Destinasi

Menyusuri Sungai Maron, Pacitan, Amazon-nya Indonesia!

Kekayaan wisata Alam Indonesia sungguh tidak ada duanya. Banyak tempat wisata luar negeri yang mirip Indonesia lho, salah satunya adalah Sungai Maron di Pacitan, Jawa Timur yang dibilang mirip kawasan Hutan Amazon di Amerika Selatan. Makanya, kali ini Pegipegi mau mengajak kamu untuk berkenalan dengan Sungai Maron yang berlokasi di Desa Darsono, Pringkulu, Pacitan.

Akses menuju Sungai Maron

Jika kamu berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, jarak ke Sungai Maron adalah 120 km ke arah timur. Atau kamu bisa berangkat dari Yogyakarta dengan mengarahkan kendaraan ke Solo, lalu menuju Kabupaten Pacitan. Dari sana, kamu langsung menuju ke arah Kecamatan Pringkulu lalu ke Desa Darsono. Setelah itu kamu bisa melewati Gunungkidul dan Kota Wonosari. Keluar dari Wonosari, ikuti arah plang ke Pracimantoro, lurus terus sampai menemui batas wilayah Pacitan.

Sungai yang didominasi warna hijau

Yang paling menonjol dari Sungai Maron adalah airnya yang berwarna agak kehijauan, namun bukan berarti airnya kotor. Justru masih bersih dan alami. Lingkungan sekitarnya juga dipenuhi dengan pemandangan, terutama di sisi sungai yang banyak ditumbuhi pohon kelapa, tanaman sungai, bahkan ada biawak kecil yang berenang

Sungai penghasil batu akik

Sebelum batu akik tenar, Sungai Maron sudah banyak menghasilkan batu akik. Setelah itu, eksplorasi batu akik di sana jadi terlalu berlebihan dan membuat Sungai Maron terancam, sehingga pemerintah pun sudah melarang penambangan batu akik di sana. Meskipun penambangan batu akik sudah tidak bisa dilakukan di Sungai Maron, namun pemerintah terus melambungkan nama Sungai Maron agar terus berjaya di dunia pariwisata, salah satunya dengan mengadakan pagelaran lomba dayung.

Bermuara di Pantai Ngirboyo

Pantai Ngirboyo adalah pantai di Jawa Timur yang jarang dieksplorasi dan menjadi salah satu tujuan wisata yang masih dikembangkan oleh pemerintah Pacitan. Jarak antara Sungai Maron dengan muaranya (Pantai Ngirboyo) adalah sekitar 4 km. Sepanjang itulah kamu bisa menikmati pemandangan hijau.

Bisa sewa perahu

Untuk menyusuri Sungai Maron tidak mungkin kamu berenang. Hihihi… Untuk itu, kamu harus menyewa perahu dari penduduk. Harga sewanya antara Rp 100 ribu sampai 150 ribu* untuk 5 hingga 6 orang. Kamu akan diantar pulang-pergi dari pusat kapal tertambat sampai ke muara sungai. Kedalaman Sungai Maron adalah 20 meter dan ada beberapa spot dangkal yang bisa dimanfaatkan untuk berenang. Biasanya, pengemudi perahu akan memberitahu bagian sungai mana yang aman untuk berenang.

Untuk menuju Sungai Maron, kamu bisa transit dulu di Kota Yogyakarta. Yuk, pesan tiket pesawat atau tiket kereta api ke Yogyakarta lewat Pegipegi! Jangan lupa cari juga hotel murah di Yogyakarta, ya!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta  pesan tiket kereta api murah ke Yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

 

 

Comments

To Top