Destinasi

Merasakan Sejuknya Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang, Jawa Timur

Jika kamu ingin mengeksplor Jawa Timur, mainlah ke Kabupaten Lumajang. Di sana ada air terjun megah bernama Air Terjun Tumpak Sewu yang kini menjadi salah satu destinasi traveling favorit di Jawa Timur. Bagi yang ingin main ke sana, simak dulu artikel dari Pegipegi berikut ini.

Kenapa dinamakan Tumpak Sewu?

Megahnya Air Terjun Tumpak Sewu membuat air terjun ini mirip Air Terjun Niagara yang berada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Aliran air terjunnya juga sangat banyak mencapai seribu aliran air, sehingga air terjun ini dinamakan Tumpak Sewu. Sewu dalam bahasa Jawa berarti seribu. Banyak juga yang menyebutnya Air Terjun Coban Sewu atau Grojogan Sewu.

Aliran air terjunnya berasal dari rembesan mata air dari dinding bukit. Ketinggian Air Terjun Tumpak Sewu mencapai 120 meter. Secara geografis, Air Terjun Tumpak Sewu berada di aluran Sungai Glidih, di mana sungai tersebut menjadi perbatasan antara Kecamatan Ampelgading Malang dan Kecamatan Pronojiwo Lumajang.

Bisa dinikmati semua umur

Air Terjun Tumpak Sewu bukan hanya asyik untuk anak muda, tapi juga anak-anak dan orang tua. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana, yaitu menikmati pemandangan air terjun dengan berjalan kaki sejauh 400 meter untuk bisa sampai ke Pos Panorama dengan pelindung jurang dari bambu. Pemandangannya cukup unik karena berbentuk setengah lingkaran.

Di sana juga ada lembah Air Terjun Tumpak Sewu, di mana kamu perlu usaha ekstra untuk mencapai tempat tersebut, yaitu trekking di jalur yang terjal. Kamu akan melewati jalur tanah dengan kombinasi bambu yang cukup terjal dan menuruni aliran air terjun kecil. Selain itu, kamu juga bisa menikmati agrowisata buah salak saat berwisata di Air Terjun Tumpak Sewu.

 

Akses menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Rute untuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu, kamu bisa transit di Kota Malang. Lalu akan menempuh perjalanan selama 2 jam 30 menit menuju Lumajang melalui Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo. Setelah di tugu perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang, sekitar 100 meter sebelum tugu tersebut ada gang turun pada kiri jalan, jika kamu dari arah Lumajang. Kemudian, lurus aja sampai sungai. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 200 meter, baru setelah itu kamu akan menemukan Air Terjun Tumpak Sewu.

Yuk, segera atur perjalanan kamu ke Malang dengan pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi! Jangan lupa cari hotel murah di Malang juga, ya!

pesan tiket pesawat murah ke malang pesan tiket kereta api murah ke malang  cari hotel murah di malang

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 105 times, 1 visits today)

Comments

To Top