Destinasi

Menyelam di Bunaken, taman laut terindah di dunia

Menyelam di Bunaken

Keindahan Bunaken bisa bikin nafas berhenti? Lebay ah, mungkin itu yang bakal kamu bilang. Bener nggak? Bener? Kalo gitu, Pegipegi yakin, pasti kamu belum pernah ke Bunaken! Tapi sebenarnya, apa sih yang istimewa dari Bunaken?

Bunaken

foto: www.trekkingdivingliving.com

Taman laut Bunaken terindah di dunia

Buat kamu yang belum pada tau, Bunaken itu sebenarnya nama sebuah pulau dengan luas 8 km persegi yang teronggok di bagian utara Teluk Manado. Perairan di sekitarnya cukup tenang dan nggak sebuas laut Pantai Selatan Jawa, sehingga menarik orang untuk berenang buat merasakan kehangatan airnya.

Entah siapa yang mulai, tau-tau terungkaplah kalo jauh di kedalaman perairan Bunaken terhamparlah padang terumbu karang yang luar biasa cantik. Ssst .. kamu tau nggak, travelers, bahwa ekosistem perairan Bunaken dipastikan menyimpan 390 spesies terumbu karang plus 90 spesies ikan perairan laut dangkal, mamalia laut dan reptil. Itu belum termasuk spesies burung dan mangrove yang hidup di atas perairannya lho.

Daratan Bunaken sendiri juga kaya dengan aneka jenis flora seperti sagu, woka, kelapa dan silar. Trus ada juga satwa liar seperti rusa dan kuskus. Sebenarnya aneh juga sih, dari mana datangnya rusa dan kuskus, sedangkan mereka tinggal jauh dari daratan. Sayang, belum ada yang berminat mengungkap misteri ini.

Beberapa penyelam professional mancanegara menganggap Taman Laut Bunaken sebagai salah satu taman laut terbaik dan terindah di dunia. Jadi nggak heran kalo jumlah wisatawan yang datang ke sana semakin bertambah setiap tahun.

Demi menjaga kelestarian ekosistemnya, pemerintah memberikan status taman nasional kepada Pulau Bunaken sejak tahun 1991. Pemberian status ini dimaksudkan agar pemerintah bisa mengawasi langsung segala aktivitas di Taman Nasional Bunaken, dan mengamankan taman laut Bunaken dari tangan-tangan jahil yang tak bertanggung jawab.

Wisata Bunaken yang eksotis dan menantang

Kalo pelesir ke Taman Nasional Bunaken, pasti rugi sangat kalo nggak menyempatkan diri buat menyelam, travelers. Kabarnya sih, keindahan salah satu taman laut terluas di Indonesia ini baru akan terungkap ketika kamu menyelam sedalam 25-50 meter.

Menyelam di Bunaken

foto: beyondparadise-bali.blogspot.com

Beberapa titik penyelaman di perairan Bunaken dikenal lebih mendebarkan hati dan bisa membuat nafasmu berhenti karena kecantikannya. Titik-titik penyelaman itu adalah :

  1. Bunaken Timur
    Mendengar namanya aja kamu pasti paham kalo titik penyelaman ini ada di sisi timur Bunaken. Kamu bisa ke sini kalo pingin banget liat penyu, pari elang, hiu dan beberapa jenis ikan besar lain. Tapi hati-hati ya, karena arusnya kuat dan jaga diri baik-baik jangan sampai digigit hiu.
  2. Mandolin
    Di sini kamu bisa melihat puncak karang dan dinding yang jadi rumah buat ribuan ikan dari jenis bannerfish, surgeonfish dan unicornfish.
  3. Reruntuhan kapal
    Kapal milik seorang pedagang Jerman ini tenggelam di tahun 1942 di kedalaman 23 meter di bawah permukaan laut. Kini reruntuhan kapal malah jadi tempat tinggal para ikan, sekaligus obyek penjelajahan yang menarik buat para diver professional.
  4. Puncak Barakuda
    Ini adalah spot penyelaman terjauh di Taman Nasional Bunaken. Pergilah ke sini kalo kamu pengen liat ikan barakuda raksasa dan ikan tuna dengan mata kepalamu sendiri di habitat mereka. Selain 4 spot ini, masih ada beberapa spot diving lain yang keindahannya enggak bisa dilukiskan sama kata-kata.Kalo lagi capek menyelam kamu bisa berperahu mengelilingi Teluk Manado yang tenang, dan mampir ke empat pulau kecil lain di sekitar Pulau Bunaken, seperti Pulau Nain, Pulau Siladen, Pulau Manado Tua dan Pulau Mantehage yang didiami Suku Bajo. Datang aja ke Pulau Mantehage, kalo kamu penasaran dengan budaya mereka yang katanya nih mirip dengan penduduk asli Filipina dan Thailand.

Lokasi Pulau Bunaken dan cara menjangkaunya

Naik penerbangan apapun dari kota asalmu yang terbang ke Manado, setelah mendarat di Bandara Internasional Sam Ratulangi, carilah angkot atau taksi yang mau membawamu ke Pelabuhan Manado atau ke Pantai Ria Tasik. Kalo mau istirahat di hotel dulu juga boleh dan tarif per malamnya juga termasuk murah, fasilitasnya lengkap pula.

Moda trasportasi penyebrangan dari Manado ke Pulau Bunaken cukup bervariasi. Ada kapal feri, sewa kapal motor atau menumpang kapal tradisional yang beroperasi seperti semacam angkot laut karena baru berangkat setelah penumpangnya penuh. Kamu tinggal pilih mana yang sesuai dengan bujetmu. Alternatif lainnya, ikutan paket wisata diving yang banyak ditawarkan hotel-hotel sekitar Manado. Sisi positif ikut program paket wisata adalah kamu nggak perlu repot cari-cari perahu buat menyeberang ke Bunaken.

Saran Pegipegi buatmu, waktu terbaik datang ke Bunaken adalah bulan Mei sampai Agustus di mana ombak dan arus bawah laut cukup tenang sehingga air laut jadi jernih dan pemandangan bawah laut enggak terganggu karena air keruh .

Hindari datang secara mendadak ke Bunaken, travelers. Kemungkinan besar kamu akan kesulitan dapetin hotel atau penginapan, dan jadi bingung kan mau tidur dimana. Masa’ mau tidur di terminal?

Nah, biar perjalananmu lebih nyaman, lebih baik kamu hubungi Pegipegi.com sekarang supaya dapat info lebih jelas tentang tiket pesawat ataupun hotel-hotel yang ada di Bunaken

(Visited 1,016 times, 1 visits today)

Comments

To Top