Destinasi

Menyepi sejenak di Gunung Pancar, Bogor

Gunung Pancar

Weekend itu terlalu berharga kalo diabisin di rumah aja, ya nggak travelers? Nah, gimana kalo Gunung Pancar jadi tempat tujuanmu berwisata singkat akhir pekan mendatang? Segala kepenatan fisik maupun psikis setelah seminggu kerja keras bagi kuda pasti juga akan luntur begitu kamu mengunjungi obyek wisata murah meriah di area Bogor ini!

Berkunjung ke Hutan Vampir Gunung Pancar

 

Gunung Pancar

foto: www.initempatwisata.com

Sesudah melewati pintu gerbang bertuliskan Taman Wisata Alam Gunung Pancar, kamu akan melintas di jalan beraspal yang membelah hutan pinus, travelers. Pepohonan di hutan ini tinggi-tinggi semuanya, Pegipegi yakin udah ratusan tahun umurnya. Berjalan di antara pepohonan itu akan membuat pikiranmu mungkin akan melayang-layang ke film vampir atau film horor lain yang pernah kamu lihat. Suasana Hutan Gunung Pancar memang sangat tenang, bahkan cenderung sunyi. Tapi kalo kamu lagi mujur, seekor Owa Jawa yang langka, burung elang atau kutilang mungkin akan melintas di depanmu.

Gunung Pancar memang telah ditetapkan sebagai kawasan hutan yang dilindungi oleh pemerintah, sekaligus dikelola sebagai tempat wisata yang terbuka untuk umum. Di Gunung Pancar ini kamu bisa berkemah, hiking, bersepeda, juga berkuda. Kalo kamu bosan bikin seminar di hotel atau kantor dan butuh suasana baru, bikin aja seminar di kawasan Gunung Pancar ini, travelers. Di waktu-waktu tertentu kamu juga bisa menonton pertunjukan kesenian tradisional yang digelar oleh para warga di sekitar Gunung Pancar. Pertunjukannya memang gratis, tapi jangan lupa berikan sumbangan sepantasnya sebagai tanda apresiasi kamu atas kreativitas masyarakat setempat.

Nggak jauh dari pintu gerbang masuk Gunung Pancar ada sebuah pemandian air panas yang wajib kamu datangi seusai jalan-jalan atau bersepeda keliling hutan. Pemandian air panas Gunung Pancar cukup terpelihara dan dilengkapi beberapa kolam yang bisa kamu pake buat mandi berendam. Kalo ogah berendam rame-rame sama wisatawan lainnya kamu bisa menyewa salah satu kamar mandi khusus yang dilengkapi dengan bathtub. Abis berendam kamu dijamin akan merasa segar bugar kembali, kulitmu akan bersih dari segala macam kuman penyakit dan siap buat kembali ‘berperang’ di kantor atau di kampusmu.

Cara menuju Gunung Pancar Bogor

Gunung Pancar Bogor juga cocok banget buat kamu yang pengen jalan-jalan bersama keluarga tanpa keluar banyak biaya. Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2000 per orang plus ongkos parkir sebesar Rp 2000 buat mobil dan Rp 1500 buat sepeda motor saat melewati pintu gerbang Gunung Pancar. Trus kalo mau mandi air panas kamu musti bayar Rp 25.000 per orang, travelers. Nggak mahal, kan?

Trus kawasan wisata Gunung Pancar juga gampang banget dicari, apalagi kalo kamu ke sini pake kendaraan pribadi, travelers. Kalo kamu datang dari Jakarta, ambil jalur menuju Tol Sentul City. Setelah berkendara sekitar 8 km kamu akan menemui sebuah bundaran, lalu belok kiri, travelers.

Setelah sekitar 600 meter dari belokan kamu belok ke kanan di Jalan Babakan Medang. Lurus aja sampai kamu melewati sebuah belokan dengan papan penunjuk arah ke Gunung Pancar. Di sini kamu belok kanan, travelers. Nah jalan di bagian ini sedikit menanjak dan berkelok-kelok. Jadi wajib hukumnya kamu cek kondisi kendaraan kamu sebelum berangkat ke Gunung Pancar supaya terhindar dari kejadian yang nggak diinginkan. Di sepanjang jalan ini hutan pinus udah mulai tampak dan itu artinya kamu udah hampir sampai di Gunung Pancar, travelers.

Nah mumpung akhir pekan masih beberapa hari lagi, mending kamu siapin aja backpack kamu dan pesan tiket pesawat ke Jakarta atau memesan kamar hotel nyaman terjangkau di kawasan Bogor dan sekitarnya.

(Visited 1,750 times, 1 visits today)

Comments

To Top