resto masakan Jepang yang memasak dengan mirin, terutama resto sushi. Untuk yang suka memasak di rumah dan menginginkan makanan halal, kamu bisa mencoba mengganti mirin dengan air jeruk nipis atau lemon yang diberi sedikit gula. Aroma asam pada jeruk nipis atau lemon juga bisa menghilangkan bau amis dan membuat aroma makanan lebih enak.

Selain berbagi info mengenai mirin dan makanan lezat lainnya, Pegipegi juga punya tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah! Yuk, dipesan untuk liburan kamu!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top