Kuliner

Minuman Khas Dan Unik di Indonesia

Indonesia tidak hanya dikenal dengan budayanya yang beranekaragam, tapi juga kulinernya. Termasuk minuman yang sudah banyak dikenal secara tradisional dan menjadi favorit para penikmatnya. Minuman yang biasa kita minum sehari-hari bisa saja air putih, teh, kopi, dan jus buah. Namun di daerah-daerah lain di Indonesia, kira bisa menemukan berbagai macam minuman khas dan unik yang dibuat dari bahan tidak biasa sehingga terasa menggoda untuk dicoba. Kali ini, Pegipegi mau kasih informasi buat travelers tentang minuman terunik dan asli Indonesia. So, kalau kamu lagi liburan di daerah tersebut bisa mencobanya langsung. Simak ya!

 

Bir Pletok, Betawi

Foto 1 Minuman Unik di Indonesia

Karena mayoritas masyarakat di Indonesia adalah muslim dan melarang minum alkohol, namun bukan berarti kreativitas untuk menciptakan minuman yang mirip luntur. Bir Pletok menjadi salah satu buktinya. Minuman khas dari Betawi ini dibuat dari rempah-rempah dan tumbuhan yang juga berkhasiat untuk kesehatan. Selain rasanya menyegarkan, bir ala Betawi ini juga dapat menghangatkan tubuh. Bahan-bahan yang dipakai antara lain adalah gula, sereh, kapulaga, jahe, kayu manis, dan kayu secang yang dipakai sebagai perwarna merah. Untuk menghasilkan Bir Pletok dengan kualitas ‘jos’ dibutuhkan jahe gajah yang sudah tua agar rasanya makin mantap.

 

Ie Boh Timon, Aceh

Foto 2 Minuman Unik di Indonesia

Buat yang tinggal di Aceh, pasti mereka sudah familiar dengan Ie Boh Timon. Tapi buat mereka yang tinggal di luar Aceh, mungkin minuman ini masih terdengar asing. Bahan utamanya adalah mentimun yang diparut lalu dicampur dengan air, gula pasir, jeruk nipis, atau madu. Timun yang dipakai adalah timun sayur yang telah dikupas kulitnya. Konon katanya, Ie Boh Timon diminum untuk menetralisir masakan Aceh yang mengandung kolesterol seperti gulai kambing. Saat bulan puasa, minuman ini menjadi primadona untuk berbuka puasa.

 

Kopi Rarobang, Maluku

Foto 3 Minuman Unik di Indonesia

Travelers, segelas kopi yang dicampur dengan gula atau susu itu sudah biasa ya. Tapi, apa jadinya kalau segelas kopi yang kamu minum di Maluku ditambahkan jahe sebagai penghangat. Bagaimana rasanya ya? Semua bisa kamu cicipi dengan minum Kopi Rarobang khas Maluku. Bisa dibilang kalau ini adalah salah satu kopi khas Indonesia yang unik. Bagaimana tidak? Kopi ini diracik dengan taburan jahe, kenari yang disangrai, gula pasir, daun pandan, kayu manis, dan cengkeh. Yang khas dari Kopi Rarobang tentunya rasa hangat sehingga cocok sekali dinikmati saat cuaca dingin.

 

Kopi Joss Jogja, Jogjakarta

Foto 4 Minuman Unik di Indonesia

Satu lagi minuman kopi yang khas dan asli Indonesia, Kopi Joss Jogja. Minuman ini sudah sering diliput di televisi dan memang sangat terkenal di Jogjakarta. Cara penyajiannya sangat unik, yaitu dengan memasukan arang panas. Karena itulah kenapa kopi ini dinamai Kopi Joss Jogja. Biarpun kedengarannya aneh, namun untuk masalah rasa bisa diadu dan hampir semua penggemar kopi mengakuinya, baik dari kalangan tua, muda, orang biasa, seniman, hingga budayawan. Mereka bisa berkumpul di angkringan untuk menikmati Kopi Joss Jogja sambil ngobrol dan mencoba menu-menu lain. Konon katanya, arang yang dicelupkan pada kopi berkhasiat untuk menetralkan kandungan kafein sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja.

Nah, jadi pingin ke Jogja kan? Coba yuk cari hotel murah dan nyaman di Jogja hanya dari Pegipegi!

 

TST (Teh Susu Telur), Medan

Foto 5 Minuman Unik di Indonesia

TST adalah salah satu minuman khas dari Medan yang sudah begitu dikenal oleh masyarakat luas. Bukan karena komposisinya yang unik, yaitu teh, susu, dan telur, tetapi juga karena minuman ini ternyata bisa memulihkan tenaga. Ada 2 macam telur yang dipakai, yaitu telur bebek dan telur ayam kampung. Protein yang terkandung dalam telur inilah yang bisa dipakai untuk membangkitkan stamina. Kalau kamu sedang ada di Medan, mudah sekali menemukan TST ini karena hampir semua warung menyediakannya. So, jangan sampai melupakan TST saat liburan ke Medan, ya!

Selain kulinernya yang ciamik, Medan juga punya banyak pilihan hotel berkualitas untuk para traveler lho. Gak percaya? Cek aja di Pegipegi!

 

(Visited 3,242 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top