Event & Festival

Merayakan Tahun Baru Imlek di Singkawang

imlek

 

Dear Travelers, perayaan tahun baru memang sudah usai beberapa waktu lalu. Tapi, kamu yang kebetulan tidak dapat turut serta dalam meriahnya pesta pergantian tahun baru 2014 masih bisa merasakan keceriaan pesta penyambutan tahun baru Imlek yang akan segera tiba. Tahun Baru Imlek biasanya dimulai pada hari pertama bulan pertama pada penanggalan Tionghoa dan akan berakhir pada tanggal kelima belas yang biasanya bertepatan dengan malam bulan purnama, atau yang disebut dengan Cap Go Meh. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Cina, Hong Kong atau Taiwan untuk merayakan Tahun Baru Imlek, karena travelers tercinta dapat ikut menikmati perhelatan tahun baru khas Tionghoa  di Tanah Air.

Salah satu kota di Indonesia yang telah sibuk mempersiapkan diri untuk menyambut perayaan Imlek adalah kota Singkawang, yang terletak sekitar 145 kilometer dari Pontianak, ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Kota yang awalnya merupakan bagian dari wilayah Kesultanan Sambas ini memang didominasi oleh masyarakat keturunan Tionghoa sebagai warga pendatang. Meski demikian, nyaris tidak terdengar berita mengenai gesekan sosial yang terjadi antara warga pendatang dengan penduduk asli yang didominasi suku Dayak. Ini menjadikan kota Singkawang menarik untuk dikunjungi, selain untuk menikmati keunikan pemandangan sekitar yang merupakan paduan antara pantai, sungai dan pegunungan.

Sejumlah toko aksesoris tampak meriah berkat pernak pernik khas Imlek yang didominasi warna merah. Saat ini Stadion Kridasana telah mulai dipercantik dengan Taman Mei Hwa dan replika 8 ekor kuda sebagai simbol Tahun Kuda.

tatung

Edhylius menambahkan, pihaknya juga akan menampilkan salah satu atraksi kesenian rakyat yang hampir punah, yaitu pertunjukan Tatung. Pertunjukan yang merupakan puncak acara perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini mungkin akan sedikit seram karena melibatkan roh-roh halus. Hii….

Tapi jangan takut, karena para roh halus yang akan hadir dan merasuki tubuh para tatung (sebutan bagi orang yang memenuhi syarat untuk dirasuki roh halus) adalah roh-roh baik. Kedatangan mereka kembali ke dunia fana menyiratkan suatu pesan bahwa alam semesta akan selalu membantu upaya manusia dalam menangkal bisikan roh jahat yang sering menyesatkan.

Para tatung akan menunjukkan perilaku aneh saat roh halus memasuki tubuh mereka, misalnya menginjak mata pisau dengan bertelanjang kaki, menancapkan kawat-kawat baja ke pipi kiri dan tembus hingga pipi kanan, atau menggigit ayam hidup dan meminum darahnya. Persis seperti atraksi para musisi black metal!

Uniknya, orang-orang dari Suku Dayak turut serta menjadi tatung karena kemiripan ritual ini dengan ritual yang dilakukan nenek moyang mereka ratusan tahun silam.

Sementara itu, agenda perayaan Imlek dan Cap Go Meh di kota Singkawang akan berlangsung mulai tanggal 30 Januari 2014. Disusul dengan pawai lampion keliling yang akan diadakan pada tanggal 14 Februari 2014. Sedangkan puncak acara akan bertepatan dengan Hari Valentine, yaitu tanggal 14 Februari 2014.

Nah, tunggu apalagi travelers? Pesan tiket pesawat sekarang sebelum kehabisan! Gong Xi Fat Chai!

(Visited 585 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top