Event & Festival

Menyambut Gerhana Matahari Total, Kota Poso Gelar Festival

Kota Poso, Sulawesi Tengah menjadi salah satu kota yang bakal dilintasi gerhana matahari total tanggal 9 Maret 2016 nanti. Mulai pukul 07.00 WITA, relay gerhana matahari total di Indonesia mulai dari Sumatera sampai gerhana di Poso yang diperkirakan muncul pukul 08.30 WITA selama 2 menit 40 detik. Untuk menyambut peristiwa langka yang hanya terjadi 40 tahun sekali itu, masyarakat Poso mengadakan festival meriah.

Kerjasama dengan Institut Mosintuwu

Untuk menyambut gerhana matahari total, pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Poso bekerjasama dengan Institut Mosintuwu merencanakan untuk menyelenggarakan festival Kawaninya atau festival gerhana matahari di dua tempat berbeda, yaitu di Desa Kalora dan Desa Kawende pada 9 Maret 2016 nanti.

Pemerintah sengaja bekerjasama dengan Institut Mosintuwu supaya bisa memikirkan hal teknis di lapangan. Karena, mereka juga ingin melibatkan warga-warga di sekitar dua desa tersebut. Bahkan, kalau bisa warga-warga di sana juga bisa mencari penghasilan tambahan karena acara ini bisa dibilang dari warga untuk warga.

Sampai saat ini, sudah ada 5000 turis mancanegara dari 12 negara yang bakal datang ke Poso untuk menyambut gerhana matahari total. Mereka sudah menyiapkan 5000 kacamata hitam untuk pengunjung di lokasi tersebut. Selain itu, mereka juga sudah menyiapkan banyak hotel untuk menampung turis dan sebagian lagi ditampung di rumah-rumah penduduk dengan konsep home stay di sekitar lokasi gerhana matahari total. Hasil dari penyewaan itu adalah hak milik warga, bukan pemerintah.

gogali

www.thebicyclemigrant.wordpress.com

Ada juga Kampanye Damai Poso

Lian Gogali, direktur Institut Mosintuwu mengatakan bahwa di festival tersebut juga bakal diadakan Kampanye Damai Poso. Kampanye tersebut dilaksanakan karena kita tahu bahwa semua yang ada di bumi ini memiliki rasa saling berkatitan, seperti tumbuhan yang bisa hidup karena adanya matahari.

Sebelum acara puncak yang jatuh pada 9 Maret 2016, pihaknya juga akan mengadakan workshop dan sosialisasi mengenai adanya gerhana matahari. Dua kegiatan itu akan mendatangkan pihak Institut Teknologi Bandung (ITB) dan organisasi Gunawe. Jadi, dari mereka wisatawan yang hadir bisa mendapatkan banyak informasi mengenai alam semesta dan gerhana matahari.

Dan masih banyak kegiatan lain yang akan dilaksanakan menjelang puncak kegiatan yang melibatkan warga-warga di dua desa. Di antaranya ada pasar kuliner yang menyajikan kuliner Poso dan kuliner tradisional untuk dijajahkan kepada pengunjung yang datang. Ada juga seni tari daerah yang menampilkan peragaan busana, baik busana tradisional dan busana daur ulang dari sampah.

Jika kamu berminat menyaksikan gerhana matahari total di Poso, rencanakan destinasimu dengan memesan tiket pesawat murah lewat pegipegi.com. Dan nikmati diskonnya!

cari tiket pesawat murah ke poso

(Visited 419 times, 1 visits today)

Comments

To Top